Pengalaman Setelah 1 Tahun Menggunakan Magic Com Digital

Sudah genap satu tahun saya menggunakan Magic Com Digital Yong Ma MC 3700. Dengan waktu yang cukup lama tersebut, saya akan memberikan kesan saya mengenai produk penanak nasi dan penghangat nasi buatan Yong Ma tersebut. Dalam hal ini, yang akan saya bahas adalah kualitas, harga, penggunaan daya listrik, keunggulan, dan kelemahan produk ini.

Kualitas Produk

Ketika orang membeli suatu produk, pasti hal yang paling diperhatikan adalah kualitas dari produk tersebut. Selama 1 tahun memakai Magic Com Digital Yong Ma MC 3700, produk ini masih bagus dan bekerja hampir sama seperti ketika awal saya memakainya. Dengan kata lain bahwa dalam kurun satu tahun setelah pemakaian, produk ini kualitasnya tetap terjaga. Semua berfungsi dengan baik dan kualitas produknya tetap terjaga.

Harga Produk

Awal saya membeli produk Yong Ma MC 3700 di tempat saya Merauke (Papua) harganya adalah kurang dari Rp 600.000, sedangkan waktu itu harga di Jawa sekitar Rp 485.000. Setelah melihat lagi harga di beberapa toko di tempat saya, harga dari produk ini rata-rata tetap sama. Bahkan ketika saat ini saya melihat harganya di beberapa harga toko online yang berada di Pulau Jawa, harganya rata-rata Rp 500.000. Dalam hal harga, produk ini memiliki harga yang cukup stabil meski sudah satu tahun.

Penggunaan Daya Listrik

Menurut saya penggunaan daya listrik pada Magic Com Digital Yong Ma MC 3700 lebih besar dibandingkan dengan produk yang Analog. Daya yang diperlukan untuk menanak nasi adalah 400 Watt, sedangkan ketika menghangatkan adalah 100 Watt. Kalau sahabat penasaran cara mengkonversi biaya listrik berdasarkan pemakaian listrik, sahabat bisa membaca tulisan saya tentang Cara Menghitung Pemakaian Listrik.

Keunggulan Produk

Selain kualitas yang sudah terbukti dalam pemakaian kurun 1 tahun, produk ini juga menyediakan kelebihan lainnya yang tidak dimiliki oleh produk manual. Magic Com Yong Ma MC 3700 selain untuk menanak nasi, juga bisa digunakan untuk mengukus, membuat bubur (biasa dan bayi), membuat roti, memasak beras merah, dan membuat Soup. Saya sendiri, dalam pemakaian satu tahun ini hanya menggunakannya untuk menanak dan menghangatkan nasi saja.

Kelemahan Produk

Hal yang paling saya rasakan dari kelemahan Yong Ma Magic Com MC 3700 adalah ketika produk dipakai untuk memasak, tiba-tiba listrik padam, selanjutnya listrik hidup lagi, maka produk ini akan berhenti bekerja, sehingga saya harus menghidupkannya lagi. Pernah ketika dalam posisi menghangatkan nasi di malam hari, kemudian listrik sempat padam kemudian hidup lagi, dan ketika bangun pagi saya melihat lampu indicator menandakan standby/ tidak bekerja menghangatkan nasi.

Bisa sahabat bayangkan bila sahabat memasak nasi, kemudian ditinggal pergi keluar rumah, dan ada pemadaman sebentar (meski hanya 10 menit) tetap saja masakan nasi sahabat tidak matang kalau sahabat tidak mengatur posisi memasak nasi. Saya kira hal tersebut adalah salah satu kelemahan yang perlu segera dibenahi oleh produsen. Selain hal tersebut, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa produk ini memerlukan daya listrik yang cukup besar bila dibandingkan dengan produk manual lainnya.

Kesimpulan

Dari beberapa pengalaman yang sudah saya sebutkan di atas, Magic Com Digital Yong Ma MC 3700 memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Tentu saja bila sahabat sudah membaca tentang kelebihan dan kelemahan yang sudah saya sampaikan, sahabat bisa menentukan sikap apakah ingin membeli produk yang digital atau yang manual. Semoga membantu dan bermanfaat ...

Pengalaman Setelah 1 Tahun Menggunakan Magic Com Digital