Jenius BTPN

Pengalaman Ganti Perangkat Aplikasi Jenius

Evy Nurvitasari
0 Komentar
Beranda
Jenius BTPN
Pengalaman Ganti Perangkat Aplikasi Jenius
Setelah memutuskan ganti smartphone dari Infinix Hot 8 ke iQOO Z7x 5G, otomatis akun-akun saya yang berada di HP lama juga saya pindahkan ke perangkat baru. Bukan hanya akun sosial media dan e-mail, akun mobile banking yang saya gunakan juga turut saya pindahkan. Dari beberapa akun mobile banking yang saya miliki, salah satu yang ‘sulit’ untuk dipindahkan adalah akun Jenius BTPN.

Bisa saya katakan paling sulit karena dari semua akun aplikasi mobile banking yang saya miliki (BRImo, BNI Mobile, D-Bank PRO, Jenius, dan Neo Bank), proses pemindahan (ganti device) untuk akun Jenius adalah yang tersulit. Kalau untuk ganti device akun mobile banking lainnya hanya cukup menggunakan OTP, kalau akun Jenius harus melakukan panggilan telepon dan video call.

Persiapan Ganti Perangkat Aplikasi Jenius

Pastikan sahabat memiliki, menguasai, dan ingat akan data-data yang berkaitan dengan akun Jenius, yaitu e-mail, password, dan nomor HP yang terdaftar di akun Jenius. Data-data tersebut nantinya digunakan untuk masuk ke perangkat baru. Apabila sahabat lupa passwordnya, maka sahabat bisa meresetnya melalui layanan Lupa Password / Forget Password.

Selain data-data yang sudah saya sebutkan di atas, sahabat juga perlu menyiapkan pulsa reguler yang nantinya digunakan untuk melakukan panggilan ke Jenius Help di nomor 1500 365. Layanan Data Internet bisa melalui data seluler atau jaringan WiFi juga diperlukan ketika nantinya sahabat melakukan panggilan (video call) untuk verifikasi.

Hapus Perangkat (Unlink Device) Jenius

Saat saya melakukan unlink device di perangkat HP lama saya (Infinix Hot 8) ternyata tidak bisa dan saya mendapatkan email dari Bank BTPN yang berisi “Penghapusan Perangkat Terhubung Tidak Dapat Dilakukan”. Dalam keterangan yang disampaikan melalui email tersebut juga disampaikan bahwa untuk sementara layanan penghapusan perangkat tidak tersedia.
Dalam email tersebut juga disebutkan bahwa apabila saya ingin tetap melakukan penghapusan perangkat, maka disuruh untuk menghubungi Jenius Help di 1500 365. Untuk menghubungi nomor premium tersebut dibutuhkan pulsa reguler (bukan kuota nelpon ke semua operator). Saya sendiri habis biaya pulsa lebih dari Rp 10.000 untuk menghubungi Jenius Help menggunakan Telkomsel.

Ketika menghubungi Jenius Help, saya ditanya e-mail dan nomor HP yang terdaftar di akun Jenius apakah aktif atau tidak. Selanjutnya, saya diarahkan untuk membuka Link Video Call terkait Unlink Device yang dikirimkan melalui e-mail. Link tersebut berlaku selama 24 Jam setelah diterima dan bisa digunakan untuk melakukan video call dari Jam 08.00 – 22.00 setiap harinya.
Agar proses verifikasi berjalan dengan lancar, saya juga disarankan oleh Jenius agar menyiapkan KTP, koneksi internet stabil, pencahayaan yang bagus, dan tidak berada di keramaian ketika melakukan video call. Ketika saya buka Link Video Call, saya langsung terhubung dengan CS Jenius yang meminta izin saya untuk diambil gambarnya.

CS tersebut meminta saya untuk menghadap kamera ketika akan diambil gambarnya. Setelah selesai, CS tersebut juga bertanya kepada saya “Apakah ada yang ditanyakan?”. Karena tidak ada yang saya tanyakan, akhirnya panggilan video tersebut dihentikan, kemudian beberapa saat kemudian saya mendapatkan e-mail yang berisi Unlink Device Berhasil Dilakukan.

Install Aplikasi Jenius di Perangkat Baru

Setelah unlink device Jenius berhasil saya lakukan di HP lama saya (Infinix Hot 8), selanjutnya saya mulai install aplikasi Jenius di HP baru (iQOO Z7x 5G). Setelah memasukkan e-mail dan password di aplikasi Jenius, akhirnya akun Jenius saya sudah bisa dibuka di perangkat baru tersebut. Sebagai informasi bahwa akun Jenius hanya bisa dibuka di satu perangkat (single device).

Catatan

Apabila saya perhatikan dari e-mail yang dikirim oleh Jenius berkaitan dengan Unlink Device yang menyebutkan bahwa "penghapusan perangkat sementara tidak tersedia", maka bisa saja bahwa sebenarnya apabila layanan penghapusan perangkat akun Jenius sudah tersedia, maka sahabat tidak perlu menghubungi Jenius Help di nomor 1500 365. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar