Cara Transfer Kuota Telkomsel Dengan Kode Dial UMB *500*2#

Pernah menghadirkan layanan collect internet, tembak kuota, dan transfer kuota telkomsel (khusus paket ultima), di tahun 2019 ini telkomsel kembali mengeluarkan layanan transfer kuota internet untuk pelanggan prabayar (Kartu As, Simpati, dan Loop). Sesuai dengan judul dalam tulisan ini, bahwa untuk melakukannya sahabat tinggal melakukan akses dial umb ke *500*2# menggunakan HP sahabat masing-masing. Berikut akan saya jelaskan lebih lengkap mengenai cara transfer kuota telkomsel.

  1. Hubungi *500*2# melalui HP sahabat yang tentu saja sudah terpasang nomor telkomsel. Selanjutnya akan ditampilkan notifikasi “Mau transfer kuota internet Tarif Rp 5.000/Transaksi?” Jawab dengan memasukkan angka 1 “Ya” jika sahabat ingin langsung mengirim (transfer kuota internet). Apabila sahabat ingin cek kuota internet yang tersedia terlebih dahulu, sahabat bisa memasukkan angka 2 “Cek Kuota internetmu”.
  2. Bila sahabat mengirimkan angka 1, maka akan muncul halaman dengan perintah “Masukan Nomor tujuan untuk melakukan transfer kuota internet mu”. Masukkan nomor yang akan sahabat kirimi kuota internet, kemudian tekan tombol Kirim/ Send/ OK/ Ya.
  3. Selanjutnya akan muncul halaman perintah yang isinya adalah “Masukkan jumlah kuota internet yang akan ditransfer dalam kelipatan 50MB (max. 500MB) Ketik menggunakan angka/numerik, misal 50, 100, 150, dst”.
  4. Setelah sahabat memasukkan jumlah kuota internet yang ingin sahabat transfer, silakan tekan tombol Kirim/ Send. Selanjutnya ikuti instruksinya sampai selesai dan sahabat akan mendapatkan notifikasi bahwa nomor sahabat sudah berhasil mengirimkan kuota internet ke nomor telkomsel lainnya.

Layanan transfer kuota internet telkomsel hanya bisa dilakukan oleh pelanggan prabayar seperti kartu AS, Simpati, dan Loop, sedangkan bagi sahabat pengguna kartu pasca bayar (Halo), layanan ini tidak bisa sahabat gunakan. Kuota yang bisa sahabat kirimkan dalam setiap transaksi adalah minimal 50 MB dan Maksimal 500 MB. Dalam sehari sahabat bisa bertransaksi (transfer kuota internet) sampai 6 kali, sehingga total kuota maksimal yang bisa sahabat kirimkan adalah 6 x 500 MB = 3000 MB atau sama dengan 3GB.

Biaya untuk melakukan transaksi transfer kuota adalah Rp 5.000 dalam setiap transaksinya. Mau kirim 50MB atau 500MB biayanya adalah tetap sama yaitu Lima Ribu Rupiah. Sisa pulsa minimal yang tersedia setelah sahabat melakukan transfer adalah Rp 1.000. Kuota internet yang diterima berlaku selama 3 Hari sejak kuota diterima, sedangkan masa aktif dari pengirim tetap sama (tidak berubah).

Menurut saya Rp 5.000 untuk biaya transfer kuota internet cukup mahal kalau hanya bisa melakukan transfer 50 MB hingga 500 MB. Meski begitu, saya yakin ada kalanya program ini cukup bermanfaat dan cukup membantu bagi sahabat yang memiliki kuota yang sangat banyak, akan tetapi masa aktifnya sudah hampir habis. Semoga membantu dan bermanfaat ...

Cara Transfer Kuota Telkomsel Dengan Kode Dial UMB *500*2#