Paket Internet & Nelpon Telkomsel di Arab Saudi

Bagi sahabat pengguna Kartu Telkomsel yang ingin menunaikan ibadah Umroh atau Haji, maka agar komunikasi sahabat tetap terhubung lancar dengan keluarga dan kerabat, sahabat harus membeli paket internet ketika melaksanakan ibadah Haji / Umroh. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara mengaktifkan paket internet Telkomsel di Arab Saudi.

Mungkin ada dari sebagian sahabat pembaca yang bertanya “Apakah bisa Telkomsel digunakan di Arab Saudi?” Sangat bisa, meskipun Telkomsel merupakan penyedia jasa Telekomunikasi yang berada di Indonesia, akan tetapi Telkomsel bisa digunakan di luar negeri (termasuk Arab Saudi dengan layanan Roaming).

Telkomsel memberikan beberapa penawaran dalam paket Haji & Umroh. Ada dua jenis paket yang bisa sahabat beli yaitu paket internet dan paket combo. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk berkomunikasi, akan tetapi dalam paket combo, selain kuota internet didalamnya juga terdapat kuota telepon dan SMS internasional (roaming).

Pilihan Paket Internet Telkomsel Arab Saudi

Ada 3 pilihan paket internet RoaMAX (Umroh & Haji) yang bisa sahabat beli dan gunakan di Arab Saudi dan sekitarnya. Ketiga paket tersebut memiliki masa aktif yang berbeda-beda yaitu 1 Hari, 12 Hari, dan 17 Hari. Berikut adalah pilihan, harga, masa aktif, dan pembagian kuota paket internet RoaMAX Umroh Telkomsel:

Kuota

Masa Aktif

Harga

1GB Booster

1 Hari

Rp 100.000

4GB (Arab Saudi) & 1GB (Non-Arab)

12 Hari

Rp 275.000

8GB (Arab Saudi) & 2GB (Non-Arab)

17 Hari

Rp 375.000


Khusus untuk paket internet 1GB RoaMAX Booster, sahabat bisa menggunakan kuotanya di 103 negara di wilayah Afrika, Amerika, Canada, eropa, Asia, dan Australia, yang melakukan kerja sama dengan Telkomsel. Sedangkan untuk dua paket lainnya yaitu paket internet RoaMax Umroh 5GB dan 10GB hanya bisa sahabat gunakan di Arab Saudi dan negara transit.

Pilihan Paket Combo Telkomsel Arab Saudi

Ada dua paket combo RoaMAX Umroh yang bisa sahabat pilih ketika sahabat melaksanakan ibadah Haji & Umroh. Seperti yang sudah saya sampaikan diawal bahwa dengan menggunakan paket combo, maka sahabat bisa mengakses internet, melakukan panggilan telepon, dan mengirim SMS ke Indonesia. Berikut adalah pilihan, pembagian kuota, dan harga paket combo Telkomsel Arab Saudi:

Kuota

Masa Aktif

Harga

4GB (Arab Saudi), 1GB (Non-Arab), 30 Menit Telepon, dan 30 SMS.

12 Hari

Rp 340.000

8GB (Arab Saudi), 2GB (Non-Arab), 45 Menit Telepon, dan 45 SMS.

17 Hari

Rp 550.000


Kuota internet Arab Saudi hanya bisa sahabat gunakan di area atau wilayah Arab Saudi dan negara transit ketika sahabat melakukan perjalanan. Sedangkan untuk kuota Nelpon dan SMS bisa sahabat gunakan dimana saja ke semua nomor operator di Indonesia. Jadi layanan di paket combo RoaMAX bisa dikatakan lebih lengkap dan harganya tentu saja lebih mahal.

Pilihan Paket TalkMania Umroh

Bagi sahabat yang hanya ingin menggunakan layanan telepon untuk berkomunikasi dengan keluarga ketika melaksanakan ibadah Umroh, maka sahabat bisa memilih paket TalkMania Umroh untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Berikut adalah dua pilihan, kuota nelpon, dan masa aktif paket TalkMania Umroh yang bisa sahabat pilih:

Kuota Nelpon

Masa Aktif

Harga

100 Menit

12 Hari

Rp 250.000

200 Menit

17 Hari

Rp 350.000


Cara Mengaktifkan Paket Internet & Combo Telkomsel Arab Saudi

Ada dua cara yang bisa sahabat lakukan untuk mengaktifkan paket internet maupun paket telepon Telkomsel di Arab Saudi. Cara yang pertama adalah menggunakan aplikasi MyTelkomsel, sedangkan cara yang kedua adalah menggunakan kode dial UMB *266*15#. Sahabat bisa memilih salah satu dari dua cara tersebut yang sahabat anggap paling mudah.

[1] MyTelkomsel

Untuk cara mengaktifkan paket internet dan nelpon di Arab Saudi, maka smartphone yang sahabat gunakan harus terpasang aplikasi MyTelkomsel. Sahabat bisa download aplikasi MyTelkomsel secara gratis melalui Google Play Store (bagi sahabat pengguna Android) dan App Store (bagi sahabat pengguna iOS). Apabila sudah terpasang, berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Buka aplikasi MyTelkomsel, kemudian silakan sahabat pilih menu [Belanja][Roaming][Paket Umroh & Haji].
  • Akan tersedia pilihan paket internet, combo, dan nelpon yang bisa sahabat beli. Pilih salah satu paket yang ingin sahabat beli. Sebagai contoh Paket Internet RoaMAX Umroh 5GB.
  • Pada halaman Detil Paket akan muncul informasi lengkap mengenai paket tersebut. Silakan sahabat pilih tombol [Beli].
  • Selanjutnya sahabat akan dibawa ke halaman Atur Jadwal Pengaktifan. Silakan sahabat pilih kapan paket akan diaktifkan. Selanjutnya pilih tombol [Bayar].
  • Selesaikan pembayaran hingga sahabat mendapatkan notifikasi yang berisi bahwa pembayaran sudah berhasil.

[2] Kode Dial *266*15#

Dengan menggunakan kode dial *266*15# maka sahabat akan mendapatkan pilihan paket yang sudah saya sebutkan di atas. Sahabat bisa mengekplorasi banyak pilihan paket Haji & Umroh dan bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan sahabat. Berikut adalah tutorial membeli Paket Umroh Telkomsel menggunakan dial UMB:
  • Silakan sahabat akses dial UMB *266*15#
  • Kemudian akan tampil 2 jenis pilihan (paket Umroh & Haji). Pilih salah satu jenis paket yang ingin sahabat lihat. Semisal sahabat memilih Paket RoaMAX Umroh, maka sahabat harus memasukkan angka [2].
  • Sahabat akan dibawa ke halaman yang berisi pilihan paket internet, combo, dan juga TalkMania untuk keperluan komunikasi sahabat ketika menjalankan ibadah Umroh. Pilih salah satu paket dengan memasukkan angka yang sesuai dengan paket yang sahabat pilih.
  • Selanjutnya akan muncul halaman konfirmasi yang menginformasikan mengenai kuota dan harga paket. Apabila sahabat setuju, sahabat bisa memasukkan angka [1] untuk membeli paket.
  • Pembayaran akan memotong saldo pulsa yang sahabat miliki.

Catatan Paket Internet Telkomsel di Arab Saudi

Perlu sahabat ketahui bahwa kuota yang sahabat dapatkan dari pembelian paket internet, combo, dan TalkMania Umroh & Haji hanya bisa sahabat gunakan di area yang sudah ditentukan saja (Arab Saudi & Negara Transit). Sedangkan untuk pemakaian di dalam negeri, sepertinya kuota tersebut tidak bisa sahabat gunakan. Semoga membantu dan bermanfaat.

Paket Internet & Nelpon Telkomsel di Arab Saudi