KB (Kilobyte), MB (Megabyte), GB (Gigabyte), dan TB (Terabyte)

KB, MB, GB, dan TB sering sahabat temukan dalam bidang komputasi seperti dalam perhitungan besarnya Kuota internet, kapasitas RAM (Random Access Memory), dan ruang penyimpanan Hard disk drive. Untuk mengetahui seberapa besar / banyaknya hal-hal yang berhubungan dengan data komputer tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan gambaran dan mengenalkan kepada sahabat yang masih mengalami kesulitan dalam mengenali dan memahami kilobyte, megabyte, dan gigabyte.

Pengertian KB, MB, GB, dan TB
KB, MB, GB, dan TB adalah satuan yang digunakan dalam menghitung data digital. Seperti yang sempat saya singgung sebelumnya bahwa istilah tersebut banyak digunakan di bidang komputansi salah satunya adalah dalam menghitung kuota data internet. Dengan mengenal satuan-satuan tersebut, maka saya berharap bahwa sahabat pembaca blog ini dapat memiliki gambaran tentang seberapa banyak kuota internet ataupun besarnya kapasitas Hard disk dan RAM dari sebuah perangkat digital yang sahabat miliki.

Urutan KB, MB, GB, dan TB
Berikut akan saya urutkan satuan data tersebut dari yang paling kecil hingga yang paling besar. [1] Byte biasa disingkat dengan B, [2] Kilobyte biasa disingkat dengan KB, [3] Megabyte biasa disingkat dengan MB, [4] Gigabyte biasa disingkat dengan GB, [5] Terabyte biasa disingkat dengan TB, [6] Petabyte biasa disingkat PB, [7] Exabyte biasa disingkat EB, [8] Zettabyte biasa disingkat ZB dan, [9] Yottabyte biasa disingkat YB.

Cara Menghitung & Mengkonversi KB, MB, GB, dan TB
Bila tadi sahabat sudah mengetahui urutan dari satuan tersebut, pastinya sahabat sudah mengetahui mana yang lebih besar dan mana yang lebih kecil dari satuan-satuan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menghitung dan mengkonversinya. Konversi sendiri bisa berupa perhitungan Biner dan perhitungan Desimal. Bila sahabat ingin mudah menghitungnya maka saya sarankan menggunakan konversi desimal. Berikut adalah perhitungan dan konversi dari Byte, Kilobyte, Megabyte, Gigabyte, dan Terabyte.

1 KB (Kilobyte) berapa B (Byte)?
Bila ingin menghitungnya dengan menggunakan konversi perhitungan biner, maka 1KB = 1024B, sedangkan bila menggunakan konversi perhitungan desimal maka 1KB = 1000MB.

1 MB (Megabyte) berapa KB (Kilobyte)?
Dengan menggunakan konversi perhitungan biner, maka 1MB = 1024KB dan dengan menggunakan konversi perhitungan desimal maka 1MB = 1000KB

1 GB (Gigabyte) berapa MB (Megabyte)?
Dengan menggunakan konversi perhitungan biner, maka 1GB = 1024MB dan dengan menggunakan konversi perhitungan desimal maka 1 GB = 1000MB

1 TB (Terabyte) berapa GB (Gigabyte)?
Dengan menggunakan konversi perhitungan biner, maka 1TB = 1024GB dan dengan menggunakan konversi perhitungan desimal maka 1 TB = 1000GB

Memahami besarnya KB, MB, GB, dan TB
Supaya sahabat bisa memahami dan bisa menjawab pertanyaan: Sebenarnya besar atau tidak ketika memiliki kuota internet 1GB? Jawabannya adalah Relatif. Kenapa relatif? Karena sesuai kebutuhan sahabat. Untuk lebih jelasnya silakan sahabat perhatikan contoh di bawah ini:

Saya memiliki kuota 1 GB kemudian saya gunakan untuk streaming youtube, maka dalam hitungan antara 1 – 3 Jam kuota tersebut sudah habis karena ukuran file video cukup besar. Sebagai gambaran saja File Video dengan durasi 2 Jam memiliki ukuran file sekitar 1 GB. Dengan begitu kuota 1 GB akan cepat habis dalam hitungan jam.

Ketika saya memiliki kuota 1 GB dan saya gunakan hanya untuk baca berita menggunakan web browser dan untuk kirim pesan saja menggunakan aplikasi whatsapp, line, dan BBM. Maka kuota tersebut akan bisa bertahan sampai satu bulan. Hal ini dikarenakan konsumsi untuk mengakses berita dan melakukan kirim pesan tidak memerlukan kuota yang banyak. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan kuota tersebut juga bisa habis dalam hitungan hari kalau pesan yang dikirim dan diterima berupa Video yang ukurannya besar-besar.

Bila sahabat sudah mengerti,  mengenali, bisa menghitung, dan sudah memahami tentang ukuran KB, MB, GB, dan TB maka saya yakin bahwa sahabat tidak akan lagi kesulitan untuk menilai apakah kuota internet, kapasitas RAM, Memory Internal, dan Hard disk suatu perangkat besar atau kecil. Semoga membantu dan bermanfaat…
KB (Kilobyte), MB (Megabyte), GB (Gigabyte), dan TB (Terabyte) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar