Indosat

Cara Berhenti Paket Freedom Internet Indosat IM3 Ooredoo

Evy Nurvitasari
2 Komentar
Beranda
Indosat
Cara Berhenti Paket Freedom Internet Indosat IM3 Ooredoo
Salah satu hal yang membuat pelanggan Indosat IM3 Ooredoo menjadi jengkel adalah ketika kecepatan internet tidak kunjung membaik setelah melakukan pembelian paket internet. Selain disebabkan karena jaringan internet Indosat yang memang sedang lagi gangguan, Pulsa Safe juga bisa menjadi penyebab kecepatan internet sahabat menjadi menurun.

Pulsa safe sendiri sering dijadikan benefit dalam paket internet yang disediakan oleh Indosat IM3. Salah satu paket internet yang juga menyediakan layanan pulsa safe adalah paket freedom internet. Jadi tidak heran apabila kecepatan internet Indosat IM3 sahabat akan tetap lambat meskipun sudah membeli paket internet baru karena pengaruh pulsa safe dari paket freedom internet.

Untuk mengantisipasi agar pulsa safe tidak mengganggu paket internet sahabat yang baru, maka sahabat bisa menonaktifkan paket internet (termasuk freedom internet) yang kuotanya sudah atau hampir habis. Sejauh ini ada dua cara gratis yang bisa sahabat lakukan untuk menghapus paket internet Indosat IM3. Berikut adalah cara berhenti paket freedom internet Indosat IM3:

Menggunakan Aplikasi myIM3

Apabila sahabat menggunakan perangkat smartphone baik itu Android atau iPhone, maka cara berhenti paket freedom internet yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi myIM3. Aplikasi tersebut bisa sahabat download gratis melalui Google Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna iOS).

Setelah di smartphone yang sahabat gunakan sudah terpasang aplikasi myIM3, maka berikut adalah tutorial cara menonaktifkan paket freedom internet Indosat IM3 Ooredoo menggunakan aplikasi myIM3:
  • Buka aplikasi myIM3, kemudian silakan sahabat buka menu Kuota yang berada pada halaman utama.
  • Pada halaman Detail Akun, silakan sahabat pilih tanda titik tiga (seperti pada gambar di bawah).
  • Selanjutnya akan muncul hamalam New Freedom Internet CVM yang menampilkan dua pilihan yaitu Hapus Paket dan Ubah Paket. Silakan sahabat pilih [Hapus Paket] untuk menghapus paket freedom internet.
  • Setelah terhapus, otomatis apabila pulsa safe sedang berjalan maka akan langsung terhenti. Begitu juga ketika paket freedom internet tersebut ada kuotanya maka akan dihapus.

Menggunakan Kode Dial UMB *123#

Sahabat juga bisa berhenti paket freedom internet Indosat IM3 melalui kode dial UMB *123# apabila sahabat menggunakan modem internet atau HP yang tidak terpasang aplikasi myIM3. Caranya agak ribet, akan tetapi saya yakin sahabat tetap bisa melakukannya apabila mengikuti langkah-langkah cara menonaktifkan paket freedom internet menggunakan kode dial *123# di bawah ini:
  • Hubungi *123# menggunakan menu panggilan di perangkat sahabat.
  • Pilih info dengan cara memasukkan angka 22 kemudian pilih tombol [Kirim].
  • Pada halaman selanjutnya, silakan sahabat masukkan angka 7 (berhenti) kemudian pilih tombol [Kirim].
  • Selanjutnya masukkan angka 1 (paket internet) kemudian pilih tombol [Kirim].
  • Akan muncul halaman konfirmasi yang berisi “Apakah Anda yakin akan berhenti dari Paket Internet?” silakan sahabat masukkan angka 1 (Ya) untuk menghapus semua paket internet yang masih aktif, selanjutnya pilih tombol [Kirim].
  • Sahabat akan mendapatkan pemberitahuan bahwa semua paket internet yang sahabat miliki sudah terhapus.

Catatan Penting

Apabila sahabat akan menonaktifkan paket freedom internet, maka pastikan bahwa data internet di perangkat yang sahabat gunakan tidak aktif. Tujuannya adalah agar ketika paket freedom internet yang masih aktif berhenti (termasuk layanan pulsa safe), maka pulsa reguler Indosat IM3 sahabat tidak tersedot untuk mengakses internet.

Mengingat untuk menghentikan paket freedom internet menggunakan aplikasi myIM3 dibutuhkan data internet, maka pastikan bahwa sahabat tidak memiliki pulsa reguler ketika mengaktifkan data internet. apabila sahabat memiliki pulsa reguler dan ingin menonaktifkan paket menggunakan aplikasi tersebut, maka gunakan jaringan WiFi di sekitar sahabat.

Saya lebih menyarankan sahabat untuk menggunakan aplikasi myIM3 dibandingkan menggunakan kode dial *123# untuk menghapus paket internet freedom. Dengan menggunakan aplikasi myIM3, maka sahabat bisa memilih paket mana yang ingin dihentikan, sedangkan dengan menggunakan kode dial *123# maka semua paket internet akan terhapus. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

2 komentar

  1. Ais
    Ais
    18 Oktober, 2022
    Sekaramg sudah jarang yang pakai indosat. Kebanyakan pakai telkomsel
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      18 Oktober, 2022
      Kebetulan di daerah saya saat ini yaitu Wedi (Klaten) malah Indosat IM3 yang paling banyak dipakai karena paling kencang disini.

      Saya punya banyak kartu termasuk Telkomsel, akan tetapi yang saya prioritaskan saat ini untuk internetan ya Indosat 😃

      Kalau di Merauke (Papua) saya pakai Telkomsel Kak 🙂