Pengalaman Penerbangan Merauke bandung Transit Makassar

Hari ini saya melakukan perjalanan yang bisa dikatakan cukup jauh yaitu perjalanan via udara dari Bandara Mopah (Merauke) ke Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar), kemudian dilanjutkan perjalanan ke Bandara Husein Sastranegara (Bandung). Apabila ditotal, perjalanan tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 8,5 Jam. Rinciannya adalah sebagai berikut:
  • Merauke – Makassar: 3,5 Jam
  • Transit Makassar: 3 Jam
  • Makassar – Bandung: 2 Jam

Maskapai yang saya gunakan dalam perjalanan dari Merauke ke Bandung adalah Lion Air, karena hingga saat ini yang menyediakan rute perjalanan Merauke ke Bandung hanya maskapai tersebut. Kebetulan perjalanan yang saya lakukan hari ini bisa dikatakan lancar karena tidak ada delay seperti yang cukup sering saya alami ketika menggunakan layanan maskapai tersebut.

Sebenarnya ada dua rute yang bisa digunakan untuk melakukan perjalanan dari Merauke ke Bandung yaitu yang pertama adalah Merauke – Makassar - Bandung, sedangkan yang kedua adalah Merauke – Jayapura – Makassar – Bandung. Kedua rute tersebut akan sampai di Bandung bersamaan karena perjalanan dari Makassar ke Bandung menggunakan pesawat yang sama.
Suasana transit di Makassar

Untuk harga tiket penerbangan dari Merauke ke Bandung transit Makassar, ketika saya beli 3 hari yang lalu (18 Desember 2021) harganya adalah Rp 3,7 Juta. Sedangkan harga tiket penerbangan Merauke – Bandung transit Jayapura dan Makassar harganya adalah Rp 3,4 Juta. Meski lebih mahal, saya pilih yang pertama karena waktunya terbilang lebih singkat dan transit hanya 1 kali.

Jadi kalau menggunakan penerbangan Merauke – Bandung transit Jayapura dan Makassar, maka perjalanan dimulai sekitar Jam 10.00 WIT, sedangkan apabila menggunakan penerbangan Merauke – Bandung transit Makassar maka perjalanannya dimulai Jam 12.00 WIT. Dengan hanya transit 1 kali, menurut saya bisa mengurangi rasa capek yang disebabkan harus naik dan turun pesawat.

Saya tiba di Bandara Husein Sastranegara sekitar pukul 06.30 WIB. Setelah mengambil bagasi, selanjutnya saya mencoba mencari Taxi online melalui aplikasi Grabcar dan Gocar. Setelah saya bandingkan, ternyata harga Gocar hanya sekitar 50 Ribu sedangkan Grabcar sekitar 90 Ribu dengan tujuan yang sama yaitu sekitar kampus UPI (Universitas Pendidikan Indonesia).

Karena lebih murah, tentu saja saya lebih memilih untuk pesan Gocar. Ada salah satu penyedia jasa Taxi online bandara yang mengatakan bahwa Gocar di-blacklist di Bandara Husein Sastranegara, akan tetapi pada kenyataannya mobil dari Gocar bisa masuk bandara dan bisa menjemput saya tepat didepan lobi keluar Bandara. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Penerbangan Merauke bandung Transit Makassar