Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Get Contact

Getcontact atau sering disebut dengan Get Contact adalah aplikasi yang memiliki fungsi untuk menganalisis panggilan dan untuk mendeteksi potensi penipuan dan penelepon (panggilan) spam. Ketika sahabat melakukan panggilan atau menerima panggilan dari nomor yang tidak tersimpan, Getcontact akan menampilkan informasi tentang nomor tersebut. Informasi yang ditampilkan bisa berupa nama, perusahaan, atau data lain sebagainya yang berhubungan dengan nomor telpon tersebut. Aplikasi ini bisa sahabat dapatkan secara gratis di Google Playstore bagi sahabat pengguna Android, dan bagi pengguna iPhone, sahabat bisa mendownloadnya di AppStore.

Cara Kerja Aplikasi Get Contact

Dengan aplikasi Get contact, sahabat bisa menghindari panggilan yang mengganggu. Hal ini dikarenakan informasi yang diberikan oleh Aplikasi Getcontact akan membuat sahabat lebih tahu tentang panggilan dari nomor yang tidak sahabat ketahui atau kenal. Getcontact mendapatkan informasi tentang nomor HP dari jutaan pengguna aplikasi tersebut (termasuk pengguna di Indonesia). Dengan begitu bisa dikatakan bahwa aplikasi ini menghimpun informasi nomor HP dari para penggunanya yang berbagi informasi tentang informasi suatu nomor telepon. Sahabat nantinya juga bisa berbagi informasi terkait informasi suatu nomor telepon.

Cara Daftar dan Pasang Aplikasi Get Contact

Cara menggunakan aplikasi Get Contact cukup mudah, sahabat tinggal ikuti instruksi-instruksi berikut ini.
  • Download aplikasi Get Contact Lewat Google Playstore, selanjutnya setelah terpasang, silakan sahabat buka aplikasi tersebut.
  • Setelah terbuka pertama kali, ada halaman pembuka yang menunjukkan keunggulan dari aplikasi get contact, yaitu (1) Protect yourself from spam and fraud calls, (2) Instantly identify unknown callers without any hassle, (3) Tag numbers and improve community.
  • Selanjutnya tekan tombol Next. Dengan menekan tombol tersebut, berarti sahabat sudah mengkonfirmasi bahwa sudah setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari aplikasi Get Contact. Selanjutnya sahabat akan masuk ke halaman informasi yang menampilkan kembali fitur unggulan dari aplikasi tersebut. Selanjutnya silakan sahabat pilih tombol continue.
  • Masuk ke halaman pendaftaran (registrasi) aplikasi Getcontact, untuk melakukan pendaftaran sangat mudah yaitu sahabat tinggal memasukkan nomor HP yang sahabat miliki. Dikarenakan sudah ada kode nomor telpon Indonesia (+62) maka sahabat hanya tinggal memasukkan nomor telpon tanpa angka 0 (nol) di depan. Sebagai contoh nomor sahabat adalah 081344445555, maka yang sahabat masukkan adalah 81344445555. Selanjutnya tekan tombol Continue with phone number.
  • Sahabat akan dibawa ke halaman selanjutnya yaitu apakah sahabat akan menggunakan nomor whatsapp atau menggunakan SMS untuk melanjutkan proses registrasi. Saya sendiri lebih memilih menggunakan nomor whatsapp. Setelah saya pilih tombol Use Whatsapp, kemudian ada pesan dari Getcontact di nomor whatsapp saya yang memberikan kode verifikasi untuk dimasukkan di halaman selanjutnya.
  • Setelah mengisikan kode verifikasi dan pilih tombol verifikasi, selanjutnya sahabat akan masuk pada halaman pembuatan account yang berisi 3 kolom pertanyaan yaitu Name, Surname, dan E-mail. Silakan masukkan nama, nama panggilan, dan alamat email sahabat di kolom yang sudah disediakan. Selanjutnya adalah silakan sahabat tekan tombol create your account.
  • Selanjutnya, sahabat akan dibawa ke halaman Quic Tagging. Pilih Skip (bagian pojok kanan atas). Bila sahabat ingin membagikan informasi tentang suatu nomor kepada pengguna lainnya, sahabat bisa memilih tombol Continue Tagging
  • Proses pembuatan akun Getcontact sudah selesai.

Cara Menggunakan Get Contact Untuk Mengetahui Informasi Nomor

  • Pada halaman Utama aplikasi Get contact sahabat akan menemukan call history dan Search History. Di halaman tersebut sahabat bisa cek informasi pemilik dari nomor tersebut. Sebagai contoh saya akan cek salah satu kontak yang pernah saya hubungi sebelumnya "Liqu id" yang berada di dalam kontak saya (lihat seperti gambar).
  • Setelah saya pilih, selanjutnya akan ditampilkan informasi mengenai dari kontak yang saya simpan dengan nama "Liqu id" tersebut. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari Getcontact, diketahui ada nama dari nomor tersebut dan juga ada 12 informasi lainnya yang berkaitan dengan nomor tersebut.
  • Untuk cek nomor yang sudah berada di dalam kontak HP sahabat, maka sahabat bisa cek di logo kontak (pojok kiri atas). Sedangkan untuk mengetahui informasi suatu nomor yang belum tersimpan, sahabat bisa menggunakan pada kolom pencarian (Search by number) yang letaknya disebelah kanan logo kontak. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat gambar di bawah ini.

Cara Menggunakan Get Contact Untuk Proteksi Spam

  • Proteksi spam akan otomatis aktif setelah sahabat selesai memasang dan registrasi (daftar) di aplikasi Getcontact. Untuk mengaturnya, silakan sahabat membuka menu Spam yang berada di bawah, kemudian pilih Change Settings.
  • Ada 2 pilihan pengaturan (setting) yang disediakan oleh Getcontact. Pilih “Show warning for spam and fraud calls” bila sahabat ingin mendapatkan peringatan dari Getcontact ketika ada nomor yang terindikasi adalah spam. Bila sahabat ingin memblock langsung panggilan dari nomor yang diinformasikan sebagai spam oleh Getcontact, maka silakan sahabat pilih "Block all spam calls".
Menurut saya aplikasi Getcontact sangat membantu dalam hal mengidentifikasi suatu nomor yang belum diketahui identitasnya. Saya sudah coba cek beberapa nomor panggilan yang pernah masuk dan tidak saya angkat karena nomornya tidak tersimpan di HP saya. Hasilnya cukup memuaskan, saya bisa melihat beberapa informasi yang berkaitan dengan nomor HP yang saya cek tersebut. Semoga membantu dan bermanfaat. Baca juga: [Cara Menggunakan Bot Telegram Get Contact]

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Get Contact
  1. Kak kenapa saat kita masukkan nomor orang yang tak dikenal malah ada tulisan kami tidak dapat menemukan nomor ini, kenapa ya kak? Atau nomornya sudah di unreg atau gimana? Mohon informasinya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak semua nomor bisa teridentifikasi oleh aplikasi Getcontact Kak. Ada beberapa kemungkinan kenapa nomor tidak dikenali Getcontact, yaitu:
      1. Nomor tersebut nomor baru, sehingga belum banyak pengguna getcontact yang menyimpannya.
      2. Nomor tersebut nomor lama, akan tetapi nomor tersebut tidak populer atau tidak disebarluaskan ke orang lain.
      3. Tidak ada pengguna getcontact yang menyimpan nomor tersebut.

      Semoga membantu kak 😊

      Hapus
    2. coba dong, cara hapus akun getcontact gimana yah

      Hapus
    3. Masuk ke Account Settings, kemudian silakan pilih Manage Account, kemudian silakan pilih Freeze Kak. Besuk kapan-kapan saya buatkan tutorialnya Kak ;)

      Hapus
    4. Kak kenapa getcontactaku ngga ada yang nge save nomor ku, padahal kontak ku ada 200 orang?

      Hapus
    5. Maksudnya nomor yang berada di HP Kakak tidak ada yang tertera di GetContact? Biasanya nanti dengan sendirinya tersinkron dengan database kak.

      Hapus
    6. maaf kak, izin bertanya. urutan list daftar nama apa berpengaruh dengan seberapa lama orang tersebut menyimpannya?

      Hapus
    7. Tidak ada pengaruhnya Kak 😊

      Semakin banyak list namanya, berarti semakin banyak orang yang menyimpan atau menandai nomor tersebut Kak.

      Hapus
  2. Ka aku nyimpen nomer tmn tmn aku ada 59 tapi yg ada di akun getcontact aku cmn 3 tag cara buat nambahin nya gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya agar temannya ada Tag nya? Ya ketika disinkronkan, otomatis nanti kontak tersebut akan ada Tag ketika dibuka oleh orang lain yang menggunakan GetContact Kak.

      Akan tetapi kalau yang dimaksud adalah cara menampilkan Tag dari teman² nya Kakak, maka kalau tidak ada pengguna GetContact yang menyimpan nomor mereka, maka ya tidak akan nampil Tag nya Kak 😊

      Hapus
    2. Maksudnya sama seperti saya kak. Saya punya kontak 100 tapi dihastag cuma ada 9 nama saya

      Hapus
    3. Sudah dibalas di bawah ya Kak 😊

      Hapus
    4. Jadi intinya teman2 kita yg kita simpan kontaknya harus punya apk getcontact yaa kak???

      Hapus
    5. Tidak juga Kak, akan tetapi ketika ada orang lain yang menyimpan nomor kontak mereka kemudian datanya disimpan di database getcontact, maka otomatis nomor tersebut akan bisa tedeteksi.

      Hapus
  3. Kontak saya 100 tetapi yang muncul kenapa cuma 9 hastag nama saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang 81 kontak berarti belum pernah disimpan di databasenya GetContact Kak 😊

      Hapus
    2. Databasenya maksudnya gimana kak?

      Hapus
    3. Jadi ketika install aplikasi Getcontact kan disuruh mengizinkan aplikasi tersebut mengakses buku telepon (kontak) di HP yang Kakak gunakan. Selanjutnya pada waktu install kan kita diperbolehkan menyinkronkan kontak. Dari situlah Getcontact menyimpan kontak dalam penyimpanan yang disebut database Kak.

      Hapus
  4. Gimana sih caranya lihat nama kontak kita di hp temen,??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah Kak, tinggal di cari saja nomor Kakak pakai HP yang sudah terinstall aplikasi GetContact. Nanti akan muncul Tag yang banyak (kalau nomor Kakak populer) 😁

      Hapus
    2. Ko beda keterangan sama aslinya

      Hapus
    3. Keterangan itu kumpulan dari penyimpan kontak aplikasi GetContact Kak. Kan orang beda-beda, jadi penilaiannya beda² Kak 😁

      Hapus
  5. kak cara bayar premium gmn si?ak gagal terus 😭 cara beli saldonya gmn???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak, saya belum pernah mencoba berlangganan fitur premium (berbayar) Kak, jadi belum bisa menjawab pertanyaan Kakak. Maaf ya Kak... Mungkin suatu saat nanti saya akan menulisnya Kak 😊

      Hapus
    2. Kak Vira, saya sudah mencoba GetContact Premium. Untuk langkah-langkahnya, Kakak bisa membaca tulisan saya [Cara Mengklaim Gratis Get Contact Premium]

      Hapus
  6. Kak cara penambahkan nama tag penanda lebih dari 1 gimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicari nomor yang akan ditambahkan tag (#) melalui aplikasi GetContact, kemudian lihat pojok atas ada menu [Tambahkan Penanda]. Silakan ditambahkan lewat menu tersebut Kak :)

      Hapus
    2. Kak tadi saya sudah coba get contact tapi susah masuk. Nah habis itu aplikasi nya saya hapus kesel habisnya dan terus pas saya mau nyimpan no lain di contact saya ada tulisan di bawahnya (SIM penuh) nah sampai sekarang dia nggak bisa nyimpan no orang lain kak. Tolong beri penjelasannya kak

      Hapus
    3. Kalau menurut saya tidak ada hubungannya aplikasi getcontact dengan SIM penuh Kak. Saya masih pakai aplikasi tersebut dan tidak ada masalah Kak 😊

      Coba setting penyimpanan kontak ke phone (bukan simcard) ya Kak 😊

      Hapus
  7. Nomor telepon anda telah dicari sebanyak 3 kali hari ini .

    Maksudnya gimana ini bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada orang yang mencoba mencari identitas (pemilik) dari nomor yang Kakak gunakan. Intinya adalah ada orang yang penasaran dengan nomor yang Kakak gunakan :)

      Untuk mengetahuinya Kakak harus berlangganan akun Premium :D

      Hapus
  8. Kak mau nanya, saya mencoba mengetes,mencari nama yg mempunyai nomor tsb, tetapi hasil nya bukan nama dia..Jd maksud nya bagaimana ya kk, apakah di kontak dia ,dia bikin nama kontak nya seperti itu ? atau bagaimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi ada orang (mungkin temannya yang punya nomor) yang menyimpan nomor tersebut dengan nama kontak seperti yang ditampilkan di Get Contact Kak 😊

      Hapus
  9. bisakah get contacuntuk cari database ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cari database ya ga bisa Kak 😊
      Database kan dibuat GetContact untuk mendukung aplikasinya Kak.

      Hapus
    2. mau ty kl pengaplikasian untuk iphone gmn ya? kok msh tdk terdeteksi spamnya

      Hapus
    3. Maaf karena saya belum pernah mencobanya Kak. Harusnya sih sama Kak...

      Hapus
  10. Bagaimana cara menambahkan komentar di get contact.. komentar bukan pesan yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya komentar di menu apa ya Kak? Saya malah tidak menemukannya 😊

      Hapus
  11. Apakah nomor kontak kita bisa tau kalau kita memakai aplikasi get contac?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika install aplikasi GetContact, kan ada persetujuan (perizinan) salah satunya kontak, Jadi GetContact akan membaca juga kontaknya Kak :)

      Hapus
    2. 😕😕😕😕🤔🤔🤔🤔 jadi misalnya saya pakai aplikasi getContact ayah ibu saya pokoknya semua yang di kontak bisa tau ? gitu ?

      Hapus
    3. maksudnya yang tahu siapa Kak? 😊
      maaf saya masih bingung nangkapnya 😄

      Hapus
    4. saya juga bingung.... 😂🤣

      Hapus
    5. Sepertinya ada miss istilah Kak 😁

      Hapus