Cara Mengaktifkan Fitur Disappearing Messages WhatsApp

Kalau sebelumnya saya sudah mengenalkan mengenai [Fitur Disappearing Messages Aplikasi WhatsApp], maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara untuk mengaktifkan fitur tersebut. Sebagai informasi bahwa dalam Bahasa Indonesia, Disappearing Messages WhatsApp memiliki arti yang sama dengan pesan yang hilang atau pesan sementara.

Oh iya, tulisan ini sebenarnya merupakan respon saya kepada pembaca di blog ini yang sebelumnya memberikan komentar dan bertanya mengenai cara mengaktifkan fitur Disappearing Messages Aplikasi WhatsApp (WA). Langsung saja, berikut adalah tutorial atau cara untuk mengaktifkan layanan pesan yang akan hilang secara otomatis di aplikasi WA:
  • Buka aplikasi pesan WhatsApp, kemudian silakan sahabat pilih kontak yang akan sahabat aktifkan fitur Disappearing WA. Caranya adalah buka kontak tersebut, kemudian pilih pojok kanan (tanda 3 titik).
  • Selanjutnya pilih menu [Lihat Kontak].
  • Silakan sahabat pilih menu [Pesan Sementara].
  • Aktifkan fitur Disappearing Messages dengan cara memilih radio button [Nyala].
  • Akan terlihat informasi pada halaman chat yang memberitahukan bahwa layanan pesan sementara sudah aktif.

Apabila sahabat ingin menonaktifkan Pesan Sementara, sahabat bisa melakukannya hampir sama dengan langkah-langkah yang sudah saya sebutkan di atas. Hanya saja bedanya adalah sahabat tinggal menonaktifkannya dengan memilih radio button [Mati]. Begitu juga sebaliknya apabila sahabat ingin mengaktifkan menu tersebut, sahabat tinggal merubahnya lagi.

Fitur Disappearing WA bukan hanya bisa digunakan untuk personal chat, akan tetapi juga bisa digunakan di Group chat. Meski demikian ada syaratnya yaitu sahabat merupakan pengelola atau admin dari Group chat WA tersebut. Tentu saja dengan fitur tersebut, maka sahabat tidak perlu repot-repot untuk membersihkan percakapan WA yang menumpuk.

Saat ini fitur layanan Pesan Sementara pada aplikasi WhatsApp hanya memberikan satu pilihan yaitu pesan akan terhapus setelah 7 hari. Sebenarnya WhatsApp sudah melakukan uji coba layanan Disappearing pesan WA yang bisa diatur selama 1 Hari, 7 Hari, dan 90 Hari, akan tetapi saat ini belum tersedia bagi pengguna aplikasi WA di Indonesia. Semoga segera hadir dan bermanfaat.

Cara Mengaktifkan Fitur Disappearing Messages WhatsApp