Sekitar Kita XL

Baca Dulu! Sebelum Membeli Paket Unlimited Turbo Premium

Evy Nurvitasari
0 Komentar
Beranda
Sekitar Kita
XL
Baca Dulu! Sebelum Membeli Paket Unlimited Turbo Premium
Salah satu paket Xtra tambahan dari kartu XL yang menawarkan akses internet unlimited adalah Paket Unlimited Turbo. Ada beberapa pilihan paket unlimited turbo yang ditawarkan oleh XL kepada pelanggannya. Adapun beberapa pilihan dari paket tersebut adalah Unlimited Turbo Premium, Super, Standard, Basic, Netflix, TikTok, YouTube, Viu, Joox, iFlix, dan Vidio.

Dari sekian banyaknya pilihan paket yang tersedia dalam XTRA Unlimited Turbo, yang cukup menarik perhatian saya adalah varian termahal dari paket tersebut yaitu Unlimited Turbo Premium. Perlu sahabat ketahui bahwa harga dari paket Unlimited Turbo Premium adalah Rp 50.000. Apakah dengan harga segitu (50 Ribu) paket Unlimited Turbo Premium pantas untuk sahabat beli?
Secara sederhana bisa diartikan bahwa Unlimited Turbo Premium adalah paket tambahan yang memungkinkan penggunanya untuk tetap bisa mengakses beberapa aplikasi sepuasnya seperti WhatsApp, Line, Gojek, Facebook, Instagram, dan YouTube. Bagaimana bila ingin mengakses aplikasi lainnya? Sahabat akan dikenai tarif Rp 20 setiap 1 MB (Megabyte).

Ingat! Benefit dari paket Unlimited Turbo Premium bisa sahabat nikmati setelah kuota internet utama sahabat habis. Paket Unlimited Turbo Premium hanya dikhususkan bagi pelanggan kartu XL yang berlangganan paket tertentu seperti XTRA Combo, XTRA Combo VIP, ataupun XTRA Combo Lite yang terdaftar pada saat pelanggan mengaktifkan XTRA Unlimited Turbo.

Meskipun dibalut dengan label “Unlimited” akan tetapi berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam paket unlimited turbo premium, dijelaskan bahwa “Untuk menjaga kualitas layanan XL dan kenyamanan seluruh pelanggan, XL berhak melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan terhadap pelanggan yang menggunakan Benefit XTRA Unlimited TURBO secara tidak wajar.”

Maksud dari kalimat tersebut bisa diartikan bahwa unlimited yang dimaksud dalam XTRA Unlimited Turbo Premium tidaklah real unlimited, melainkan ada FUP (Fair Usage Policy) yang hanya dijelaskan secara tersirat oleh XL. Jadi batasan penggunaan tidak wajar yang disampaikan oleh XL tidak dijabarkan secara pasti, semisal yang dimaksud penggunaan tidak wajar itu adalah 50GB atau lainnya.

Satu hal lagi yang menjadi sorotan saya adalah masa aktif dari Paket XTRA Unlimited Turbo Premium mengikuti masa aktif dari paket utama. Sebagai contoh sahabat saat ini berlangganan Paket XTRA Combo VIP dengan masa aktif 30 Hari, kemudian sahabat juga mengaktifkan paket Unlimited Turbo Premium, maka masa aktif dari Unlimited Turbo Premium mengikuti masa aktif XTRA Combo VIP.

Yang menjadi masalah dimana? Apabila kuota internet utama dalam paket XTRA Combo VIP habis pada hari ke 20, maka sahabat hanya bisa menikmati benefit XTRA Unlimited Turbo Premium selama 10 Hari saja. Bukan hanya itu saja, bagi sahabat yang ingin mengakses aplikasi yang tidak tercover Unlimited Turbo Premium, sahabat harus rela mengeluarkan biaya 20 Rupiah setiap akses 1MB.

Jadi sebaiknya perlu mengaktifkan XTRA Unlimited Turbo Premium atau tidak? Kalau saya pribadi lebih memilih untuk mengaktifkan paket internet baru yang didalamnya terdapat kuota internet utama yang bisa digunakan untuk mengakses konten internet apa saja dibandingkan dengan mengaktifkan paket tambahan yang hanya bisa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi saja.

Sebagai perhitungan untuk mendengarkan 1 musik lagu streaming menggunakan aplikasi YouTube Music atau Spotify dibutuhkan kuota internet 5MB hingga 15MB (tergantung kualitas musiknya). Itu artinya bahwa dengan harga Rp 20/MB untuk mendengarkan satu lagu saja dibutuhkan Rp 100 hingga Rp 300 apalagi untuk akses lainnya seperti nonton video dan sebagainya.

Melalui tulisan ini saya tidak bermaksud untuk mengajak sahabat pengguna kartu XL untuk tidak mengaktifkan Paket Unlimited Turbo Premium, melainkan hanya memberikan informasi yang bisa sahabat pertimbangkan sebelum membelinya. Tentu saja keputusan akhir ada di tangan sahabat apakah akan mengaktifkan paket tersebut atau tidak. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar