Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Menyalakan Data

Ada beberapa penyebab yang membuat pulsa (reguler) yang sahabat miliki akan terpakai atau tersedot ketika sahabat menyalakan data internet di HP yang sahabat gunakan. Salah satu penyebab pulsa terpakai ketika data HP diaktifkan adalah karena sahabat tidak memiliki kuota internet. Apabila memiliki kuota internet, akan tetapi pulsanya tetap tersedot bagaimana?
Bisa jadi pulsa tersedot meski sahabat memiliki kuota internet yang masih banyak. Kalaupun hal itu terjadi, berarti ada hal yang perlu dilihat kembali dari kuota internet yang sahabat miliki. Perlu sahabat ketahui bahwa tiap-tiap provider memiliki beberapa jenis kuota yang memiliki fungsi dan cara penggunaan yang berbeda-beda.

Oleh karena hal tersebut, sahabat harus memperhatikan isi dari kuota sebelum membeli suatu paket internet. Baik provider internet seluler Telkomsel, Indosat IM3 Ooredoo, Tri (3) Indonesia, AXIS dan XL Axiata, dan operator lainnya memiliki beragam kuota internet yang ditawarkan kepada pelanggannya. Meski demikian secara umum berikut adalah kuota yang ditawarkan.

Kuota internet yang memiliki kedudukan paling tinggi adalah kuota internet utama atau yang sering juga dinamakan dengan kuota internet reguler. Kuota ini bisa sahabat gunakan untuk mengakses internet apa saja. Sehingga apabila sahabat memiliki kuota internet utama, maka saya yakin 99% pulsa sahabat tidak akan terpakai ketika mengaktifkan data internet di HP.

Kuota internet lokal memiliki fungsi yang sama dengan kuota intertent utama, akan tetapi kuota ini memiliki kelemahan yaitu hanya bisa digunakan di lokasi atau tempat tertentu. Jadi apabila sahabat hanya memiliki kuota lokal dan pulsa reguler secara bersamaan, maka masih berpotensi pulsa reguler sahabat akan terpakai ketika sahabat perpindah tempat atau melakukan perjalanan.

Kuota internet 4G memiliki fungsi yang sama dengan kuota internet utama, akan tetapi kuota ini juga memiliki kelemahan yaitu hanya bisa digunakan di jaringan 4G saja. Jadi apabila kasusnya adalah sahabat hanya memiliki kuota internet 4G dan pulsa reguler secara bersamaan, maka masih berpotensi pulsa sahabat akan tersedot ketika jaringan berubah ke 3G atau 2G.

Kuota internet aplikasi memiliki fungsi untuk mengakses internet menggunakan aplikasi tertentu. Jadi kuota tersebut hanya akan berkurang ketika sahabat mengakses aplikasi sesuai dengan jenis kuota yang sahabat miliki. Apabila sahabat hanya memiliki kuota aplikasi dan pulsa reguler, maka bisa dipastikan bahwa pulsa reguler sahabat akan terpakai.

Perlu sahabat ketahui bahwa ketika sahabat mengaktifkan data di smartphone Android atau iPhone, maka sebenarnya banyak terjadi proses transfer data (download / upload). Jadi meskipun sahabat hanya membuka aplikasi WhatsApp, sebenarnya bukan hanya aplikasi itu saja yang menggunakan internet. Untuk lebih jelasnya, silakan baca [Penyebab Kuota utama & Pulsa Reguler Tersedot].

Setelah sahabat membaca penjelasan yang sudah saya sampaikan di atas, saya yakin bahwa sahabat sudah mengetahui penyebab pulsa tersedot saat menyalakan data internet. Cara mengatasi agar pulsa reguler tidak tersedot sebenarnya sangat sederhana, yaitu jangan sampai sahabat tidak memiliki kuota internet utama sebelum menyalakan data. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Menyalakan Data