Pembagian Paket 3 (Tri) Unlimited Combo Internet, Nelpon, dan SMS

Perang tarif di Indonesia sepertinya terus berlangsung hingga saat ini. Kali ini giliran operator 3 (Tri) yang mengeluarkan paket Unlimited Combo Internet, Nelpon, dan SM sepuasnya. Ya, operator Tri menawarkan paket combo unlimited dengan harga Rp 149.000 dengan masa aktif 30 Hari. Apakah paket 3 unlimited combo mahal? Sahabat akan bisa menjawab pertanyaan tersebut setelah sahabat baca tulisan ini sampai selesai.
Jadi Paket Combo Tri Unlimited adalah paket yang didalamnya terdapat 3 kuota (Internet, Nelpon, dan SMS) yang bisa digunakan sepuasnya. Bila melihat harganya yang hanya Rp 149.000, tentu saja kuota unlimited yang diberikan oleh Tri tidak 'true unlimited'. Berikut adalah pembagian dari paket combo Tri unlimited:
  • Internet unlimited dengan FUP (Fair Usage Polcy) 10GB. Setelah pemakaian 10GB, selanjutnya kecepatan akan diturunkan menjadi 512 kbps.
  • Nelpon unlimited ke sesama nomor Tri dan 100 menit nelpon ke operator lain.
  • SMS unlimited kesesama nomor Tri dan 100 SMS ke operator lain.

Dari kuota yang sahabat dapatkan dari paket combo Tri unlimited, dapat sahabat ketahui bahwa yang benar-benar (True) unlimited tanpa syarat hanya kuota nelpon dan SMS kesesama nomor operator Tri saja. Untuk kuota internet, sahabat hanya akan mendapatkan kecepatan penuh ketika menggunakan kuota 10GB. Ketika penggunaan internet sudah melebihi 10GB, maka kecepatan akan diturunkan menjadi 512kbps atau 0.5 Mbps.

Selain kuota unlimited internet, nelpon, dan SMS kesesama nomor Tri, dalam paket combo Tri unlimited juga memberikan kuota nelpon ke operator lain selama 100 Menit. Sahabat juga akan mendapatkan kuota 100 SMS yang bisa digunakan untuk kirim pesan SMS ke operator lain. Sebagai informasi bahwa kuota nelpon ke operator lain juga termasuk nelpon ke nomor rumah dan juga kantor yang diawali dengan kode telpon rumah seperti 021, 0271, 0274, dan lain sebagainya.

Kuota 100 menit kesemua operator dari paket combo Tri unlimited tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan telpon ke nomor premium seperti yang diawali dengan 0809, 1500, dan lain sebagainya. Setelah sahabat membaca tulisan saya ini, pastinya sudah bisa menilai apakah paket Tri combo unlimited dengan harga Rp 149.000 tersebut murah atau tidak? Kalau menurut saya tergantung kebutuhan ya…

Kalau kebutuhan sahabat dalam 1 bulan (30 hari) sering melakukan panggilan nelpon, kirim SMS kesesama nomor Tri, dan menggunakan internet untuk keperluan yang wajar atau normal, maka paket combo Tri unlimited bisa dibilang cukup murah. Akan tetapi apabila sahabat hanya membutuhkan kuota internet saja (tanpa kuota nelpon dan SMS), maka saya sarankan sahabat untuk membeli paket internet saja.

Apabila dalam 30 hari, kuota internet, nelpon, dan SMS dari paket combo unlimited tidak habis maka akan hangus kuota tersebut. Untuk cek sisa kuota Tri yang sahabat miliki, sahabat bisa mengeceknya melalui aplikasi Bima+ atau cek sisa kuota dengan cara SMS ketik INFO kirim ke nomor 234. Paket tersebut bukan paket berlangganan, sehingga tidak akan diperpanjang setelah 30 hari sejak pembelian paket.

Sahabat bisa membeli paket Combo Tri (3) Unlimited dengan menggunakan aplikasi Bima+ atau melalui kode dial *123# dari HP yang sahabat miliki. Harga Rp 149.000 adalah harga termasuk PPN (Pajak Penghasilan Negara). Paket tersebut hanya disediakan untuk pelanggan prabayar Tri, dan harganya bisa berubah-ubah sesuai dengan kebijakan operator Tri Indonesia. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pembagian Paket 3 (Tri) Unlimited Combo Internet, Nelpon, dan SMS