Apakah Kartu 3G Telkomsel Akan Dihapus? Berikut Penjelasannya!

Banyak beredar dimasyarakat yang mengatakan bahwa 3G Telkomsel akan dihapus, sehingga banyak pengguna nomor Telkomsel yang masih menggunakan kartu 3G khawatir kartunya tidk bisa digunakan lagi. Harus saya luruskan bahwa yang dihapus adalah jaringan 3G, dan bukan kartu Telkomsel 3G yang akan dihapus.

Oleh karena hal tersebut, sahabat tidak perlu khawatir karena meskipun jaringan 3G Telkomsel dimatikan, akan tetapi kartu Telkomsel 3G yang sahabat miliki masih bisa digunakan dengan memanfaatkan jaringan 2G. Apakah kartu 3G Telkomsel mendukung jaringan 2G? iya, kartu tersebut mendukung jaringan 2G, bahkan jaringan G.
Mungkin yang jadi permasalahan adalah apabila sahabat menggunakan smartphone 3G dan selama ini jaringan internet yang sahabat dapatkan juga 3G, maka setelah jaringan 3G dihapus otomatis sahabat hanya bisa menggunakan layanan internet Telkomsel 2G atau dibawahnya. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kecepatan internet yang akan sahabat dapatkan.

Lain halnya apabila kartu Telkomsel yang sahabat gunakan adalah kartu 3G, kemudian smartphone yang sahabat gunakan sudah support jaringan 4G, maka saya sarankan sahabat untuk upgrade kartu Telkomsel yang sahabat gunakan. Apabila sahabat mencari cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G tanpa ganti kartu, maka hal tersebut hingga saat ini tidak bisa dilakukan.

Cara 4G kan kartu Telkomsel sebenarnya sangat mudah dilakukan. Sahabat tidak perlu datang ke GraPARI untuk mengubah kartu 3G Telkomsel menjadi 4G. Sahabat bisa upgrade 4G Telkomsel sendirian dengan syarat sahabat sudah memiliki kartu upgrade 4G Telkomsel yang bisa sahabat dapatkan secara online di market place atau juga di konter yang menyediakan kartu upgrade 4G.

Harga kartu upgrade 4G setahu saya tidak mahal. Kalau tidak salah, seingat saya harganya dibawah Rp 10.000 atau bahkan dulu ada yang menjualnya Rp 3.000. Dalam kartu Upgrade 4G Telkomsel, biasanya sudah ada petunjuknya, sehingga sahabat bisa melakukan upgrade kartu 4G sendiri. Saya sendiri memiliki pengalaman yang cukup menyenangkan ketika melakukan upgrade kartu 4G.

Saat itu salah satu kartu Telkomsel yang saya gunakan berhasil saya upgrade menjadi kartu 4G dan mendapatkan bonus kuota internet. Untuk lebih jelasnya, sahabat bisa membaca tulisan saya sebelumnya yang berjudul [Akhirnya Upgrade Kartu Simpati Dapat Bonus Kuota 15GB]. Apakah saat ini masih ada bonus kuota? Silakan sahabat lakukan upgrade kartu Telkomsel 3G sahabat.

Apabila saat ini sahabat masih menggunakan smartphone 3G, maka saya sarankan untuk segera mengganti atau membeli smartphone baru yang sudah support jaringan 4G atau bahkan yang sudah support 5G. Mengapa demikian? Karena jaringan 3G Telkomsel yang nantinya dimatikan, akan diupgrade atau digantikan dengan jaringan 4G dengan kecepatan yang tentunya lebih baik.

Jadi apabila saat ini sinyal internet di daerah sahabat maksimal adalah 3G, maka seiring kebijakan penghapusan jaringan 3G yang dilakukan oleh Telkomsel secara bertahap, selanjutnya jaringan tersebut akan diganti dan ditingkatkan menjadi 4G. Apabila sahabat hanya membutuhkan layanan telpon dan SMS, sepertinya sahabat tidak perlu ganti kartu. Semoga membantu dan bermanfaat.

Apakah Kartu 3G Telkomsel Akan Dihapus? Berikut Penjelasannya!