Ingin Punya Blog? Berikut Langkah Sederhana Membuatnya

Ketika hari ini saya melihat postingan di blog ini yang berjumlah 1402 tulisan, saya jadi teringat bagaimana awalnya saya membangun blog ini. Ada perasaan senang dan bangga ketika salah satu cita-cita saya bisa terealisasi dengan adanya blog ini. Menjadi orang yang bermanfaat dan bisa membantu orang lain adalah salah satu tujuan hidup dan cita-cita saya.

Selain hal yang saya sebutkan di atas, tentunya masih banyak lagi hal-hal positif yang saya dapatkan ketika saya rutin update dan merawat blog ini. Bisa dikatakan bahwa membangun dan merawat blog itu bukan hal yang sulit akan tetapi juga bukan berarti hal yang mudah. Sederhananya membangun blog adalah gampang-gampang susah.
Meski demikian, saya lebih suka mengatakan bahwa membangun dan merawat blog itu cenderung lebih mudah. Terbukti selama lebih dari 9 tahun sejak artikel pertama saya posting di blog ini, hingga saat ini saya masih rutin memberikan dan membagikan informasi dan tips yang sekiranya bisa membantu dan bermanfaat bagi semua sahabat pembaca blog ini.

Apabila sahabat berniat ingin memiliki blog dan ingin membangunnya dari awal, maka berikut akan saya bagikan langkah-langkah sederhana untuk membangun blog.

[1] Tentukan Topik Blog

Agar sahabat nantinya tidak kesulitan ketika menulis di blog, maka topik yang akan diangkat harus sahabat kuasai. Setidaknya apabila sahabat tidak menguasainya, maka sahabat bisa mencari topik yang sahabat sukai. Apabila sahahat menyukai atau tertarik suatu topik tertentu, maka otomatis sahabat akan sering mencari informasi kemudian membacanya.

Apabila sahabat sering membaca suatu topik tertentu, maka otomatis wawasan dan ilmu sahabat akan bertambah mengenai topik tertentu. Apabila sudah begitu, maka ide untuk menuangkannya dalam sebuah tulisan akan menjadi lebih mudah. Sahabat juga bisa membuat beberapa topik dalam satu blog agar kedepannya sahabat tidak kehabisan ide dalam membuat tulisan.

[2] Buat Nama Domain

Karena domain ini nantinya merupakan identitas alamat dari artikel yang sahabat publikasikan, maka sebaiknya jangan sembarangan juga dalam menentukan nama suatu domain. Sebenarnya bebas dan tidak ada aturan yang mengikat dalam menentukan nama suatu domain, akan tetapi menurut saya sebaiknya buat domain yang mudah dihafal dan diingat oleh orang.

Sebaiknya domain disesuaikan dengan topik blog atau juga bisa menggunakan nama sahabat apabila topik yang dipilih adalah catatan mengenai kegiatan atau aktivitas yang sahabat lakukan. Semakin pendek dan semakin mudah diingat maka akan semakin bagus. Sebagai contoh saya menyewa domain yang cukup singkat yaitu evy.web.id di salah satu penyedia domain di Indonesia.

Untuk membuat domain apakah harus bayar? Tidak, apabila sahabat ingin menggunakan yang gratisan maka bisa juga. Sahabat bisa membuat blog gratisan menggunakan blogspot dengan format alamat  nama_domain.blogspot.com atau juga bisa menggunakan Wordpress dengan format alamat nama_domain.wordpress.com.

[3] Sewa Hosting

Apabila sahabat menggunakan Blogspot atau Wordpress yang gratisan, maka sahabat tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk sewa hosting karena sudah disediakan dan gratis. Sebaliknya, apabila sahabat ingin membuat blog menggunakan server sendiri, maka sahabat bisa menyewa hosting atau bisa juga VPS. Saya lebih menyarankan bagi pemula untuk menggunakan hosting saja.

Ada banyak pilihan hosting yang bisa sahabat sewa di dalam negeri atau luar negeri. Untuk memilih suatu hosting, maka sahabat harus lakukan dengan hati-hati karena kualitas suatu hosting akan menentukan performa blog sahabat. Jadi sebelum menyewa suatu hosting, maka sahabat harus membaca review mengenai hosting yang ingin sahabat sewa.

Sebagai contoh sahabat ingin melihat penilaian yang dilakukan oleh pengguna hosting InterServer, maka sahabat bisa membaca Review Hosting InterServer. Saat ini kebanyakan hosting yang diyakini memiliki kualitas yang bagus adalah hosting yang penyedia jasanya berasal dari luar negeri. Meski demikian bukan berarti hosting dalam negeri tidak memiliki kualitas yang bagus.

[4] Update Blog Rutin

Setelah sahabat memiliki blog (baik itu gratisan atau berbayar), langkah selanjutnya adalah mengisinya dengan artikel. Tidak ada ketentuan khusus mengenai jumlah atau kapan blog harus diisi artikel. Apabila sahabat memiliki waktu luang untuk menulis setiap hari, maka sahabat bisa isi blog sahabat setiap hari.

Apabila sahabat dalam satu minggu hanya memiliki waktu luang sedikit dan hanya bisa menulis artikel sebanyak 1 kali dalam waktu tersebut, maka sahabat bisa mengisi blog sahabat dengan 1 artikel setiap minggu. Sahabat juga bisa mengisinya secara fleksibel (tergantung dari waktu luang sahabat untuk menulis artikel).

Hal yang biasanya terjadi adalah ketika di awal membangun blog, maka sahabat akan semangat dan rutin membuat artikel, akan tetapi ketika sudah berjalan beberapa bulan atau tahun maka blog akan terbengkelai karena jarang diupdate. Oleh karena hal tersebut, sebelum sahabat membuat blog maka sahabat harus memiliki komitmen yang kuat. Semoga membantu dan bermanfaat.

Ingin Punya Blog? Berikut Langkah Sederhana Membuatnya