Jenis Kelas Sinyal Internet Pada Modem Dan Hp


Apakah dalam hati anda bertanya-tanya tentang istilah GPRS, EDGE, 3G, HSUPA, HSDPA, LTE, 4G, CDMA 1x, EVDO REV 0, EVDO REV A, dan EVDO REV B ? ada sebagian orang yang cuek dengan istilah ini, tetapi ada juga orang yang tidak sedikit memperhatikan istilah ini. Tulisan GPRS, EDGE, 3G, HSUPA dan HSDPA sering kita jumpai pada modem dan juga HP GSM. Sedangkan CDMA 1x dan EVDO sering kita jumpai pada Modem atau HP CDMA. Secara fungsi jenis kelas sinyal tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengakses jaringan internet. Yang membedakan jaringan-jaringan ini adalah pada kecepatannya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu GPRS, EDGE, 3G, 4G dan lainnya maka akan kita bahas satu persatu seperti dibawah ini.
internet gsm, internet cdma, koneksi internet
HP ataupun modem GSM (Global System for Mobile Communication) yang biasanya bisa kita pasangi kartu Indosat, XL, Simpati, Axis, dan Three selain bisa digunakan untuk melakukan panggilan dan SMS juga memiliki Fitur lain yaitu access data internet. Pada waktu access data biasanya dalam jaringan GSM memiliki kelas berikut ini. GPRS (General Packet radio service) memiliki kecepatan paling lambat yaitu maksimal 64kbps. EDGE ( Enhanced Data Rates for GSM Evaluation ) memiliki kecepatan diatas kelas GPRS yaitu maksimal 236kbps. 3G / UMTS (Universal Mobile Telecommunicaton System) atau sering juga disebut WCDMA (Wideband Code-Division Multiple Access) memiliki kecepatan maksimalnya adalah 384kbps. HSPA (High Speed Uplink Packet Access) memiliki kecepatan maksimal 5.76Mbps (570kbps). HSDPA (High Speed Downlink Packet Acess) memiliki kecepatan maksimal 14.4Mbps (14.400kbps). 4G / LTE (Long Term Evolution) memiliki kecepatan download hingga 299.6Mbps (299.600kbps) dan kecepatan upload hingga 75.4Mbps (75.400kbps).

HP dan Modem CDMA (Code-Division Multiple Access) yang biasanya kita pasangi kartu Smartfren, Esia, Flexi dan Starone. Sama seperti GSM, CDMA juga memiliki kelas dalam access internet. Kecepatan yang paling rendah adalah CDMA 1x yaitu memiliki kecepatan maksimal 153kbps. EVDO (Evolution Data Optimized) dibagi menjadi 3 yaitu EVDO Rev 0 dengan kecepatan maksimal sekitar 2.1Mbps, kemudian EVDO Rev A memiliki kecepatan maksimal sekitar 3.1Mbps, dan EVDO Rev B memiliki kecepatan Sekitar 14.4Mbps.

Setelah anda telah mengetahui kecepatan dari masing-masing kelas yang ditawarkan pada jaringan GSM dan jaringan CDMA, maka dalam membeli modem dan handphone anda mulai bisa mempertimbangkannya semisal anda membutuhkan kecepatan akses data internet. Tapi sebelum anda membeli modem, alangkah baiknya anda cek sinyal pada dareah yang akan anda gunakan untuk berinternet ria, karena belum tentu daerah yang anda pakai tercover signal HSDPA atau juga EVDO. Sekian sedikit share dari saya, semoga bermanfaat 

Jenis Kelas Sinyal Internet Pada Modem Dan Hp
  1. Paling kesel kalo udah dapet G deh. Jadi super lemoooot bgtt

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbk tika.... saya sekarang berada di merauke. pake telkomsel dapat HSDPA. tapi kalau pake kartu indosat dapat G (GPRS). Bukan E (Edge) atau 3G loh :(( teringat sepuluh tahun yang lalu ;)

      Hapus