Kalau 3G Masih Mampu, Kenapa Harus 4G/ 5G?

Perkembangan jaringan internet super cepat sudah sampai pada proyek 5G, dimana Indonesia sendiri sudah sukses mengujikannya pada perhelatan olahraga Asean Games 2018 di Jakarta. Korea selatan sebagi negara yang sangat peduli dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, bahkan sudah mengkomersilkan layanan 5G di negaranya.

Setelah Korea selatan, maka tidak menutup kemungkinan dalam waktu yang cepat atau lambat, negara lainnya juga akan menyediakan layanan telekomunikasi yang mendukung jaringan 5G ,termasuk indonesia. Otomatis bagi pengguna layanan telekomunikasi yang ingin menikmati kecepatan jaringan 5G harus menggunakan kartu dan smartphone yang sudah support 5G.
Meskipun jaringan 5G belum banyak dikomersilkan oleh perusahaan jasa seluler, akan tetapi sudah ada beberapa produsen smartphone yang menawarkan produknya yang sudah mendukung jaringan 5G. Samsung, Huawei, dan Lenovo sudah sama-sama menawarkan produknya yang support jaringan 5G. Saya kira masyarakat akan sangat antusias dengan kedatangan teknologi tersebut.

5G menawarkan kecepatan internet hingga 1 Gbps atau sama dengan 1000 Mbps. Pertanyaannya adalah dengan kecepatan yang sangat cepat tersebut, apa yang akan sahabat lakukan dengan memanfaatkan jaringan 5G? Apakah untuk streaming video youtube? Apakah untuk Video Call? Apakah untuk NgeGame? Atau apakah hanya untuk browsing, bersosial media atau lainnya?

Kalau kebutuhannya hanya untuk streaming video, nge game, browsing dan chating saya kira pakai jaringan 3G masih Oke. Perlu diketahui bahwa kecepatan dari jaringan 3G HSDPA+ sudah sampai 16 Mbps. Dengan kecepatan tersebut, masih terasa ringan dan tentu saja masih bisa mengakomodir kebutuhan sahabat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sebagai konsumen, kita harus paham sediki tentang hal yang berkaitan dengan teknologi tersebut. Kalau hubungannya dengan penggunaan jaringan internet, minimal sahabat tahu tentang [Cara Menghitung Kuota Data Internet], [Cara Menghitung Kbps dan Mbps], dan juga [Perhitungan Download dan Upload].

Bila sahabat sudah mengerti ha-hal yang saya sebutkan tadi, saya yakin sahabat juga akan lebih bijaksana dalam mengikuti trend perkembangan teknologi khususnya seluler. Setidaknya bisa memberi pertimbangan dan memberikan argumen mengenai hal-hal yang berkaitan dengan 2G, 3G, 4, dan juga 5G. Semoga membantu dan bermanfaat ...

Kalau 3G Masih Mampu, Kenapa Harus 4G/ 5G?