Getcontact

Ngakak! Aplikasi GetContact Membuat Penipu Terdiam

Evy Nurvitasari
0 Komentar
Beranda
Getcontact
Ngakak! Aplikasi GetContact Membuat Penipu Terdiam
Banyaknya orang yang melakukan tindak kejahatan di dunia maya, membuat kita harus tetap waspada. Modus yang sering saya temui di masyarakat sejauh ini adalah penipuan berkedok orang yang merasa (mengaku) sudah kenal ‘menghipnotis’ korban dengan tujuan meminta bantuan berupa transfer uang atau pulsa.

Seperti yang baru-baru ini saya alami, dimana ada nomor baru yaitu 0812 5549 4573 yang menghubungi saya via aplikasi WhatsApp (WA), kemudian meminta bantuan saya untuk mengisi pulsa Telkomsel di nomornya. Dia juga bilang bahwa "besuk pagi selepas piket akan diganti lebih uangnya". Merasa tidak kenal, sayapun cek nomor tersebut melalui aplikasi Get Contact.
aplikasi-getcontact-membuat-penipu-terdiam
Setelah saya cek, ternyata di aplikasi Get Contact menunjukkan bahwa nomor 0812 5549 4573 terindikasi nomor penipu. Adapun informasi tag yang diberikan melalui aplikasi Get Contact kepada nomor tersebut adalah # Penipu Mengatas Namakan Tni # Penipu Minta Pulsa Pakai Fb Orang # Penipu !!! Awasss Jangan Digubris dan masih banyak lagi (hingga saat ini ada 34 tag).
penanda-aplikasi-get-contact
Karena saya tahu bahwa pemilik nomor tersebut memiliki niat yang jahat, selanjutnya dengan sengaja saya mencoba untuk meladeni percakapannya. Jadi ketika pemilik nomor tersebut meminta diisikan pulsa nomor Telkomselnya, dengan santai saya menjawab “Berapa? 10 Juta cukup?”. Selanjutnya penipu tersebut terdiam dan tidak membalas lagi pesan yang saya kirimkan.
aplikasi-get-contact-untuk-melihat-penipu
Saya yakin bahwa penipu tersebut langsung menyadari kalau targetnya (saya) salah. Sehingga dia dengan sadar tidak melanjutkan percakapan untuk meyakinkan saya selaku calon korban. Sayapun teringat sekitar 5 tahun yang lalu, ketika itu ada orang yang berniat menipu saya dengan pura-pura membeli pulsa dengan memberikan bukti transfer fiktif. Cerita selengkapnya bisa baca [Di sini].

Belajar dari pengalaman saya tersebut, maka sangatlah penting bagi sahabat untuk menerapkan sikap waspada ketika ada nomor yang tidak dikenal kemudian menghubungi sahabat. Ingat, jangan langsung percaya ketika ada orang yang menghubungi sahabat dengan mengaku-ngaku sebagai teman, saudara, atau lainnya menggunakan nomor yang tidak tersimpan di HP yang sahabat gunakan.

Kalau perlu, sebaiknya sahabat install aplikasi Get Contact di smartphone yang sahabat gunakan. Sahabat bisa download aplikasi GetContact secara gratis melalui Google Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna iOS). Untuk menggunakannya, sahabat bisa baca tulisan saya [Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi GetContact]. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar