Tutorial Cara Menggunakan Whatsapp Web

Whatsapp (WA) web adalah salah satu cara yang bisa sahabat gunakan untuk menggunakan aplikasi tersebut tanpa memegang smartphone. Umumnya whatsapp web digunakan di dalam komputer yang terhubung dengan internet. Meski demikian, sahabat juga bisa menggunakannya di tablet dan juga smartphone lain. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tutorial cara menggunakan whatsapp web.

Daftar Isi

Cara Menggunakan Whatsapp Web

  • Buka aplikasi whatsapp di HP sahabat, selanjutnya buka tanda (3 titik) yang berada di pojok kanan atas (seperti gambar di bawah ini).
  • Pilih menu Whatsapp Web, selanjutnya akan ada scanner yang berjalan (biarkan saja terlebih dahulu).
  • Silakan sahabat buka halaman browser di komputer yang sahabat gunakan (bisa chrome atau firefox, atau lainnya). Selanjutnya ketikkan alamat web.whatsapp.com
  • Setelah halaman terbuka, maka sahabat akan melihat Barcode yang fungsinya untuk verifikasi scanner dari aplikasi whatsaap. Arahkan scanner ke Barcode yang berada di layar HP sahabat. Setelah terverifikasi, maka aplikasi whatsapp bisa sahabat jalankan menggunakan whatsapp web di browser yang terpasang dikomputer.

Prinsip Kerja Whatsapp Web

Whatsapp web bisa dijalankan dengan berbantu browser internet seperti Chrome, Firefox, Opera, Safari, dan aplikasi browser lainnya. Whatsapp Web tidak bisa berjalan sendirian, whatsapp web bisa dikatakan sebagai kloningan dari aplikasi whatsapp yang terpasang di smartphone. Jadi apabila whatsapp tidak aktif atau tidak sedang berjalan pada sebuah smartphone, otomatis whatsapp web juga tidak akan bisa berjalan di browser.

Contoh Penggunaan Whatsapp Web

Sebagai contoh Smartphone saya saat ini terpasang Whatsapp dan aktif (karena terhubung dengan jaringan internet). Saya ingin mengoperasikan whatsapp saya di komputer agar ketika membalas pesan, saya tidak harus memegang HP ketika saya bekerja menggunakan komputer yang juga terhubung dengan jaringan internet.

Setelah terhubung beberapa menit, tanpa saya sadari ternyata HP (smartphone) yang saya gunakan tiba-tiba kuota internet habis, sehingga whatsapp di HP tidak berjalan (karena tidak terhubung dengan jaringan internet). Karena whatsapp di HP tidak aktif, maka Whatsapp Web di browser komputer yang saya gunakan juga tidak aktif.

Berbeda apabila tiba-tiba komputer yang digunakan untuk whatsapp web koneksi internetnya putus maka hanya whatsapp web saja yang berhenti (tidak aktif), sedangkan aplikasi whatsapp yang terpasang di smartphone tetap aktif (selama terhubung dengan jaringan internet). Sehingga bisa saya katakan bahwa aplikasi whatsapp di HP adalah yang utama (Primary), dan whatsapp web adalah kloningannya (secondary).

Cara Keluar Dari Whatsapp Web

Agar whatsapp web yang sahabat gunakan tidak otomatis menampilkan kembali halaman whatsapp HP sahabat, maka bila halaman whatsapp web sudah tidak diperlukan maka sahabat harus Logout whatsapp web menggunakan aplikasi whatsapp di HP. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Buka aplikasi whatsapp di HP yang sahabat gunakan, kemudian pada tanda (titik 3) yang berada di pojok kanan atas silakan sahabat buka kemudian pilih whatsapp web.
  • Bila aplikasi whatsapp yang sahabat gunakan belum logout atau keluar dari whatsapp web, maka akan ada menu Logout from all devices yang bisa sahabat pilih untuk keluar dari whatsapp web.

Whatsapp web dirancang untuk memudahkan penggunanya yang sedang bekerja menggunakan komputer untuk bisa dengan mudah tetap berkomunikasi meski tidak memegang ponsel, sehingga tidak terlalu mengganggu pekerjaannya. Meski begitu banyak pengguna yang memanfaatkan whatsapp web untuk menyadap. Saya sendiri menyarankan kepada sahabat pembaca blog ini untuk tetap menggunakan teknologi untuk hal yang positif. Semoga membantu dan bermanfaat ...

Tutorial Cara Menggunakan Whatsapp Web