Mengenal Fitur Disappearing Messages Aplikasi WhatsApp

Sebagai aplikasi pesan cepat yang saat ini paling banyak digunakan di seluruh Dunia (termasuk Indonesia), tentunya WhatsApp tidak ingin ditinggalkan oleh penggunanya. Untuk memastikan aplikasi yang dibangun dan dikembangkannya tersebut tetap mendapatkan respon positif dari penggunanya, WhatsApp senantiasa menambahkan fitur baru demi kenyamanan pengguna.
Kalau sebelumnya dalam beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas mengenai fitur Kirim Gambar Sekali Lihat (View Once), selanjutnya WhatsApp kembali mengeluarkan fitur baru yang dinamakan dengan Pesan Hilang Otomatis atau Disappearing Messages. Menariknya pengguna bisa setting kapan pesan tersebut akan terhapus.

Ada 3 pilihan waktu yang disediakan WhatsApp kepada penggunanya dalam fitur Disappearing Messages WA. Tentu saja dengan pilihan tersebut, maka sahabat bisa lebih menyesuaikan dengan pilihan mana yang paling cocok dengan keinginan sahabat ketika ingin mengirimkan pesan yang bisa terhapus secara otomatis. Berikut adalah ketiga pilihannya:
  • 1 Hari (24 Jam)
  • 7 Hari (1 Minggu)
  • 90 Hari (3 Bulan)

Bagaimana kalau saya tidak ingin menghapus pesannya? Ya tidak masalah, selain ketiga opsi waktu untuk menghilangkan pesan secara otomatis yang saya sebutkan di atas, tentu saja sahabat juga bisa mengatur agar pesan WhatsApp yang berupa pesan pribadi ataupun pesan Group tidak hilang. Tenang saja, ada pilihan pengaturan menonaktifkan layanan Disappearing Messages aplikasi WhatsApp.

Apa manfaatnya Disappearing Messages pada aplikasi WhatsApp? Bisa jadi privasi adalah salah satu alasan dari WhatsApp untuk memberikan layanan tersebut kepada penggunanya. Tentunya ada beberapa orang yang memiliki keinginan agar pesannya tersebut hanya bisa tampil dalam waktu tertentu, sehingga kalau pesan tersebut dianggap sudah kedaluwarsa, maka akan hilang dengan sendirinya.

Sebagai contoh sahabat ingin membagikan undangan atau informasi suatu kegiatan yang akan berlangsung satu minggu lagi. Tentunya sahabat bisa atur pesan tersebut agar setelah satu minggu, pesan tersebut akan hilang dengan sendirinya. Dengan demikian, maka pesan yang dikirimkan tersebut akan lebih efektif dan bisa mengantisipasi adanya salah informasi dari penerima informasi.

Fitur pesan hilang secara otomatis pada aplikasi WhatsApp juga bisa sahabat manfaatkan untuk menghemat memori di smartphone yang sahabat gunakan. Sebagai informasi bahwa banyaknya aktivitas percakapan di Aplikasi WhatsApp, kalau tidak dihapus maka pesan tersebut lama-lama akan menumpuk dan hanya akan membebani memori saja. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal Fitur Disappearing Messages Aplikasi WhatsApp