Kaget! Dapat Tambahan Kuota 16GB Misterius Dari XL

Tidak saya duga dan tidak saya ketahui caranya. Hal tersebut adalah ungkapan yang ingin saya katakan kemarin pagi. Bagaimana tidak? Hanya dalam hitungan jam, kuota internet di nomor XL saya tiba-tiba bertambah 16GB. Bagi saya kuota tersebut terbilang sangat banyak, mengingat kuota internet saya dari Paket XTRA Combo Plus 12GB hanya 10GB.
Kuota yang diberikan tidak langsung 16GB akan tetapi terbagi menjadi tiga yaitu 5GB + 3GB + 8GB dengan keterangan 24Jam di semua jaringan – Area. Adanya keterangan tersebut menjelaskan bahwa kuota internet yang diberikan kepada saya tersebut merukan kuota lokal yang hanya bisa digunakan di area atau wilayah tertentu.

Ada Keanehan

Awalnya saya mengaktifkan promo Paket XTRA Combo Plus 12GB dengan harga Rp 14.800 di Bandung. Adapun benefit yang saya dapatkan adalah kuota internet 10GB dan kuota lainnya yang bisa sahabat ketahui dengan membaca tulisan saya sebelumnya [Auto Beli! Promo XTRA Combo Plus 12GB Hanya Rp 14.800].

Keanehan terjadi ketika saya melakukan perjalanan dari stasiun Kiaracondong Bandung (Jawa Barat) menuju stasiun Klaten (Jawa Tengah). Beberapa kali ketika kereta berada dalam posisi berjalan, saya mencoba untuk cek kuota internet menggunakan aplikasi myXL. Yang membuat aneh adalah kuota tambahannya jumlahnya berubah-ubah.

Kuota Bisa Digunakan

Yang menarik dan membuat saya senang adalah ketika kuota internet tambahan tersebut bisa langsung digunakan untuk mengakses internet. Dengan begitu, otomatis kuota internet utama saya untuk sementara tidak terpakai. Yang membuat saya memuji XL Axiata adalah prioritas penggunaan kuota yang mengutamakan penggunaan kuota internet lokal dibanding kuota internet utama.

Aneh Tapi Nyata

Setelah saya cari-cari penyebab munculnya kuota tambahan 16GB di nomor XL saya, akhirnya saya menemukan titik terang. Setelah saya cek harga dan benefit dari Paket XTRA Combo Plus, ternyata benefit yang diberikan ketika membeli paket tersebut disetiap daerah berbeda-beda. Jadi banyaknya kuota internet yang akan sahabat dapatkan tergantung dari dimana daerah mengaktifkannya.

Sebagai contoh, apabila sahabat membeli XTRA Combo Plus 12GB di Kota Bandung, maka sahabat tidak akan mendapatkan tambahan kuota lokal 16GB, sedangkan apabila sahabat membeli paket tersebut di Daerah Klaten, maka sahabat akan mendapatkan tambahan kuota lokal sebesar 16GB. Tentu saja apabila sahabat membeli di daerah lain sangat berpotensi berbeda hasilnya.

Sekali lagi yang membuat saya ‘takjub’ dengan XL adalah ketika saya mengaktifkan paket XTRA Combo Plus di Bandung (tidak mendapatkan benefit tambahan kuota lokal), akan tetapi ketika saya pindah lokasi ke Klaten, XL memberikan benefit tambahan kuota lokal sebesar 16GB ke saya yang bisa saya gunakan di Klaten.

Kesimpulan

Hal yang sangat unik dari kejadian yang saya alami (bertambahnya kuota internet 16GB) adalah ketika saya tetap mendapatkan benefit kuota internet lokal tersebut meskipun saya sebenarnya ‘tidak berhak’ untuk mendapatkannya. Normalnya saya tidak akan mendapatkan tambahan kuota lokal karena saya mengaktifkan paketnya di Bandung.

Biasanya apabila saya membeli paket tertentu yang terdapat kuota lokal di daerah lain, kemudian saya pindah ke daerah lain ketika paket tersebut masih aktif, maka kuota lokal yang saya miliki tidak bisa saya gunakan. Kali ini saya benar-benar memuji bahwa ini adalah sesuatu yang menarik dari XL. Semoga bukan Bugs dan bukan suatu hal yang kebetulan. Semoga membantu dan bermanfaat.

Kaget! Dapat Tambahan Kuota 16GB Misterius Dari XL