Cara Mudah Collect (Minta) Kuota Internet Telkomsel (Simpati, Kartu As, dan Loop)

Kalau sebelumnya saya sudah pernah membahas cara transfer kuota telkomsel gratis (tanpa ada tambahan biaya), maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara collect internet telkomsel. Layanan minta kuota khusus untuk sesama nomor telkomsel tersebut sudah disediakan oleh provider yang identik dengan warna merah tersebut.

Apa itu Collect Internet?
Adalah layanan dari telkomsel, yang memfasilitasi para pelanggannya untuk meminta kuota internet kepada keluarga atau temannya ketika kehabisan pulsa data. Mirip dengan Collect SMS dan Collect Call, layanan ini hanya bisa digunakan oleh nomor prabayar telkomsel seperti Kartu As, Simpati, dan Loop. Sedangkan untuk yang bisa memberikan pulsa data (sebagai donator) adalah ketiga jenis kartu tersebut dan juga kartu pasca bayar telkomsel yaitu kartu Halo.

Bagaimana Cara Menggunakan Fasilitas Collect Internet Telkomsel?
Ada 3 cara yang ditawarkan oleh telkomsel  yang bisa sahabat pilih. Carany adalah sebagai berikut:
#1 Penawaran langsung otomatis dari jaringan.
Ketika pulsa data regular sahabat habis, maka secara otomatis akan muncul Pop up berisikan informasi “Ini adalah layanan Collect Internet. Paket data reguler anda saat ini telah habis, Apakah Anda ingin minta kerabat utk mengirimkan paket internet kpd Anda? 1. Ya” Pilih No.1  (YA) untuk melanjutkan.

Selanjutnya akan muncul informasi petunjuk untuk memasukkan nomor calon donator (pemberi pulsa). Isikan nomor yang akan sahabat mintai pulsa, kemudian pilih paket yang akan sahabat minta. Terdapat 2 pilihan yaitu (1) 50 MB untuk 1 Hari dan (2) 300 MB untuk 7 Hari.

Donatur akan mendapatkan sms konfirmasi yang berisi apakah setuju mengirimkan kuota internet kepada sahabat. Bila setuju maka donator akan mengirimkan sms FLASH YA dan mengirimnya ke 3636. Selanjutnya sahabat juga akan mendapatkan sms notifikasi  bahwa tambahan kuota internet sudah masuk.

#2 Permintaan langsung dengan dial UMB *500*61#
Cara collect internet yang kedua ini hampir mirip dengan cara yang pertama (penawaran langsung dari jaringan). Yang membedakan adalah cara yang kedua ini, sahabat tidak perlu menunggu penawaran dari telkomsel, tetapi sahabat bisa langsung mengajukan collect internet dengan cara menghubungi *500*61# selanjutnya langkah-langkahnya sama.

#3 Collect internet dengan memilih list donator
Sebelum melakukan collect internet, sahabat harus membuat list donatur yang suatau saat akan sahabat mintai bantuan untuk mengirim kuota internet. Langkah-langkahnya adalah (1) tekan dial UMB *500*62# selanjutnya pilih 1. Tamabhkan teman, (2) Masukkan nomor dan calon donatur, (3) donatur akan menerima notifikasi pesan terkait collect internet. Bila donatur setuju, maka donatur akan kirim sms FLASHADDICT<spasi>YA

Setelah list donatur selesai, ketika sahabat kehabisan kuota internet maka sahabat bisa melakukan collect internet dengan langkah-langkah yang hampir sama dengan cara sebelumnya. Yang membedakan hanya pada saat proses memasukkan nomor donatur, sahabat tinggal memilih donatur yang tersedia saja.

Cara untuk melakukan collect internet menggunakan kartu As, Simpati, dan Loop cukup mudah dilakukan. Kalau menurut saya, cara nomor dua adalah yang paling bisa diandalkan dan tidak ribet. Semoga membantu dan bermanfaat…
Cara Mudah Collect (Minta) Kuota Internet Telkomsel (Simpati, Kartu As, dan Loop) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar