Pengalaman Belanja Di Luar Negeri Free Ongkir (Ongkos Kirim Gratis)

Setelah rekening Jenius BTPN saya teraktivasi, saya mulai memanfaatkan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi online. Salah satu transaksi yang saya lakukan adalah belanja dari luar negeri melalui AliExpress China. Saya memilih perusahaan online besar tersebut karena pengiriman barang dari luar negeri ke rumah saya di Merauke (Papua) adalah gratis (free ongkir). Padahal kalau membeli dari dalam negeri, bisa kena ongkos kirim sekitar 100 ribuan.

Karena ini adalah pengalaman saya belanja online dari luar negeri untuk pertama kalinya, saya mencoba mencari barang yang harganya murah. Hal tersebut saya lakukan biar kalau barangnya tidak sampai, saya tidak mengalami kerugian yang berarti hehehe… saya membeli Sealing Strip yang berfungsi untuk mengisi bagian yang kosong diantara celah jendela atau pintu rumah. Dengan begitu maka pintu atau jendela ketika ditutup akan menjadi lebih rapat dan kedap suara.

Setelah saya install aplikasi AliExpress, selanjutnya saya mulai mencari dan memilih barang tersebut. Oh iya, di AliExpress sudah support bahasa Indonesia juga lho… selain itu harga dan biaya lainnya akan dikonversikan ke mata uang Rupiah, jadi saya tidak ada kesulitan sama sekali ketika berbelanja disitu. Sebagai pengguna baru, saya mendapatkan kupon diskon 3$ atau sekitar 44 ribu rupiah pada saat saya belanja pertama kali.
Setelah menemukan barang yang bagus dengan penjual yang memiliki penilaian yang positif dari banyak pembeli, akhirnya tiba pada halaman pembayaran (checkout). Karena sebelumnya saya belum memasukkan alamat saya, maka sebelum ke halaman pembayaran, saya disuruh untuk mengisikan nama dan alamat penerima dengan jelas. Dalam hal ini selain memasukkan Alamat, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, dan Provinsi, kita juga harus mengisikan Negara (karena transaksinya adalah antar Negara).

Setelah sudah benar, selanjutnya saya masuk pada halaman pembayaran. Sebenarnya ada metode pembayaran dengan transfer ATM, akan tetapi saya lebih memilih untuk membayarnya dengan Debit Visa. Hanya dalam hitungan detik, saya sudah selesai melakukan pembayaran dengan E-Card Jenius saya. Selanjutnya akan ada halaman notifikasi bahwa pembayaran sudah dilakukan, dan selanjutnya kita tinggal menunggu proses pengiriman dari penjual.

Penjual diberi waktu sekitar 2 hari untuk melakukan pengiriman. Dalam 2 hari tersebut, kita tidak diperbolehkan untuk melakukan pembatalan. Pembatalan boleh dilakukan bila dalam 2 hari (waktu yang telah ditentukan) penjual belum juga mengkonfirmasi telah melakukan pengiriman barang. Kebetulan ketika pertama kali saya belanja tersebut, tidak sampai 24 jam barangnya sudah diproses (kirim) oleh penjualnya. Sehingga saya mendapatkan Resi pengiriman yang bisa saya lacak proses pengirimannya.
Saya melakukan pembayaran pada tanggal 5 Januari 2019, dan diperkirakan barang yang saya beli akan sampai di alamat saya adalah antara tanggal 3 Februari – 21 Februari. Saya berpikir bahwa lama juga ya? Tapi tidak masalah karena barangnya tidak terlalu urgent dan namanya juga pengiriman gratis hehehe… tapi siapa sangka bahwa sebelum tanggal estimasi tersebut kiriman barang tersebut sudah sampai, tepatnya tanggal 31 Januari 2019.
Hal yang sangat penting untuk sahabat pertimbangkan sebelum belanja di luar negeri adalah bea cukai. Bila sahabat belanja barang di luar negeri dengan harga di atas $75 maka sahabat akan dikenai pajak. Sedangkan apabila sahabat belanja dengan nominal dibawah $75 maka sahabat tidak akan terkena pajak bea dan cukai. Bila ada pertanyaan seputar pembelian barang dari luar negeri, silakan ajukan pertanyaan melalui komentar di bawah ini. Semoga membantu dan bermanfaat …

Pengalaman Belanja Di Luar Negeri Free Ongkir (Ongkos Kirim Gratis)