Tarif Baru Ongkos Kirim Lazada Naik

Salah satu daya tarik dari perusahaan yang bergerak dibidang jual beli online adalah biaya ongkos kirim yang murah. Beberapa perusahaan tempat jual beli online di Indonesia sudah menerapkan beberapa strategi agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian lewat websitenya. Sebut saja bukalapak, shoope dan tokopedia sudah sama-sama menerapkan gratis ongkir (bersyarat) dan juga diskon ongkir untuk setiap belanja menggunakan situs jual beli yang dimilikinya.

Meski begitu, ada hal yang cukup menarik dari salah satu situs jual beli online di Indonesia yang sangat jarang memberikan promosi gratis ongkir ataupun diskon ongkos kirim. Lazada adalah salah satu perusahaan yang memberikan ongkos kirim yang murah ke luar Pulau Jawa, meskipun tanpa diskon (potongan ongkos kirim).

Sebelumnya saya pernah beberapa kali belanja di Lazada untuk dikirim ke Merauke (Papua). Pada saat itu saya sempat kaget karena ketika saya membeli barang dari Jakarta dikirim ke Merauke (Papua) biaya ongkos kirimnya hanya Rp 21.000 (untuk 1 Kg). Sebelum tanggal 14 April 2019, tarif ongkos kirim menggunakan lazada khususnya ke Pulau yang jauh dari pulau Jawa menurut saya memang sangat murah.

Kemarin saya sempat mencoba untuk melihat barang-barang di Lazada, dan ketika saya cek ongkir barang 1Kg dari Jakarta ke Merauke adalah Rp 68.000. Menurut saya ongkir tersebut masih murah bila dibandingkan dengan biaya ongkir dari situs jual beli lainnya. Meski begitu, tetap saja lebih murah Rp 21.000 dibanding dengan Rp 68.000 hehehe...

Setelah saya telusuri, memang benar bahwa mulai tanggal 14 April 2019 ada perubahan tarif ongkos kirim di Lazada. Dalam skema perubahan tarif tersebut, wilayah pengiriman dan penerima dibagi menjadi 8 Zona wilayah, yaitu sebagai berikut:

  • Wilayah 1: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek)
  • Wilayah 2: Banten dan Jawa Barat
  • Wilayah 3: Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Wilayah 4: Jawa Timur dan Bali
  • Wilayah 5: Sumatera
  • Wilayah 6: Kalimantan
  • Wilayah 7: Sulawesi
  • Wilayah 8: NTB, NTT, Maluku, dan Papua

Setelah adanya pembagian zona wilayah (1-8), selanjutnya lazada menentukan tarif ongkir dari wilayah 1 ke wilayah lainnya (2-7), dan juga sebaliknya. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah rinciannya:

Tarif ongkos kirim Lazada dari Zona Wilayah 1
Tarif ongkos kirim Lazada dari Zona Wilayah 2
Tarif ongkos kirim Lazada dari Zona Wilayah 3
Tarif ongkos kirim Lazada dari Zona Wilayah 4
Tarif ongkos kirim Lazada dari Zona Wilayah 5
Tarif ongkos kirim Lazada dari Zona Wilayah 6
Tarif ongkos kirim Lazada dari Zona Wilayah 7
Tarif ongkos kirim Lazada dari Zona Wilayah 8
Tarif ongkos kirim Lazada dari Gudang Lazada

Sebagai contoh saya tinggal di Papua, dan membeli barang dengan berat 2Kg dari penjual yang tinggalnya di Jakarta, maka ongkos kirim barang yang saya beli (Wilayah 1 ke wilayah 8) adalah Rp 136.000. Contoh lainnya adalah semisal sahabat tinggal di Surabaya dan ingin membeli barang dari Bandung dengan berat 1Kg, maka ongkos kirim barang tersebut (Wilayah 2 ke wilayah 4) adalah Rp 25.000.

Tarif yang saya sampaikan di atas berlaku efektif mulai tanggal 14 April 2019. Tarif tersebut tentu saja bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari Lazada dan jasa kurir pengiriman barang yang bekerjasama dengan lazada. Semoga membantu dan bermanfaat ...

Tarif Baru Ongkos Kirim Lazada Naik