Mengenal Fitur WhatsApp Kirim Gambar Sekali Lihat (View Once)

Dari waktu ke waktu, developer aplikasi pesan cepat WhatsApp berupaya menambahkan fitur yang diharapkan bisa bermanfaat dan membantu penggunanya. Salah satu layanan atau fitur baru yang dikeluarkan oleh aplikasi yang identik dengan warna hijau tersebut adalah View Once. Apa itu layanan View Once WhatsApp? Kemudian, Apa manfaatnya? Oke langsung aja sahabat simak.

Pengertian

Fitur View once adalah layanan yang memungkinkan penggunanya bisa kirim pesan gambar atau video kesesama pengguna aplikasi WhatsApp, dimana pesan tersebut akan hilang setelah dilihat satu kali oleh penerimanya. Jadi setelah penerima pesan tersebut melihat gambar atau video yang sahabat kirimkan, selanjutnya pesan tersebut akan hilang dan tidak bisa dilihat lagi.

Fungsi

Sebagai pengguna, saya melihat fungsi dari fitur View once adalah lebih kepada seru-serua aja. Saya belum menemukan fungsi yang urgent dari layanan tersebut, akan tetapi salah satu hal positif yang bisa diambil dari fitur tersebut adalah setidaknya akan lebih menghemat memori HP penerima karena kalau terlalu banyak file gambar dan video, akhirnya hanya akan memenuhi memori.

Cara Menggunakan

Untuk mengirim pesan gambar sekali lihat (view once) di aplikasi WhatsApp caranya sangat mudah. Berikut adalah tutorial langkah-langkahnya:
  • Buka chat individual atau group, kemudian silakan sahabat pilih [lampirkan].
  • Selanjutnya, silakan sahabat mengambil gambar atau video melalui gallery ataupun langsung membuat foto atau video menggunakan kamera.
  • Kemudian silakan sahabat pilih ketuk angka 1 (seperti gambar di bawah).
  • Langkah selanjutnya adalah pilih tombol kirim (seperti gambar di atas). Selanjutnya, tampilan di HP pengirim adalah seperti berikut ini.
  • Pesan once view yang sahabat buat sudah selesai dibuat.

Catatan

Ada beberapa hal yang harus sahabat ketahui sebelum sahabat memutuskan untuk mencoba fitur View once pada aplikasi WhatsApp. Berikut adalah hal-hal yang cukup penting berkaitan dengan fitur pesan WhatsApp “sekali lihat”:
  • Pesan Gambar atau Video yang dikirim tidak akan tersimpan di Foto atau Galeri HP penerima.
  • Pengirim juga tidak akan melihat lagi foto ata video yang dikirimnya.
  • Pesan tersebut juga tidak dapat diteruskan (forward), disimpan, ditandai bintang, dan dibagikan.
  • Pengirim hanya bisa melihat apakah penerima sudah membuka foto atau video jika penerima menyalakan laporan dibaca.
  • Jika pesan tersebut tidak dilihat setelah 14 hari dikirim, maka pesan tersebut otomatis akan kedaluwarsa.
  • Pesan ini dapat dipulihkan (restore) dari cadangan (backup) apabila pesan tersebut belum dibuka pada saat pencadangan dilakukan. Sebaliknya, apabila pesan tersebut sudah dibuka, maka pesan tersebut tidak bisa dibackup dan direstore.

Sebagai informasi tambahan bahwa fitur pesan view once (gambar sekali lihat) WA bisa dilihat berkali-kali oleh sahabat penerima pesan dengan trik sederhana. Cara untuk melihat gambar berkali-kali pada pesan view once adalah dengan cara screenshot atau merekam pesan tersebut menggunakan aplikasi atau kamera dari HP lain. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal Fitur WhatsApp Kirim Gambar Sekali Lihat (View Once)