-->

Wajib Tahu! Ada FUP di Paket Unlimited Tri Mulai 1000

Bagi sahabat pengguna Kartu Tri (3) Indonesia yang sudah mendapatkan penawaran paket unlimited mulai 1000, ada baiknya apabila sahabat mengetahui terlebih dahulu mengenai kekurangan dari paket tersebut. Sahabat harus tahu bahwa paket internet unlimited yang ditawarkan oleh operator tersebut terdapat FUP (Fair Usage Policy).

FUP Unlimited Tri

Kalau sahabat perhatikan pada hampir semua pilihan paket unlimited Tri mulai 1000, maka sahabat akan melihat bahwa ada batasan kuota meskipun unlimited. Maksudnya adalah setelah sahabat menggunakan kuota dalam jumlah tertentu, maka sahabat tetap bisa mengakses aplikasi secara unlimited, akan tetapi kecepatannya akan diturunkan.

Jadi ketika kecepatan internet diturunkan setelah pemakaian dalam jumlah tertentu, itu yang dinamakan dengan FUP. Dalam kebijakannya, Tri mengatakan bahwa kecepatan yang akan diterima oleh pelanggan Tri yang membeli paket unlimited (mulai seribu) setelah mencapai penggunaan kuota yang ditentukan, maksimal kecepatannya adalah 128Kbps.

Kecepatan 128Kbps

128 Kbps (Kilobits per second) sama dengan 16KBps (Kilobytes per second). Itu artinya bahwa dalam setiap satu detik hanya bisa terjadi transfer data sebesar 16 Kilobyte. Kalau dihitung, dalam 1 menit maka sahabat hanya bisa download maksimal sebesar 960KB. Jadi sahabat bisa bayangkan bagaimana kecepatannya kan?

Mungkin kalau hanya digunakan untuk melakukan mengirim dan menerima pesan Text Whatsapp, dengan kecepatan 128Kbps masih bisa dilakukan. Akan tetapi apabila dengan kecepatan tersebut digunakan untuk melakukan panggilan suara (voice call), apalagi digunakan untuk melakukan Video Call, saya jamin tidak lancar.

Sekarang pertanyaannya adalah “Kalau dipakai untuk akses aplikasi Instagram, YouTube, Facebook, VIU, Netflix, dan bermain game online, Apakah dengan kecepatan 128Kbps bisa lancar?”. Tentu saja jawabannya adalah tidak akan lancar. Jadi sahabat jangan terlalu berharap banyak dengan kecepatan 128Kbps.

Kesimpulan

Sebelum sahabat membeli paket unlimited Tri (Mulai 1000), maka saya sarankan kepada sahabat untuk cek terlebih dahulu kuota yang nantinya akan sahabat dapatkan (tanpa memikirkan istilah unlimited). Untuk mengetahui kuota dari paket unlimited tersebut, sahabat bisa membaca tulisan saya [Mengenal Kuota Unlimited Tri (3) Mulai 1000)]. Semoga membantu dan bermanfaat.

Wajib Tahu! Ada FUP di Paket Unlimited Tri Mulai 1000