-->

Pengalaman Melakukan Pembayaran Dengan QRIS Di Merauke


Mungkin bagi sahabat yang tinggal di pulau Jawa dan kota-kota besar lainnya sudah terbiasa melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Ya, dengan QRIS maka sahabat tidak perlu mengeluarkan uang cash untuk melakukan pembayaran. Jadi hanya dengan menggunakan smartphone, maka sahabat sudah bisa melakukan transaksi pembayaran. 
Kebetulan saya adalah warga masyarakat Indonesia yang tinggal di Merauke (Papua) yang secara geografis wilayahnya terletak di ujung timur Indonesia. Meski demikian, sudah ada beberapa merchant yang menyediakan pembayaran menggunakan QRIS. Saat ini di sekitar rumah saya ada 2 merchant yang menyediakan pembayaran menggunakan QRIS yaitu Toko Dua dan Orange Supermarket.

Sebelumnya saya mengetahui bahwa kedua toko tersebut sudah menyediakan fasilitas pembayaran dengan QRIS ketika saya membuka Aplikasi DANA. Sebagai dompet digital yang sudah support pembayaran menggunakan QRIS, dengan DANA sahabat juga bisa menggunakannya untuk keperluan lainnya seperti bayar tagihan Telkom, PLN, Samolnas, pembelian pulsa, token listrik, dan lainnya.

Karena saya memiliki saldo yang cukup di dompet digital DANA, maka saya putuskan untuk belanja beberapa barang kebutuhan di Toko Dua. Untuk antisipasi, saya juga membawa uang cash karena takut nanti apabila ternyata pembayaran menggunakan QRIS error atau tidak bisa dilakukan di toko tersebut. Sesampai di toko tersebut, saya melihat bahwa ada kertas yang berisi gambar Barcode di dekat kasir.

Hal tersebut membuat saya semakin yakin kalau pembayaran menggunakan QRIS bisa dilakukan di toko tersebut. Setelah saya membeli beberapa barang yang saya butuhkan, selanjutnya saya menuju kasir untuk melakukan pembayaran. Saya bertanya kepada kasir, apakah menerima pembayaran dengan QRIS? Kasir tersebut bertanya pada rekannya apakah bisa? Kemudian rekannya menjawab bisa.

Setelah kasir menghitung barang dan total biaya belanja saya, selanjutnya saya disuruh scan QR yang berada di dekat kasir. Awalnya HP saya sulit mendeteksi gambar QR tersebut, akan tetapi setelah kasir memposisikan miring kertas yang ada gambar QR nya tadi, akhirnya muncul halaman pembayaran. Selanjutnya saya isikan jumlah uang yang akan saya bayarkan, kemudian saya selesaikan pembayaran.

Setelah selesai, saya tunjukkan lagi bukti pembayaran QRIS melalui aplikasi dompet digital DANA. Kasir tersebut menganggukkan kepala (pertanda transaksi sudah selesai), kemudian saya pulang. Oh iya, bagi sahabat yang ingin belanja pada merchant yang support QRIS menggunakan dompet dgital DANA, maka sahabat tinggal pilih menu [Pindai] atau [SCAN] pada halaman utama aplikasi DANA.

Selanjutnya kamera di smartphone yang sahabat miliki akan aktif dan siap untuk memindai QR yang disediakan oleh merchant. Oh iya, uang yang berada di dompet digital DANA saya, semuanya adalah hasil pembayaran dari aplikasi BuzzBreak. Kebetulan saya  sudah mendapatkan uang jutaan rupiah dari aplikasi tersebut.

Bagi sahabat yang ingin mempelajari aplikasi BuzzBreak, maka sahabat bisa membaca beberapa tulisan saya tentang aplikasi tersebut di Label [BuzzBreak]. Bagi sahabat yang ingin langsung mendaftar (gratis) aplikasi BuzzBreak, maka sahabat bisa membaca tulisan saya tentang [Cara Mendapatkan Uang Secara Online Dengan BuzzBreak]. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Melakukan Pembayaran Dengan QRIS Di Merauke