Bahayanya Paket Happy Kartu Tri (3)

Ada lebih dari satu pembaca di blog ini yang ‘Curhat’ dalam kolom komentar di salah satu tulisan saya yang berjudul [Mengenal Paket Internet Kuota Happy Kartu Tri]. Dalam artikel tersebut, salah satu komentar yang cukup membuat saya ikut prihatin adalah hilangnya kuota internet Happy 29GB yang dialami oleh Kak Sahlan.
Dalam komentar itu, Kak Sahlan mengatakan bahwa kuota Happy 29GB yang dimilikinya hangus gara-gara beli Paket Happy lain. Sebagai informasi bahwa kuota dari Paket Happy Kartu Tri (3) tidak bersifat akumulasi, akan tetapi kuota yang akan terpakai adalah kuota terakhir yang diaktifkan. Selanjutnya, Apa yang membuat Paket Happy menjadi ‘Berbahaya’?

Yang sangat memprihatinkan dari Paket Happy Kartu Tri (3) adalah apabila saat ini sahabat memiliki kuota Happy, kemudian sahabat mengaktifkan lagi Paket Happy yang baru maka kuota Happy yang lama akan hangus. Hal ini tentu saja akan sangat merugikan pengguna Kartu Tri yang sebelumnya memiliki sisa kuota Happy yang masih banyak.

Sebagai contoh, 2 hari yang lalu sahabat mengaktifkan Paket Happy 100GB masa aktif 30 Hari dengan harga Rp 135.000, kemudian hari ini sahabat mendapatkan kiriman Paket Happy dari orang dekat (keluarga atau teman) yang besarnya 5GB masa aktif 7 Hari dengan harga Rp 25.000. Selanjutnya yang akan terjadi adalah otomatis sisa kuota internet 100GB sahabat akan hangus.

Apabila kuota 100GB tersebut baru berkurang 10GB selama 2 hari, maka masih ada sisa 90GB dan sisa masa aktifnya masih sisa 28 Hari. Apabila sahabat mendapatkan kiriman kuota 5GB masa aktif 7 Hari, maka kuota 90GB sahabat akan hangus dan digantikan dengan kuota 5GB. Selain itu masa aktif Paket Happy sahabat yang semula 28 Hari akan berubah menjadi 7 Hari.

Dengan adanya kejadian seperti itu, maka saya sarankan kepada sahabat pembaca blog ini agar lebih berhati-hati ketika ingin melakukan pembelian Paket Happy. Jangan sampai sahabat mengaktifkan Paket Happy ketika sahabat masih memiliki Paket Happy yang masih aktif dan sisa kuotanya masih banyak, karena berakibat sisa kuotanya akan hangus.

Mungkin yang paling membuat sahabat pengguna kartu Tri gemas adalah apabila sahabat baru mengaktifkan Paket Happy dengan kuota yang besar dan harganya cukup mahal. Selanjutnya dalam waktu yang berdekatan sahabat mendapatkan kiriman paket Happy dengan kuota yang lebih kecil dan masa aktif yang lebih sedikit. Maka sisa kuota sahabat sebelumnya akan hangus dan sia-sia.

Karena yang mengalami kasus seperti yang sudah saya jelaskan di atas bukan hanya satu atau dua orang, maka saya juga berharap kepada operator Tri Indonesia agar bisa merubah syarat dan ketentuan yang berlaku di Paket Happy. Sebaiknya kuota Happy pada Paket Happy bersifat akumulatif agar pelanggan tidak mengalami hal seperti yang saya contohkan di atas.

Selain kuotanya bersifat akumulasi, mungkin akan lebih baik juga apabila Paket Happy masa aktif paketnya juga bersifat akumulasi. Apabila tidak dimungkinkan seperti itu, setidaknya masa aktif yang dipakai adalah masa aktif terpanjang dari Paket happy yang dimiliki pelanggan dan kuota happy wajib terakumulasi. Semoga pihak Kartu Tri Indonesia membacanya dan bisa merubah kebijakannya.

Bahayanya Paket Happy Kartu Tri (3)