-->

Mengenal Kuota Ketengan WhatsApp

Setelah sebelumnya Telkomsel sudah memiliki beberapa varian kuota ketengan yang sudah cukup banyak seperti kuota ketengan Utama, TikTok, YouTube, Instagram, dan Facebook, sekarang Telkomsel kembali menambahkan varian jenis baru yaitu kuota ketengan WhatsApp. Sesuai dengan namanya, maka kuota ini hanya bisa sahabat gunakan untuk mengakses aplikasi WhatsApp saja.

Pengertian & Fungsi

Yang dimaksud dengan kuota ketengan WhatsApp (WA) Telkomsel adalah kuota khusus yang hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi WhatsApp saja. Dengan begitu, maka fungsi dari kuota ketengan WhatsApp adalah sebagai tambahan kuota yang khusus digunakan untuk mengakses layanan aplikasi WhatsApp.

Pilihan & Harga

Seperti kuota ketengan lainnya bahwa ada beberapa pilihan kuota ketengan WhatsApp yang ditawarkan oleh Telkomsel. Untuk harga antara daerah satu dengan daerah lainnya berbeda-beda tergantung dari Zona Telkomsel. Berikut adalah gambaran pilihan dan harga kuota ketengan WhatsApp untuk daerah Bogor dan sekitarnya.

Kuota
Masa Aktif
Harga Promo
Harga Normal
1GB
1 Hari
Rp 2.300
Rp 2.500
1GB
3 Hari
Rp 4.100
Rp 4.500
2GB
3 Hari
Rp 5.500
Rp 6.000
1GB
7 Hari
Rp 7.500
Rp 8.000
2GB
7 Hari
Rp 9.000
Rp 9.500
3GB
7 Hari
Rp 10.000
Rp 11.000

Ingat, karena pengaruh Zona Telkomsel yang menyebabkan harga antara daerah satu dan daerah lainnya berbeda-beda, maka saya sarankan apabila sahabat tertarik dengan paket ketengan WhatsApp, sahabat perlu cek terlebih dahulu harganya. Ketika sahabat akan membelinya, maka akan tertera harga dari kuota ketengan WhatsApp tersebut.

Cara Membeli

Untuk membeli kuota ketengan WhatsApp, maka sahabat bisa melakukannya menggunakan 2 cara yaitu dengan menggunakan kode dial UMB dan juga menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Berikut adalah cara membeli kuota ketengan WhatsApp menggunakan kode dial UMB dan aplikasi MyTelkomsel:

[1] Kode Dial UMB
  • Silakan sahabat akses kode dial *363*847#
  • Pada halaman paket kuota ketengan, silakan sahabat pilih nomor [5] WhatsApp kemudian pilih tombol [Send / Kirim]
  • Pilih kuota ketengan WhatsApp yang ingin sahabat beli, kemudian silakan pilih tombol [Send / Kirim]
  • Akan ada halaman konfirmasi yang menanyakan apakah sahabat akan membeli kuota ketengan WhatsApp dengan harga yang sudah ditampilkan. Jika setuju pilih YES, kemudian sahabat akan mendapatkan notifikasi berupa SMS bahwa paket sudah berhasil dibeli.

[2] Aplikasi MyTelkomsel

  • Buka aplikasi MyTelkomsel, selanjutnya silakan sahabat pilih menu [Belanja]
  • Silakan sahabat pilih menu [Internet] kemudian cari submenu [Kuota Ketengan WhatsApp]. Pilih kuota yang ingin sahabat beli.
  • Untuk membeli kuota ketengan WhatsApp, silakan sahabat pilih tombol [Beli]
  • Sahabat akan dibawa ke halaman Metode Pembayaran, silakan sahabat pilih metode pembayaran yang akan sahabat gunakan, kemudian silakan pilih tombol [Beli]
  • Selesaikan proses pembelian sampai sahabat mendapatkan notifikasi di aplikasi MyTelkomsel dan pesan SMS yang menginformasikan bahwa pembelian kuota ketengan WhatsApp sudah berhasil.

Cara Menggunakan

Untuk menggunakan kuota ketengan WhatsApp Telkomsel caranya cukup mudah dan sederhana. Jadi ketika sahabat memiliki kuota utama dan kuota ketengan WhatsApp, maka ketika sahabat mengakses aplikasi WhatsApp, kuota yang akan terpakai terlebih dahulu adalah kuota ketengan WhatsApp. Setelah kuota ketengan habis, baru kuota utama yang akan terpakai untuk akses WA.

Apabila sahabat tidak memiliki kuota utama dan pulsa reguler, akan tetapi sahabat memiliki kuota ketengan WhatsApp, maka sahabat hanya bisa mengakses aplikasi WhatsApp saja. Jangan sampai sahabat memiliki kuota ketengan utama dan pulsa reguler, akan tetapi tidak memiliki kuota utama. Takutnya pulsa reguler akan terpakai ketika data internetnya diaktifkan.

Kelebihan & Kekurangan

Salah satu keunggulan dari kuota ketengan WhatsApp adalah banyaknya pilihan kuota, masa aktif, dan harga dari paket tersebut, sehingga pelanggan bisa membelinya sesuai dengan kebutuhannya. Sedangkan salah satu kelemahannya adalah harga yang ditawarkan antara daerah satu dengan daerah lainnya tidak sama, jadi terkesan seperti diskriminasi harga dengan adanya Zona Telkomsel.

Karena semua jenis kuota ketengan (kecuali kuota ketengan utama) merupakan kuota tambahan yang hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu, maka saya sarankan kepada sahabat agar ketika membeli kuota ketengan, maka usahakan sahabat juga memiliki kuota utama (semisal pada saat itu memiliki pulsa reguler).

Perlu sahabat ketahui bahwa proses transfer data ketika sahabat mengakses internet dengan mengaktifkan data di smartphone, sebenarnya banyak proses upload dan download yang tidak terlihat, sehingga apabila ketika sahabat hanya memiliki kuota ketengan dan pulsa reguler, maka ditakutkan pulsa reguler tersebut akan terpakai. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal Kuota Ketengan WhatsApp
  1. Apakah ketengan wa bisa bwt video call..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah mencoba membelinya Kak. Akan tetapi kalau menurut saya, harusnya bisa digunakan untuk melakukan Video Call Kak.

      Menurut saya antara kuota WhatsApp dan kuota chat berbeda. Kalau kuota chat (WA & Line) hanya bisa digunakan untuk kirim pesan (chat) saja, kalau kuota WA harusnya bisa digunakan untuk nelpon Kak 😊

      Sekali lagi, itu adalah analisa / perkiraan saya ya Kak... 😊

      Hapus
  2. Pernah beli tapi hanya bisa chat aja... Nelpon sama video call gak bisa... Sedih banget gak nyangka telkomsel kayak gini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut sedih Kak, saya sendiri belum pernah mencoba membelinya Kak. Terima kasih atas informasinya Kak 😊

      Hapus