Cara Merubah Tanggal dan Zona Windows 11

Setelah pindah dari Merauke ke Bandung untuk melaksanakan kuliah, ada hal yang sedikit aneh pada laptop Lenovo IdeaPad C340 saya. Secara umum lainnya tidak berubah, akan tetapi ketika diperhatikan dengan seksama, ternyata yang berubah adalah Jam pada laptop saya yang memiliki selisih dua jam dengan waktu di Bandung.

Hal yang membuat Jam pada Windows 11 saya berubah adalah karena adanya perbedaan zona waktu antara Merauke yaitu WIT (Waktu Indonesia Timur) dan Bandung yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat). Selisih waktu antara WIB dan WIT adalah 2 Jam, sehingga apabila saat ini di Bandung adalah Pukul 21.00 WIB, maka di Merauke saat ini adalah Pukul 23.00 WIT.

Untuk mengatur atau merubah Jam dan Zona waktu di Windows 11 tdak terlalu sulit. Hanya saja apabila sahabat baru awal menggunakan OS tersebut, maka sangat mungkin sahabat akan cukup kesulitan untuk melakukannya. Berikut adalah tutorial cara merubah tanggal dan zona waktu pada Windows 11:
  • Buka Windows, kemudian pilih [Settings].
  • Langkah selanjutnya adalah pilih menu [Time & Language], kemudian pilih menu [Date & Time].
  • Pada Set time automatically silakan disetting [On], sedangkan untuk Time Zone silakan pilih waktu yang sesuai dengan daerah sahabat. Karena saya berada di Bandung (WIB), maka saya memilih (UTC+7:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.
  • Selesai, waktu atau Jam di Windows 11 saya sudah sesuai dengan tempat saya yaitu Bandung.

Bagaimana kalau saya berada di Makassar yang menggunakan WITA (Waktu Indonesia Tengah)? Kalau sahabat berada di Makassar, maka sahabat bisa memilih Time Zone (UTC+8:00) Perth atau lainnya yang penting UTC+8:00. Apabila berada di Maluku atau Papua (WIT), maka sahabat bisa memilih Time Zone (UTC+9:00) Seoul atau lainnya yang penting (UTC+9:00).

Sangat mudah kan? Bagi sahabat yang saat ini laptopnya masih menggunakan OS Windows 10, selama laptop sahabat memenuhi kriteria minimal untuk upgrade ke Windows 11 maka suatu saat akan muncul notifikasi di laptop sahabat bahwa update Windows 11 tersedia dan tentu saja sahabat bisa upgrade OS Windows di laptop sahabat. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Merubah Tanggal dan Zona Windows 11