Mengenal Paket Internet Sakti Telkomsel

Telkomsel kembali menawarkan paket internet yang dinamakan dengan Internet Sakti. Apakah Paket Internet Sakti Telkomsel benar-benar sakti sesuai dengan namanya? Baiklah, untuk membuktikan seberapa saktinya paket tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas khusus mengenai Paket internet Sakti Telkomsel.

Pengertian

Paket Internet Sakti adalah paket internet khusus yang diberikan kepada pelanggan kartu prabayar Telkomsel terpilih. Jadi paket tersebut tidak bisa dinikmati oleh semua pelanggan Telkomsel prabayar di Indonesia, melainkan hanya bisa diaktifkan oleh sebagian sahabat yang mendapatkan penawaran paket tersebut.

Pembagian Kuota & Manfaatnya

Kuota yang diberikan dalam Paket Internet Sakti Telkomsel dibagi menjadi dua jenis yaitu kuota internet reguler dan kuota nonton atau aplikasi. Tentu saja dengan dibaginya kuota dalam paket internet sakti Telkomsel, maka fungsi dari masing-masing kuota tersebut juga akan memiliki perbedaan. Berikut adalah fungsi dari kuota internet sakti Telkomsel:
  • Internet reguler yang bisa sahabat gunakan untuk mengakses aplikasi dan konten internet apa saja. Selama kuota internet reguler masih tersedia, maka bisa dipastikan bahwa kenyamanan sahabat dalam mengakses internet akan terjamin. Selain itu pulsa reguler sahabat juga tidak akan berkurang ketika mengakses internet karena pasti yang akan terpakai kuota internet utama.
  • Kuota Nonton / Aplikasi yang hanya bisa sahabat gunakan untuk mengakses beberapa aplikasi yang sudah ditentukan oleh Telkomsel sebelumnya. Aplikasi tersebut adalah LINE, WhatsApp, MusicMAX, GamesMAX, Facebook, Instagram, YouTube, TikTok, Disney+ Hotstar, VIU, Netflix, Lionsgate Play, Amazone Prime Video, Vidio, dan Zoom.

Cara Mengaktifkan

Untuk mengaktifkan Paket Internet Sakti Telkomsel caranya sangat mudah. Ada dua cara yang bisa sahabat lakukan yaitu menggunakan kode dial UMB *363# dan juga bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel yang bisa sahabat download gratis melalui Google Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna iOS).

Kode Dial UMB

  • Silakan sahabat hubungi nomor *363# menggunakan HP yang sahabat gunakan.
  • Akan tampil beberapa pilihan Paket Internet Sakti. Masukkan angka (1, 2, 3, atau lainnya) untuk memilih paket yang ingin sahabat beli.
  • Akan muncul info dari operator untuk mengkonfirmasi apakah sahabat akan membeli Paket Internet Sakti dengan kuota dan harga yang sudah dipilih. Masukkan angka 1 (Beli) untuk mengaktifkan paket.
  • Selesaikan pembelian paket hingga sahabat mendapatkan notifikasi yang berisi bahwa Paket Sakti Telkomsel sudah aktif dan kuotanya bisa digunakan.

MyTelkomsel

  • Buka aplikasi MyTelkomsel, selanjutnya silakan sahabat pilih menu [Belanja][Internet][Internet Sakti]. Silakan sahabat pilih salah satu paket Internet Sakti yang ingin sahabat beli.
  • Pada halaman Detil Paket, silakan sahabat pilih tombol [Beli] untuk mengaktifkan Paket Internet Sakti.
  • Silakan sahabat pilih salah satu metode pembayaran, selanjutnya silakan sahabat pilih tombol [Bayar].
  • Apabila berhasil, maka sahabat akan mendapatkan pemberitahuan berupa SMS yang menginformasikan bahwa pembelian paket berhasil.

Cara Menggunakan

Tidak ada cara khusus untuk menggunakan kuota internet reguler dan kuota aplikasi (nonton) yang terdapat dalam Paket Internet Sakti. Setelah paket aktif, maka kuota internet dan kuota aplikasi (nonton) dari paket tersebut bisa langsung digunakan. Mungkin yang sering menjadi pertanyaan adalah Bagaimana urutan prioritas dari penggunaan kuota?

Apabila sahabat memiliki beberapa kuota internet Telkomsel dalam waktu yang bersamaan setelah mengaktifkan Paket Internet Sakti, maka urutan prioritas penggunaannya adalah kuota malam (jika ada), kuota 4G (jika ada), kuota aplikasi, kuota lokal semua jaringan (kalau ada), kuota reguler lain dengan masa aktif lebih pendek (jika ada), dan kuota internet utama (reguler) Internet Sakti.

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan dari Paket Internet Sakti Telkomsel adalah kuota internet utama yang diberikan lebih banyak dibandingkan dengan kuota nonton (aplikasi). Apabila dilihat dari prioritas penggunaan kuota, maka juga bisa diketahui bahwa prioritas penggunaan kuota yang diberlakukan oleh Telkomsel tidak merugikan pengguna Paket Internet Sakti.

Sedangkan kekurangan dari Paket Internet Sakti adalah tidak semua nomor prabayar Telkomsel di seluruh Indonesia bisa menikmati paket tersebut. Hanya nomor-nomor tertentu saja yang bisa mengaktifkan paket tersebut. Selain itu, kekurangan lainnya adalah harga dan kuota yang diberikan oleh Telkomsel kepada pelanggannya dalam paket internet sakti juga berbeda-beda.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang sudah saya sampaikan di atas, maka secara subjektif saya bisa menyimpulkan bahwa sebutan untuk Paket Internet Sakti adalah tidak tepat. Hal yang membuat saya mengatakan bahwa paket tersebut biasa saja adalah karena apabila dilihat dari harga dan pembagian kuota tidak ada yang spesial. Sekali lagi, itu penilaian Subjektif saya ya…

Catatan

Banyaknya pilihan paket internet, aplikasi, dan combo yang ditawarkan oleh Telkomsel membuat sahabat pengguna kartu Telkomsel pastinya akan lebih senang sekaligus bingung karena dihadapkan dengan banyak pilihan paket. Senang karena banyak pilihan paket yang bisa dipilih dan sekaligus bingung dalam memenentukan pilihan paket yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Agar tidak bingung dalam memilih paket, saya akan selalu berusaha untuk menyajikan informasi mengenai isi (kuota), kelebihan, kekurangan, dan lainnya dari setiap paket yang dikeluarkan oleh Telkomsel. Sahabat bisa melihat bermacam informasi, tips, dan trik yang berhubungan dengan provider Telkomsel di Blog ini pada label [Telkomsel]. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal Paket Internet Sakti Telkomsel