Pengalaman Belanja Di Lazada Pengiriman Ke Merauke (Papua)

Lazada adalah salah satu e-commerce yang beroperasi di Indonesia. Saya sendiri selama ini sudah melakukan 4 kali transaksi menggunakan toko online tersebut. Saya cukup senang belanja online dengan Lazada karena ongkos kirim produknya terhitung lebih murah dibandingkan dengan toko online sejenisnya yang berada di Indonesia.

Bila toko online lainnya ongkos kirim dari Jawa ke Merauke (Papua) adalah berkisar antara Rp 90.000 – Rp 175.000 per kilogram, maka di Lazada sahabat bisa menemukan banyak produk yang ongkos kirimnya adalah Rp 21.000 per kilogram nya. Bisa sahabat bayangkan bahwa selisih ongkos kirim antara Lazada dengan toko online lainnya cukup jauh, yaitu bisa mencapai 70 Ribu hingga 150 Ribu per kilogram nya.

Meski demikian, bagi sahabat pembaca yang tinggal di Wilayah Papua dan sekitarnya, ada beberapa hal yang harus sahabat perhatikan yaitu masalah jasa kurir pengiriman barang. Berdasarkan pengalaman saya, ada salah satu kurir pengiriman barang yang proses pengirimannya ke Merauke (Papua) sangat lama. Saya sendiri mengalami bahwa ada salah satu produk yang saya beli melalui Lazada, akan tetapi barangnya sudah lebih dari 2 Minggu belum sampai di tempat saya.

Perlu sahabat ketahui bahwa bila belanja di Lazada, sahabat tidak bisa memilih jasa pengiriman yang akan sahabat gunakan. Jadi pihak lazada yang akan menentukan jasa kurir pengirimannya. Berdasarkan informasi yang saya terima dari salah satu penjual online di Lazada, mereka dari awal sudah diberikan jasa kurir oleh pihak lazada. Jadi sebelum belanja, alangkah lebih baiknya sahabat menanyakan terlebih dahulu tentang kurir apa yang akan digunakan untuk pengiriman barang.

Dari 4 kali belanja di Lazada, berikut adalah pengalaman saya menggunakan 3 kurir pengiriman barang dari Jawa ke Papua.
  1. Dua kali pengiriman barang menggunakan JNE (Barang saya terima sekitar 1 Minggu)
  2. Satu kali pengiriman barang menggunakan J&T (Barang saya terima sekitar 3 Hari)
  3. Satu kali pengiriman barang menggunakan Ninja Xpress (Hingga 3 Minggu sejak pengiriman s/d saat ini saya tulis, barang belum sampai).

Oh iya, sebelumnya saya juga sudah pernah menunggu pengiriman barang (Kartu Debit Visa Jenius) yang dikirim dari Jakarta melalui kurir Ninja Xpress, sampainya juga sekitar 1 Bulan, itupun yang memberikan di Merauke adalah Ganda Ekpress. Hingga saat ini (tulisan ini saya ketik), Ninja Xpress belum beroperasi secara resmi di Merauke.

Dari pengalaman saya tersebut, maka saya menyarankan kepada konsumen yang berada di Papua dan sekitarnya, bila ingin belanja di Lazada silakan bertanya terlebih dahulu kepada sellernya tentang kurir yang akan digunakan. Saya merekomendasikan yang pertama adalah J&T, kemudian yang kedua adalah JNE sebagai kurir jasa pengirimannya. Untuk Ninja Xpress, semoga kedepan pelayanannya bisa ditingkatkan untuk pengiriman ke wilayah Papua dan sekitarnya. Semoga membantu dan bermanfaat ...

Pengalaman Belanja Di Lazada Pengiriman Ke Merauke (Papua)