Pengalaman Refund Uang Dari Lazada

Berawal ketika saya melihat produk-produk di Marketplace Lazada, saya menemukan salah satu produk yang harganya sangat murah karena lagi ada diskon 94%. Produk tersebut tertera harganya sekitar Rp 20.000 dari harga normal Rp 350.000. Saya memberanikan diri untuk membelinya karena saya melihat reviewnya cukup bagus dari para pembeli sebelumnya.

Ada salah satu pembeli yang memberikan reviewnya sempat tidak percaya karena barangnya bagus meski dapat dari Flash Sale dengan diskon 94%. Hal tersebut semakin menguatkan saya untuk tidak ragu mengeluarkan uang untuk barang seharga Rp 20.000 + Ongkos kirim Rp 14.000. Jadi total uang yang saya keluarkan untuk belanja di Lazada adalah Rp 34.000.

Untuk pembayaran di Lazada, kebetulan saya menggunakan Livin’ by Mandiri melalui Virtual Account (VA). Menurut saya, pembayaran di Lazada menggunakan metode pembayaran tersebut terbilang sangat cepat. Kira-kira ga sampai satu menit setelah pembayaran dinyatakan berhasil, halaman konfirmasi pembayaran di Lazada sudah berubah menjadi pemberitahuan yang menyatakan pembayaran sudah selesai.

Setelah 3 hari saya tunggu, status barangnya ternyata masih “diproses penjual” padahal saya lihat penjualnya online atau aktif beberapa saat yang lalu. Karena curiga, akhirnya saya buka kotak masuk (chat) di aplikasi Lazada. Ketika saya buka, baru saya sadari bahwa ternyata penjual dari barang tersebut sudah menghubungi saya agar membatalkan pesanan saya.

Alasan penjual menyuruh saya membatalkan pesanan saya adalah karena penjual tersebut salah input harga. Karena dalam keterangannya penjual tersebut juga menyisipkan permintaan maaf, maka saya tidak terlalu bereaksi dan ya sudah, tidak apa-apa. Setelah membatalkan pemesanan barang, selanjutnya saya melakukan refund uang yang sudah saya setorkan.

Refund di Lazada menurut saya tidak terlalu sulit. Setelah membatalkan pesanan, sahabat akan dibawa ke halaman baru untuk melakukan refund. Saat itu hanya ada dua pilihan metode untuk refund di Lazada, yaitu refund dalam bentuk voucher atau transfer bank. Tentu saja saya lebih memilih untuk refund uang di Lazada ke rekening Bank Mandiri yang saya gunakan untuk membayar sebelumnya.
Dalam proses refund, saya hanya disuruh untuk memasukkan nama lengkap, nama bank, dan juga nomor rekening bank. Setelah selesai proses refund, ada keterangan yang menyebutkan bahwa dana akan dikembalikan sekitar 2-5 hari. Sepertinya tidak sampai 2 hari, ternyata uang yang saya refund dari Lazada sudah masuk ke rekening saya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Refund Uang Dari Lazada