Pengalaman Kirim Sepeda Motor & Paket Dari Bandung Ke Klaten

Karena rencananya pada semester tiga saya akan mengajukan cuti kuliah, maka barang-barang yang berada di kost (Bandung) sengaja akan saya bawa pulang ke rumah orang tua saya yang berada di Klaten. Oleh karena hal tersebut, saya langsung mencari referensi mengenai tarif murah kirim barang yang murah dari Bandung ke Klaten.

Ada banyak jasa pengiriman barang (termasuk motor) yang ditawarkan oleh banyak perusahaan pengiriman barang di Bandung. Dari banyaknya perusahaan tersebut, akhirnya saya memilih untuk menggunakan jasa pengiriman barang Bandung Express. Saya memilih Bandung Express karena kalau saya bandingkan dengan penyedia jasa pengiriman barang lainnya, harganya lebih murah.
Untuk pengiriman sepeda motor dari Bandung ke Klaten menggunakan layanan pengiriman barang Bandung Express tarifnya adalah Rp 375.000. Rinciannya adalah Rp 350.000 untuk jasa pengiriman sepeda motor dan Rp 25.000 untuk biaya packing seperti pemberian kardus di bagian body motor untuk meminimalisir terjadinya goresan selama perjalanan.

Oh iya, untuk biaya Rp 375.000 pengiriman sepeda motor dari Bandung ke Klaten adalah tarif untuk sepeda motor Honda Beat. Untuk pengiriman sepeda motor jenis lain tentunya bisa berbeda-beda tarifnya tergantung dari spesifikasi motornya. Meski demikian, saya yakin bedanya tidak jauh-jauh amat dari harga Rp 375.000.

Untuk barang-barang yang saya masukkan ke dalam 2 koper dan 3 kardus berat totalnya adalah 42Kg. Untuk pengiriman paket dari Bandung ke Klaten dengan berat total 42Kg, uang yang harus saya keluarkan adalah Rp 72.000. Hitungannya adalah Rp 35.000 untuk 5Kg pertama, sedangkan untuk sisanya dihitung Rp 1000 per Kg nya.

Untuk mengirimkan barang dari Bandung ke Klaten menggunakan Bandung Express, maka sahabat harus membawa langsung barang (termasuk motor) yang akan dikirimkan ke kantor pusat. Untuk alamat kantor pusat di Bandung, sahabat bisa membawa barang yang akan dikirimkan ke kantor pusat Bandung Express di Jalan Peta No. 261, Suka Asih, Bojongloa Kaler.

Khusus untuk pengiriman motor melalui Bandung Express, sahabat perlu menunjukkan STNK dari kendaraan yang akan dikirimkan. Sahabat juga bisa menitipkan surat-surat berharga dari motor tersebut seperti STNK & BPKB. Apabila sahabat ingin mengirimkan Helm, maka tenang saja karena sahabat bisa menitipkannya gratis tanpa biaya tambahan.

Proses pengiriman sepeda motor dan barang dari Bandung ke Klaten melalui Bandung Express dibutuhkan waktu 1 – 2 hari. Berdasarkan pengalaman saya, tidak sampai 24 Jam barang dan motor yang saya kirimkan dari Bandung sudah sampai di Klaten. Jadi saya mengirimkan hari Senin Jam 17.00 kemudian saya ditelpon Bandung Express hari Selasa Jam 08.00 bahwa barang sudah sampai.

Untuk mengambil barang kiriman Bandung Express di Klaten, maka sahabat bisa datang langsung ke logistic Bandung Express yang posisinya berada di belakang Masjid Al Aqsa Klaten. Lebih tepatnya adalah di Kios Nomor 5 Jonggrangan Klaten (dulu terminal lama). Jangan lupa untuk mengambil barang tersebut, sahabat membawa barang bukti berupa kwitansi pembayaran (apabila diperlukan).

Oh iya, ketika sahabat mengirimkan sepeda motor dari Bandung ke Klaten menggunakan Bandung Express, maka bensin di sepeda motor yang akan dikirimkan dikosongkan oleh petugas pengiriman barang. Oleh karena hal tersebut, maka saya sarankan agar sahabat tidak perlu mengisi bensin dalam jumlah yang banyak apabila motornya akan dikirimkan.

Apabila sahabat ingin mengirimkan barang melalui Bandung Express, maka saya sarankan agar sahabat membawa paket yang akan dikirimkan ke kantor pusat Bandung Express sebelum jam 17.00. Apabila sahabat mengirimkan barang sebelum jam 17.00, maka besar kemungkinan barang tersebut akan sampai di Klaten kurang dari 24 Jam. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Kirim Sepeda Motor & Paket Dari Bandung Ke Klaten