-->

Review Paket Internet Unlimited 1Mbps Telkomsel by.U

Sudah lebih dari 10 Hari saya menggunakan paket internet unlimited Telkomsel by.U 1Mbps tanpa kuota. Setelah pemakaian yang tidak terlalu singkat tersebut, saya kira saatnya saya memberikan penilaian atau review mengenai Paket Internet Real Unlimited by.U 1Mbps tersebut. Beberapa poin yang akan saya review adalah kecepatan internet, uji coba di beberapa aplikasi, Tethering Hotspot, dan harga paket.

Kecepatan Internet

Sesuai dengan yang ditawarkan oleh by.U, bahwa kecepatan internet dari paket unlimited tersebut adalah 1Mbps (Megabits per second). Faktanya ketika saya uji coba untuk melakukan download menggunakan aplikasi IDM (Internet Download Manager) menggunakan komputer, saya mendapatkan kecepatan rata-rata 125KBps (Kilobytes per second).

Hal itu menunjukkan bahwa by.U tidak setengah hati dalam memberikan performa kecepatan internet pada paket internet unlimited tanpa kuota tersebut. Saya uji coba download Video dengan ukuran 600MB (Megabyte) sebanyak 2 kali dan hasilnya sangat memuaskan, kecepatannya bisa naik hingga 140KBps dan bisa turun hingga 80KBps.

Meski demikian, kalau ditotal rata-rata kecepatan yang saya dapatkan adalah sekitar 125KBps. Mengingat IDM adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk mempercepat proses download, maka saya coba untuk download menggunakan HP. Hasilnya tidak sekencang menggunakan IDM, saya hanya mendapatkan kecepatan 90KBps hingga 122 KBps.

Jadi kalau saya rata-rata kecepatannya adalah sekitar 100KBps ketika saya gunakan untuk download menggunakan bawaan browser di HP. Kalau menurut saya tidak jauh berbeda dengan kecepatan yang dijanjikan oleh by.U. Berdasarkan pengujian yang saya lakukan tersebut, maka saya bisa memberikan nilai 90 untuk kecepatan internet yang dijanjikan.

Uji Coba Aplikasi

Selama lebih dari 10 Hari sejak saya membeli paket internet 1Mbps by.U tentu saja saya sudah gunakan untuk mengakses berbagai aplikasi yang sering saya gunakan. Berikut adalah penilaian untuk beberapa aplikasi yang sudah saya akses menggunakan internet unlimited Telkomsel by.U tanpa kuota:

[1] Youtube

Untuk mengakses aplikasi Youtube menggunakan pengaturan resolusi 480 Pixel hasilnya sangat memuaskan (tanpa buffering). Intinya kalau ingin streaming video Youtube dengan menggunakan by.U maka bisa sahabat lakukan sepuasnya dengan lancar (tanpa memikirkan kuota internet). Untuk streaming menggunakan Youtube saya kasih nilai 95.

[2] Netflix

Gara-gara punya paket internet unlimited by.U 1Mbps dan kebetulan Netflix juga sudah tidak diblokir oleh Telkomsel, akhirnya saya berlangganan Netflix selama 1 bulan. Karena resolusi di Netflix menyesuikan dengan kecepatan internet, maka saya tidak mengecek berapa resolusi yang saya pakai untuk menonton Film di Netflix.

Ketika saya gunakan untuk nonton Drama Korea dan Film menggunakan HP Infinix HOT 8 yang saya gunakan, gambar yang dihasilkan jernih dan sangat jelas. Lagi-lagi dengan kecepatan 1Mbps sudah cukup untuk streaming film menggunakan aplikasi Netflix (tanpa buffering). Oleh karena itu, saya berikan nilai 95 untuk akses aplikasi Netflix di HP.

[3] Browser Chrome

Untuk browsing internet menggunakan Chrome rasanya tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat. Saya rasa kecepatannya sedang, meskipun kadang terasa berat ketika mengakses yang banyak konten iklan dan video yang berada dalam suatau halaman website, akan tetapi kecepatannya masih bisa ditoleransi.

Jadi kalau untuk mengakses website tanpa iklan dan website dengan iklan banner standar, saya rasa sangat ringan dan cukup cepat (normal). Sedangkan untuk mengakses website yang banyak iklan video dan iklan Pop up rasanya menjadi lambat. Untuk browsing internet, maka saya memberikan nilai 75.

[4] Instagram

Meski Instagram banyak terdapat konten Video dan Gambar yang sangat banyak, akan tetapi tetap saja ketika saya akses menggunakan internet unlimited 1Mbps by.U terasa normal dan tidak lambat. Saya kira kalau untuk mengakses aplikasi Instagram terasa normal, maka untuk facebook juga tidak jauh berbeda. Saya berikan nilai 80 untuk akses aplikasi Instagram.

[5] WhatsApp

Whatsapp terkenal dengan aplikasi yang tampilannya sederhana dan loadingnya cukup cepat, sehingga ketika saya akses aplikasi tersebut menggunakan paket internet unlimited 1Mbps by.U, semua terasa sangat cepat. Baik untuk kirim & menerima pesan, melakukan panggilan, serta melakukan Video Call cukup lancar. Saya berikan nilai 90 untuk akses aplikasi WhatsApp.

Tethering Hotspot

Kartu by.U yang terpasang di HP saya sudah sering saya gunakan untuk Tethering di laptop yang saya gunakan. Selain untuk browsing, juga saya gunakan untuk streaming Youtube dan Netflix. Hasilnya adalah untuk browsing tidak secepat ketika menggunakan kuota internet normal, sehingga ya harus sabar menunggu halaman browser loading untuk menampilkan semua konten.

Untuk streaming Youtube dan Netflix di komputer memang lancar (tanpa buffering), akan tetapi pada waktu awal akan memulai proses streaming dibutuhkan waktu yang cukup lama (bisa sampai 30 - 60 detik untuk memulai Film di Netflix). Karena ada waktu menunggu yang cukup lama untuk memulai streaming di komputer, maka saya kasih nilai 70 untuk hal tersebut.

Harga

Untuk harga paket internet unlimited (tanpa kuota) 1Mbps by.U Telkomsel, saya kira sudah cukup murah apabila dibandingkan dengan apa yang diberikan oleh paket tersebut. Harga Rp 30.000 untuk internet 1Mbps (7 Hari) dan Rp 100.000 (30 Hari) menurut saya sudah murah. Untuk harga paket internet unlimited by.U 1MBps saya berani kasih nilai 90.

Karena paket internet 1Mbps by.U merupakan promo yang waktunya terbatas (Hingga 31 Juli 2020), tentu saja saya berharap agar paket tersebut dipermanenkan di paket internet by.U dan bukan hanya promo yang sewaktu-waktu bisa hilang. Saya sendiri akan membelinya lagi apabila paket tersebut ditawarkan lagi oleh Kartu by.U. Semoga membantu dan bermanfaat.

Review Paket Internet Unlimited 1Mbps Telkomsel by.U
  1. Hari ini 2 Agustus paket by.U unlimited saya berakhir, baru sadar kalo sudah gak bs diperpanjang. Ya, promonya benar2 berakhir. Sayang sekali. Apalagi pas wifi rumah harus off 3 bulan terakhir krn harus berhemat. Pakai mifi dan download di komputer, asal koneksi download manager diset ke 1, aktifitas di hape gak terlalu terganggu, kecuali kalo mau youtube-an ya download dimatiin. Saya sering download film/serial 5-7 GB perhari (kalo fokus download full 24 jam mgkn bisa dapat 10 GB). Yap, mana ada operator seluler lain yg ngasih segitu. Memang gak semua cocok krn harus sabar, tp meski kec mentok segitu, bs diandalkan (terbukti krn sudah mulai jalan2 sampai ke pegunungan dimana operator lain pada keok). Mudah2an paket ini hadir lagi. Untuk saat ini, meski gak ada paket unlimited, kurasa msh cocok krn ada paket 10rb/10GB (1 hari), lumayan lah kalo pas mau download.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, saya juga berharap paket tersebut bisa dimunculkan lagi oleh by.U. kebetulan paket unlimited 1mbps saya masih aktif sampai sekitar tanggal 10 nanti. Karena sifatnya unlimited, saya tidak pernah mengecek sudah habis berapa GB untuk akses internet. Yang jelas streaming Video Youtube & Netflix lancar 😊

      Semoga saja by.U mempermanenkan paket unlimited 1Mbps.

      Hapus