Bagus Mana? Telkomsel Orbit vs IndiHome

Hadirnya Telkomsel Orbit memberikan alternatif pilihan kepada pengguna internet di Indonesia yang menginginkan layanan internet rumah. Sebelumnya Telkom Indonesia sudah menawarkan layanan internet rumah melalui produknya yang diberi nama IndiHome. Kalau disuruh milih antara Telkomsel Orbit vs IndiHome, sahabat pilih mana?
Tentunya bukan tanpa pertimbangan ketika Telkom Indonesia mengeluarkan produk Telkomsel Orbit. Meski sama-sama merupakan internet rumahan, akan tetapi kedua produk Telkom ini memiliki sasaran pelanggan yang berbeda. Ingin melihat perbedaan dari kedua produk tersebut? berikut akan saya berikan gambaran Telkomsel Orbit vs IndiHome.

Jenis Produk

Telkomsel Orbit merupakan produk prabayar, sedangkan IndiHome merupakan produk pascabayar. Itu artinya bahwa untuk menikmati layanan di Telkomsel Orbit, maka sahabat harus membeli kuota terlebih dahulu. Sedangkan untuk menikmati layanan internet IndiHome, sahabat bisa menggunakan layanannya terlebih dahulu, kemudian setiap bulan sahabat wajib melakukan pembayaran tagihan.

Layanan

Sama sama memberikan layanan akses internet rumah, akan tetapi kedua produk tersebut memiliki perbedaan dalam hal installasi perangkatnya. IndiHome menggunakan layanan internet kabel, sedangkan Telkomsel Orbit menggunakan layanan internet tanpa kabel atau lebih sederhananya menggunakan sinyal jaringan internet seluler.

Jadi untuk menggunakan layanan Telkomsel Orbit, instalasinya akan lebih mudah dan sederhana dibandingkan menggunakan layanan IndiHome. Sahabat hanya perlu membeli Modem Telkomsel Orbit kemudian dipasang Sim card. Sedangkan untuk instalasi IndiHome, sahabat membutuhkan ahli untuk pemasangan internet kabel di rumah sahabat.

Biaya

Dilihat dari biayanya, bisa dipastikan bahwa biaya minimal untuk menggunakan Telkomsel Orbit akan lebih murah dibandingkan biaya bulanan IndiHome. Saat ini, dengan Rp 65.000 maka sahabat sudah bisa membeli kuota internet Telkomsel Orbit yang memiliki masa aktif 30 Hari. Sedangkan untuk menikmati IndiHome maka sahabat harus mengeluarkan lebih dari Rp 100.000/bulan.

Kuota Internet

IndiHome menawarkan akses internet unlimited dengan FUP, sedangkan saat ini Telkomsel Orbit menawarkan kuota internet (non-unlimited). Kalau dilihat dari segi kuota internet, bisa saya katakan bahwa IndiHome lebih unggul apabila dibandingkan dengan Telkomsel Orbit (meskipun ada FUP yang membuat kecepatannya diturunkan).

Kecepatan

Kecepatan yang akan sahabat dapatkan ketika menggunakan Telkomsel Orbit tergantung dari sinyal dan kualitas jaringan Telkomsel yang berada di daerah sahabat. Apabila di daerah sahabat tercover jaringan 4G atau bahkan 5G, pastinya sahabat akan bisa menikmati layanan internet dengan kecepatan yang cukup kencang tanpa adanya penurunan kecepatan.

Sedangkan apabila sahabat menggunakan IndiHome, maka kecepatan maksimal yang akan sahabat dapatkan tergantung dari paket yang sahabat beli. Semakin mahal paket yang sahabat beli, maka semakin cepat juga kecepatan yang akan sahabat dapatkan. Meski ada FUP pada paket unlimited IndiHome, akan tetapi kecepatannya tetap cukup baik setelah penggunaan kuota tertentu.

Hemat

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa dengan berlangganan layanan IndiHome, maka sahabat akan bisa menikmati internet unlimited tanpa memikirkan kuota. Tentu saja hal tersebut cukup menguntungkan atau akan lebih hemat bagi sahabat yang memiliki kebutuhan akses internet yang cukup banyak.

Sedangkan apabila kebutuhan internet sahabat kurang dari 100GB setiap bulannya, saya kira dengan menggunakan layanan Telkomsel Orbit sahabat bisa lebih hemat. Intinya adalah hemat mana antara Telkomsel Orbit atau IndiHome, maka itu semua adalah tergantung dari kebutuhan internet bulanan sahabat dalam satu bulannya.

Kesimpulan

Baik Telkomsel Orbit maupun IndiHome memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena hal tersebut maka sebelum sahabat memutuskan untuk menggunakan salah satu layanan internet rumah tersebut, sahabat harus sesuaikan dengan style dan kebutuhan internet bulanan sahabat. Semoga membantu dan bermanfaat.

Bagus Mana? Telkomsel Orbit vs IndiHome