-->

1 Mbps Berapa Kbps? Begini Cara Menghitungnya!

Bila ada pertanyaan 1 Mbps (Mega bit per second) berapa Kbps (Kilo bit per second)? maka jawabannya adalah 1Mbps = 1024Kbps. Bila sahabat ingin mengetahui cara menghitung Mbps menjadi Kbps, atau Kbps menjadi bps (bit per second), maka silakan baca tulisan saya kali ini sampai selesai. Bila nanti ada yang kurang paham atau ada yang ingin ditanyakan, sahabat bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.
Agar sahabat lebih mudah dalam menghitung kecepatan transfer data (contohnya kecepatan internet) yang dinyatakan dengan bps, Kbps, Mbps, dan Gbps, maka silakan sahabat perhatikan tabel perhitungan kecepatan transfer data di bawah ini.
Gbps
(Gigabit per second)
Mbps
(Megabit per second)
Kbps
(Kilobit per second)
bps
(bit per second)
1
1000
1000000
1000000000

1
1000
1000000


1
1000

Jadi urutan kecepatan dalam suatu transfer data dari yang paling kecil adalah bps, Kbps, Mbps, dan Gbps. Selanjutnya ada suatu pertanyaan seperti ini! “Katanya kecepatan internet Indihome adalah 10 Mbps, tetapi ketika saya download file, kecepatannya hanya 1250 KBps?”

Sahabat harus mengetahui istilah Kbps (Kilo bit per second) dan KBps (Kilo byte per second). Sepintas penulisannya sama, akan tetapi kalau sahabat perhatikan bahwa ada perbedaan huruf “b dan B”. Huruf b (kecil) merupakan singkatan dari bit, sedangkan huruf B (besar) merupakan singkatan dari Byte.

Secara perhitungan, 1 Byte = 8 Bit, sehingga bila kecepatan internet dari sebuah provider (sebagai contoh indihome) adalah 10 Mbps (Mega bit per second), maka kecepatan download yang akan sahabat dapatkan adalah 1250 KBps (Kilo byte per second). Perhitungannya adalah 10 Mbps : 8 = 1250 KBps.

Dengan contoh di atas, maka sahabat bisa menghitung 1 Mbps berapa Kbps? Jawabannya adalah 1 Mbps (Mega bit per second) = 1000 Kbps (Kilo bit per second) = 125 KBps (Kilo byte per second). Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, bila penjelasan yang sudah saya sampaikan di atas kurang jelas atau ada yang kurang bisa dipahami, silakan sahabat tinggalkan pesan di kolom komentar. Semoga membantu dan bermanfaat ...

1 Mbps Berapa Kbps? Begini Cara Menghitungnya!
  1. 1000 kbps:8 =125
    Dari mana dapat angka 250 kBps?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, terima kasih Kak Bhasong atas koreksinya. Sudah saya benarkan postingannya 😊

      Hapus
  2. Banag klau 2mbps buat game kuat gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung game nya butuh koneksi internet dengan kecepatan berapa Kak. Kebetulan saya bukan gamer, jadi kurang tahu juga kebutuhan untuk game online. Akan tetapi kalau menurut saya, 2Mbps itu sudah kencang Kak. Kalau untuk streaming YouTube saja sudah lancar, saya kira untuk Game sudah cukup lancar.

      Hapus
  3. Kak...3 Mbps itu sanggup untuk berapa hp? Kalau bisa rincian pemakaian standar kak..

    BalasHapus
  4. Standar orang menggunakan jaringan internet kan berbeda-beda Kak. Kalau semua memutar Video secara bersamaan, maka anggap saja 1 orang butuh 1mbps untuk putar video dengan resolusi sedang, maka ya standarnya bisa dipakai 3 orang. Kalau hanya digunakan untuk kebutuhan standar browsing, chatting, dan sosmed, ya kalau untuk 10 orang masih cukup ringan Kak.

    Intinya sesuai dengan kebutuhan Kak 😊

    BalasHapus
  5. Saya menggunakan aplikasi by.u 1mbps untuk sebulan. Bisa pasang hotspot untuk berapa hp dan laptop?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Standarnya 1 saja Kak apabila digunakan untuk streaming Video dan kegiatan lain sebagainya. Kalau hanya untuk browsing dan chatting saja, bisa dipakai sampai 3 orang Kak (not recomended) 😊

      Hapus
  6. Saya menggunakan byu 1 mbps . Jika digunakn untuk zoom apakah akan buffering ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aplikasi yang jalan hanya Zoom saja sepertinya aman Kak 😊

      Hapus
  7. waw ini baru namanya informasi thx ya min

    BalasHapus