Kelebihan dan Kelemahan Aplikasi Getcontact

Seperti yang sahabat ketahui sebelumnya bahwa aplikasi Getcontact (sering disebut get contact) menawarkan fitur yang sangat menarik kepada penggunanya, yaitu bisa membantu menganalisis identitas pemilik suatu nomor HP. Getcontact memberikan informasi berupa keterangan yang dihimpun dari jutaan pengguna aplikasi tersebut. Dengan informasi yang terkumpul tersebut, maka selain sahabat akan terbantu mengenali (pemilik) suatu nomor HP, sahabat juga bisa mendapatkan rekomendasi bahwa nomor tersebut adalah nomor spam (sampah) yang lebih baik tidak dihiraukan.
Berdasarkan pengalaman saya, aplikasi ini sangat membantu ketika ada nomor yang menghubungi saya, baik itu lewat telpon atau SMS, akan tetapi saya tidak mengenalnya atau nomor tersebut tidak tersimpan di phone book HP saya. Sebelum sahabat menggunakan aplikasi Getcontact, alangkah lebih baiknya apabila sahabat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi tersebut. Seperti sahabat ketahui bahwa setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan juga kelemahan atau kekurangan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kelebihan dan kelemahan dari apalikasi Getcontact.

Kelebihan Aplikasi Getcontact

  • Gratis – Sahabat bisa mendapatkan aplikasi Getcontact secara gratis dengan mengunduhnya di Google Play bagi pengguna Android, dan juga AppStore bagi pengguna iOS.
  • Mudah digunakan – untuk menggunakan aplikasi Getcontact tidaklah sulit, sahabat bisa membaca tulisn saya sebelumnya: Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Getcontact.
  • Bisa membantu mengenali identitas nomor – dengan banyaknya pengguna dari aplikasi get contact, maka semakin banyak juga data atau informasi yang terkumpul mengenai informasi suatu nomor. Dengan banyaknya informasi yang terkumpul, bisa membantu sahabat mengenai identitas pemilik suatu nomor HP.
  • Bisa memblokir nomor spam – Terdapat fitur Block Spam di aplikasi Getcontact yang bisa sahabat aktifkan. Bila sahabat aktifkan, maka apabila ada nomor yang teridentifikasi sebagai nomor Spam tidak akan bisa menghubungi nomor yang sahabat pakai.

Kekurangan Aplikasi Getcontact

  • Membutuhkan koneksi internet – Agar aplikasi ini bisa bekerja dengan baik, maka ketika akan mengidentifikasi suatu nomor, Getcontact harus terhubung dengan jaringan internet. Hal ini dikarenakan database nya harus diakses menggunakan jaringan internet.
  • Tidak semua HP bisa digunakan – Aplikasi Getcontact hanya bisa digunakan di smartphone yang memiliki sistem operasi Android ataupun iOS. Bagi sahabat pengguna Android, agar bisa menggunakannya, minimal versi android yang digunakan adalah versi 4.0.3 (Ice Cream Sandwich).
  • Nomor HP akan ikut teridentifikasi – ketika sahabat mendaftar di getcontact, maka nomor sahabat akan tersimpan juga di database aplikasi tersebut. Sahabat juga bisa memasukkan identitas dari nomor yang tersimpan di HP sahabat, akan tetapi itu hanya opsional saja. Artinya bisa sahabat lakukan dan juga bisa sahabat menolaknya.
  • Tidak semua nomor bisa dikenali identitasnya – Nomor baru dan nomor yang sengaja tidak dibagikan oleh pemiliknya kepada orang lain sangat berpotensi untuk tidak dikenali oleh aplikasi Get contact. Hal ini dikarenakan kemungkinan informasi yang terkumpul dari pengguna aplikasi getcontact akan sangat minim ketika nomor tersebut tidak tersebar dan tidak tersimpan di nomor pengguna aplikasi Getcontact.

Setelah melihat kelebihan dan kekurangan dari aplikasi GetContact, pastinya sahabat sudah memiliki pertimbangan apakah akan memasang aplikasi get contact di smartphone yang sahabat miliki. Kalau saya sendiri, tetap memakainya karena cukup membantu saya untuk mengenali nomor-nomor yang tidak tersimpan di phone book saya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Kelebihan dan Kelemahan Aplikasi Getcontact