Bagus Mana? Modem MiFi Vs Paket Data Smartphone

Apabila sahabat adalah orang yang sering menggunakan layanan internet, baik itu di dalam rumah atau di luar rumah, maka tentunya sahabat tidak bisa lepas dengan yang namanya Gadget seperti smartphone, tablet, laptop, dan lain sebagainya. Tanpa perangkat tersebut, tentu saja sahabat tidak akan bisa mengakses konten yang tersedia di internet.

Selain perangkat tersebut, sahabat juga harus terhubung dengan yang namanya jaringan internet, sehingga data internet menjadi hal yang juga wajib sahabat miliki. Hampir semua smartphone sudah didukung dengan koneksi internet 4G bahkan 5G, akan tetapi untuk perangkat Tablet dan Laptop masih banyak yang hanya mengandalkan jaringan Wifi (bukan data seluler).

Ketika Tablet, Laptop, atau perangkat lainnya yang sahabat miliki hanya bisa mengakses internet menggunakan Wifi, tentu saja sahabat membutuhkan perangkat tambahan yang berfungsi untuk memancarkan jaringan internet melalui Wifi yang bisa ditangkap oleh Tablet, Laptop, atau perangkat lain yang sahabat gunakan.

Alternatif pertama yang bisa sahabat gunakan untuk memancarkan sinyal Wifi dimana saja adalah dengan menggunakan MiFi. Dengan menggunakan MiFi, maka sahabat bisa mendapatkan sinyal Wifi dimana saja karena perangkat tersebut bisa dibawa kemana-mana dan bisa memancarkan sinyal internet dimana saja. Jadi bisa dikatakan bahwa MiFi merupakan Hotspot Portabel.

Alternatif yang kedua adalah sahabat membeli paket data di smartphone yang sahabat gunakan, kemudian memfungsikan perangkat tersebut menjadi Hotspot Portabel layaknya MiFi. Dari kedua alternatif yang sudah saya sebutkan tadi, tentu saja masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Berikut adalah perbandingan dan perbedaan ketika sahabat menggunakan Internet MiFi dan Paket Data smartphone (Portable Hotspot):

Fungsi & Fisik

MiFi hanya berfungsi untuk menerima kemudian memancarkan sinyal internet (hotspot portable), sedangkan smartphone selain bisa menjadi hotspot portable, juga memiliki fungsi lain seperti untuk melakukan panggilan telepon, mengirim pesan SMS, mengakses internet dan fungsi-fungsi lainnya. Dari segi fungsi, jelas smartphone lebih banyak fungsinya dibandingkan MiFi.

Dilihat dari segi bentuk, maka ukuran MiFi dan Smartphone bisa dikatakan sangat compact dan bisa dibawa kemana-mana. Selain itu, keduanya dibekali dengan baterai yang bisa diisi ulang (charge) dengan daya tahan seharian atau lebih (tergantung pemakaian). Jadi dilihat dari segi fisik, keduanya praktis dan cukup nyaman dibawa kemana-mana.

Kenyamanan

Ketika sahabat mengakses internet menggunakan Tablet atau Laptop maka sahabat bisa memanfaatkan MiFi atau juga smartphone yang dihidupkan layanan Hotspot Portabel. Meski demikian, tentunya salah satu hal yang mungkin menjadi permasalahan adalah tentang kenyamanan penggunaan jaringan dari kedua perangkat tersebut.

Karena banyaknya fungsi dari smartphone, maka hal tersebut malah menjadi salah satu kekurangan dari perangkat tersebut. Sebagai contoh ketika sahabat sedang bekerja menggunakan Laptop dan sinyal internetnya menggunakan hotspot portable smartphone, kemudian sahabat menerima panggilan telepon, maka koneksi internet sahabat akan terganggu.

Selain itu ketika sahabat mengaktifkan layanan Hotspot Portable di smartphone yang sahabat gunakan, maka konsumsi baterai dari smartphone tersebut akan cukup boros. Selain berkurang lebih cepat, suhu smartphone tersebut juga akan lebih panas apabila Hotspot diaktifkan dalam waktu yang lama. Hal tersebut tentu saja sangat berbeda apabila sahabat menggunakan MiFi.

Dengan komparasi kenyamanan seperti yang sudah saya bahas di atas, maka dari segi kenyamanan bisa dikatakan bahwa menggunakan Hotspot dari MiFi lebih nyaman dibandingkan dengan menggunakan layanan hotspot portable dari smartphone. Hal tersebut sangat beralasan karena MiFi memang dirancang untuk hanya menjadi Hotspot portable.

Paket Data

Baik smartphone atau MiFi sama-sama bisa dipasangi simcard seluler, sehingga keduanya bisa memakai paket internet yang disediakan oleh operator seluler di Indonesia. Satu kelebihan yang dimiliki oleh MiFi adalah terdapat paket internet yang khusus disediakan untuk MiFi. Sebagai contoh adalah Paket Internet MiFi Telkomsel.

Paket Internet untuk MiFi dirancang khusus untuk penggunaan Modem MiFi, sehingga tidak cocok bahkan tidak bisa digunakan di smartphone. Sedangkan paket internet yang bisa terpasang di smartphone, bisa dipastikan juga bisa digunakan di MiFi. Dari segi paket data, jelas Modem MiFi lebih unggul dibandingkan paket data yang disediakan untuk smartphone.

Pilihan & Harga Perangkat

Untuk smartphone saya yakin sahabat pembaca pasti memilikinya, sehingga saya yakin sahabat tidak membutuhkan lagi referensi harga dari perangkat tersebut. Sedangkan untuk pilihan Modem MiFi All Operator bisa dikatakan cukup terbatas. Dilihat dari ceklist.id terdapat beberapa pilihan Modem MiFi terbaik dengan harga yang menarik dan bervariasi.

Kesimpulan

Apabila sahabat membutuhkan layanan internet dengan memanfaatkan sinyal Wifi yang bisa dibawa kemana-mana, maka saran saya adalah silakan sahabat membeli Modem MiFi. Apabila sahabat terkendala dengan budget atau anggaran keuangan, maka sahabat tetap bisa memanfaatkan smartphone yang sahabat gunakan untuk dijadikan Hotspot. Semoga membantu dan bermanfaat.

Bagus Mana? Modem MiFi Vs Paket Data Smartphone