Arti, Penyebab, dan Cara Mengatasi Service Unavailable AXIS

Sejauh ini AXIS adalah salah satu provider yang cukup sering mengalami gangguan (dibandingkan provider lainnya) dalam hal memberikan layanan kepadan pelanggannya. Apabila sebelumnya saya pernah menulis artikel yang berjudul [Cara Mengatasi HTTP URL Not Found Kartu AXIS], sekarang saya akan memberikan penjelasan mengenai Service Unavailable pada kartu AXIS.

Dalam hal ini kasus Service Unavailable Kartu AXIS bisa terjadi ketika sahabat mengakses aplikasi AXISnet, melakukan pembelian paket menggunakan aplikasi atau kode dial UMB / USSD, melakukan pembelian paket melalui voucher AXIS, melakukan pengecekan pulsa, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan layanan AXIS tidak bisa digunakan.

Arti

Apabila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, maka arti dari Service Unavailable adalah layanan tidak tersedia. Jadi bisa diartikan bahwa service unavailable AXIS adalah layanan AXIS tidak tersedia. Secara sederhana bisa dipahami bahwa service unavailable pada nomor AXIS merupakan kondisi dimana tidak ada layanan yang disediakan oleh AXIS.
Apa yang terjadi apabila Service Unavailable AXIS? Tentunya transaksi sahabat yang berhubungan dengan layanan kartu AXIS akan terganggu bahkan tidak bisa digunakan. Layanan tersebut bisa berupa panggilan telepon, kirim SMS, akses internet, melakukan pengisian pulsa, melakukan pembelian paket, cek pulsa, dan layanan AXIS lainnya.

Penyebab

Secara umum ada dua faktor yang menyebabkan service unavailable pada layanan AXIS. Yang pertama adalah faktor internal (dari dalam), sedangkan yang kedua adalah faktor eksternal (dari luar). Agar lebih jelasnya, maka saya akan memberikan penjelasan mengenai dua faktor penyebab service unavailable pada kartu AXIS.

[1] Faktor Internal

Maksud dari faktor internal service unavailable AXIS adalah faktor yang disebabkan dari sumber layanan AXIS itu sendiri. Dalam hal ini biasanya yang menjadi penyebab dari tidak adanya layanan AXIS adalah karena gangguan pada sistem AXIS. Hal yang besar kemungkinan membuat gangguan pada sistem AXIS adalah karena perangkat keras (hardware) ataupun perangkat lunak (software).

Apabila terjadi hal tersebut, tentu saja sebagai pengguna layanan AXIS, sahabat tidak bisa melakukan apa-apa kecuali menunggu gangguan Service Unavailable selesai diperbaiki oleh AXIS. Lama atau cepatnya perbaikan kerusakan tersebut tentunya tergantung dari seberapa parah gangguan yang menyebabkan sistem tersebut rusak / error.

[2] Faktor Eksternal

Berbeda dengan faktor internal yang disebabkan oleh gangguan pada sistem AXIS, maka beberapa faktor eksternal yang menyebabkan Service Unavailable AXIS diantaranya adalah disebabkan oleh perangkat yang sahabat gunakan (handphone, modem, dan lainnya) atau juga bisa disebabkan karena kelalaian sahabat sebagai pengguna (human error).

Ketika perangkat yang sahabat gunakan rusak atau sedang error, maka sangat berpotensi layanan yang disediakan oleh AXIS tidak bisa sahabat gunakan dengan normal. Sebagai contoh aplikasi AXISnet yang sahabat gunakan error, maka untuk mengatasinya sahabat bisa melakukan update aplikasi, hapus cache aplikasi, hapus data aplikasi, ataupun restart perangkat sahabat.

Apabila sahabat sedang berada dalam keadaan kurang konsentrasi ataupun sedang terburu-buru ketika akan menggunakan layanan AXIS, maka juga berpotensi membuat layanan AXIS tidak bisa digunakan. Sebagai contoh HP yang sahabat gunakan sedang berada dalam kondisi Flight Mode dan sahabat tidak menyadarinya, tentunya akan menyebabkan layanan AXIS tidak bisa digunakan.

Cara mengatasi

Seperti yang sudah sempat saya singgung di atas bahwa untuk mengatasi service unavailable AXIS yang disebabkan oleh gangguan pada sistem yang digunakan AXIS, hal yang perlu sahabat lakukan adalah bersabar menunggu hingga tim teknisi dari AXIS menyelesaikan perbaikan sistem yang rusak atau error tersebut.

Sedangkan apabila penyebabnya adalah perangkat yang sahabat gunakan error atau aplikasi yang sahabat gunakan bermasalah, maka sahabat bisa merestart smartphone, memperbarui aplikasi, menghapus cache memori, menghapus data aplikasi, dan juga install ulang aplikasi AXISnet yang sahabat gunakan.

Selain itu, untuk menghindari human error, maka ketika sahabat akan menggunakan layanan AXIS sebaiknya sahabat berada dalam keadaan yang santai dan tidak terburu-buru. Biasanya kalau orang yang berada dalam keadaan terburu-buru maka tingkat konsentrasinya juga akan berkurang dan berpotensi berbuat kesalahan. Semoga membantu dan bermanfaat.

Arti, Penyebab, dan Cara Mengatasi Service Unavailable AXIS
  1. Kalau axis serimg mengalami gangguan, bagaimana dengan XL kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibandingkan dengan AXIS, kalau XL sejauh ini jarang terjadi gangguan Kak 🙂

      Hapus