Cara Membayar BPJS Kesehatan Menggunakan ShopeePay

Bagi sahabat yang memiliki saldo cukup banyak di e-Wallet ShopeePay, kemudian ingin membayar tagihan (iuran) BPJS kesehatan, maka sahabat bisa melakukannya dengan mudah. Untuk membayar tagihan BPJS menggunakan dompet digital ShopeePay caranya sangat mudah, yaitu sahabat tinggal membuka aplikasi Shopee yang sudah terpasang di HP yang sahabat gunakan.

Karena kebetulan saya kemarin membayar tagihan iuran BPJS Kesehatan untuk ibu dan adik-adik saya menggunakan ShopeePay, maka pada kesempatan kali ini akan saya bagikan tutorial cara mudah untuk membayar BPJS kesehatan menggunakan ShopeePay. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Buka aplikasi Shopee, selanjutnya pilih menu [Pulsa, Tagihan & Hiburan].
  • Pada halaman Pulsa, Tagihan & Hiburan, silakan sahabat pilih menu [BPJS].
  • Selanjutnya silakan sahabat masukkan No. VA Keluarga (nomor yang tertera di kartu BPJS). Pilih juga pembayaran akan dilakukan sampai kapan (kebetulan saya hanya bayar sampai bulan ini). Kalau sahabat memiliki Voucher, bisa sahabat pilih salah satu voucher yang tersedia. Kemudian pilih tombol [Lihat Tagihan].
  • Sahabat akan dibawa ke halaman BPJS yang berisi informasi mengenai data BPJS yang akan sahabat bayarkan. Kalau menurut sahabat datanya sudah benar, silakan sahabat pilih tombol [Lanjut].
  • Langkah selanjutnya, pada halaman Checkout silakan sahabat pilih [Metode Pembayaran] dahulu.
  • Pada halaman Metode Pembayaran, silakan sahabat pilih [ShopeePay] kemudian pilih tombol [KONFIRMASI].
  • Selanjutnya sahabat akan dibawa kembali ke halaman Checkout. Pada halaman tersebut, silakan sahabat pilih tombol [Bayar Sekarang].
  • Akan muncul halaman bahwa pembayaran tagihan / iuran BPJS Kesehatan sudah selesai dibayar. Apabila sahabat ingin melihat rinciannya, sahabat bisa memilih tombol [Lihat Rincian Pesanan].
  • Pembayaran tagihan BPJS Kesehatan menggunakan ShopeePay sudah selesai. Mudah kan?

Sahabat juga bisa membayar iuran BPJS Kesehatan melalui dompet digital lainnya seperti DANA. Bagi sahabat yang ingin membayar tagihan BPJS Kesehatan menggunakan DANA, sahabat bisa membaca langkah tutorialnya dalam tulisan saya sebelumnya yang berjudul [Cara Membayar Iuran BPJS Menggunakan DANA].


Jujur saja saya adalah pengguna ShopeePay yang baru. Meski saya sudah menggunakan aplikasi Shopee dalam kurun waktu yang cukup lama, akan tetapi saya baru Isi Saldo e-Wallet ShopeePay menggunakan BNI Mobile Banking beberapa hari yang lalu. Saya sengaja mengisi saldo ShopeePay karena mendapatkan promo gratis ongkir. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Membayar BPJS Kesehatan Menggunakan ShopeePay