Yes! HP Tidak Harus Terhubung Internet Untuk Mengakses WhatsApp

Salah satu fitur WhatsApp yang membuat aplikasi tersebut menjadi lebih mudah dan tidak ribet dalam menggunakannya adalah fitur akses WhatsApp menggunakan perangkat lain tanpa adanya persyaratan perangkat utamanya terhubung dengan internet. Dalam hal ini perangkat utama yang digunakan biasanya berupa Smartphone atau Tablet.

Apabila sebelumnya ketika sahabat ingin mengakses WhatsApp menggunakan perangkat lain seperti laptop via aplikasi WhatsApp PC atau web, maka aplikasi WhatsApp di smartphone yang sahabat gunakan harus terhubung dengan internet. Seandainya tidak terhubung, maka otomatis aplikasi WhatsApp di laptop sahabat tidak akan bisa digunakan.

Saat ini hal tersebut sudah tidak akan terjadi lagi karena WhatsApp sudah memberikan kemudahan dalam penggunaan multi perangkat. Jadi semisal HP yang sahabat gunakan (terpasang aplikasi WhatsApp) tidak terhubung dengan internet, maka sahabat tetap bisa mengakses WhatsApp melalui laptop menggunakan aplikasi Desktop atau Web.
Bisa dikatakan bahwa WhatsApp terlihat telat ketika mengambil keputusan untuk mengeluarkan fitur tersebut. Salah satu aplikasi pesaing mereka yaitu Telegram sudah terlebih dahulu menggunakan fitur tersebut. Meski demikian, sebenarnya apabila dilihat dari sisi keamanan ada plus dan minusnya ketika fitur tersebut dihadirkan oleh WhatsApp.

Kelebihan

Dengan adanya fitur perangkat utama yang terpasang aplikasi WhatsApp tidak harus terhubung dengan internet, maka tentu saja ketika sahabat ingin membuka aplikasi tersebut menggunakan perangkat yang berbeda (seperti Laptop) menjadi lebih nyaman karena tidak akan terganggu ketika kuota data di HP utama habis atau HP nya mati akibat kehabisan baterai.

Semisal sahabat sedang di kantor dan kebetulan HP yang sahabat gunakan tertinggal dirumah, maka sahabat tetap bisa mengakses aplikasi WhatsApp dengan perangkat Laptop atau PC. Tidak perlu khawatir HP sahabat mati karena baterainya habis atau juga kuota internetnya habis, sahabat tetap bisa mengakses WhatspApp di kantor menggunakan Laptop atau PC.

Kekurangan

Dibalik kemudahan dan kenyamanan ketika fitur tersebut dihadirkan, tentunya ada juga kelemahan yang diakibatkannya. Apabila akun WhatsApp sahabat diretas tentu saja ada hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Meski demikian, asalkan sahabat selalu bertindak hati-hati dalam mengerjakan sesuatu maka hal tersebut sangat bisa diantisipasi atau diminimalisir.

Semisal HP utama yang terpasang aplikasi WhatsApp sahabat tidak mendapatkan koneksi internet atau baterainya sedang habis, kemudian diwaktu yang bersamaan Laptop sahabat hilang, maka tentu saja akun WA di Laptop tersebut tetap bisa diakses oleh orang yang membawa laptop sahabat. Hal tersebut tentu saja sangat berbahaya apabila akun WhatsApp sahabat disalahgunakan.

Catatan

Tidak semua laptop yang sahabat miliki pasti terhubung dengan WhatsApp, sehingga yang menjadi catatan dalam kasus yang sudah saya sampaikan di atas (Aplikasi WhatsApp bisa diakses menggunakan Laptop meski HP utamanya tidak terhubung dengan internet) adalah hanya Laptop yang sebelumnya terhubung dan terverifikasi melalui akun WhatsApp di HP utama.

Untuk membuka akun WhatsApp menggunakan Web melalui laptop, komputer, tablet, dan juga smartphone lainnya sangat mudah dilakukan. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, sahabat bisa membaca tulisan saya sebelumnya yang berjudul [Tutorial Cara Menggunakan WhatsApp Web]. Semoga membantu dan bermanfaat.

Yes! HP Tidak Harus Terhubung Internet Untuk Mengakses WhatsApp