Obyek Wisata 1000 Musamus di Merauke

Jika di Jawa ada wisata 1000 Candi, maka di Kabupaten Merauke ada 1000 Musamus. Salah satu tempat wisata di Merauke yang menyajikan nuansa kekayaan alam Papua adalah obyek wisata 1000 Musamus. Nama Musamus diambil dari rumah rayap, sebuah sarang yang dibuat oleh sekelompok koloni hewan rayap sejenis Macrotermes sp, akan tetapi banyak orang yang mengenal Musamus sebagai rumah semut.

Rumah semut yang biasa disebut musamus memiliki struktur bangunan berbentuk kerucut yang tingginya dapat mencapai 5 m dan diameternya sekitar 2 m. Musamus dibangun oleh koloni rayap dari rumput kering dan lumpur serta air liur rayap yang digunakan sebagai bahan perekat. Proses pembentukan musamus hingga tinggi dapat memakan waktu yang sangat lama bahkan bertahun-tahun.

Wisata seribu Musamus bertempat di Jalan Pattimura Kampung Salor Indah Distrik Kurik. Jarak dari Kota Merauke menuju obyek wisata seribu Musamus adalah sekitar 62 Km. Untuk menuju obyek wisata tersebut, sahabat dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu kurang lebih 2 jam. Akses jalan menuju tempat tersebut sudah bagus meski ada beberapa titik aspal yang berlubang.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke dalam area obyek wisata 1000 Musamus, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000,00 per orang. Tiket ini terbilang cukup murah dibandingkan dengan obyek wisata lainnya di Merauke. Dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti kolam renang, warung makan, gazebo, spot foto, sewa kuda, sewa motor, pengunjung dimanjakan dengan suasana alam yang masih sangat asri.

Fasilitas

Berbicara seputar wisata tentunya tidak lepas dengan fasilitas di tempat wisata tersebut. Bagi sahabat yang berencana ingin datang berwisata ke Seribu Musamus merauke, sahabat bisa menemukan beberapa fasilitas yang bisa membuat liburan sahabat menjadi lebih berkesan. berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa sahabat temukan di tempat wisata 1000 Musamus Merauke.

[1] Spot Foto

Bagi sahabat yang hobi berswafoto, dapat memanfaatkan fasilitas spot foto yang telah disediakan. Sahabat dapat berfoto bebas di sekitar Musamus, bisa juga berfoto di dekat papan-papan tulisan dengan kata-kata yang alay. Biasanya di waktu akhir pekan akan ada badut yang dapat diajak untuk berfoto. Fasilitas ini tentu saja menarik perhatian anak kecil.

[2] Penyewaan Motor Roda Empat, Grandong, dan Kuda

Dikarenakan area wisata 1000 Musamus ini sangat luas, tentu saja sahabat akan lelah apabila berkeliling dengan jalan kaki menyusuri semua tempat. Ada beberapa fasilitas yang dapat disewa untuk berkeliling di sekitar area. Sahabat dapat menyewa motor roda empat, kuda, ada juga “grandong” yang merupakan kendaraan seperti pengangkut padi yang biasa digunakan oleh petani yang tinggal di sekitar obyek wisata tersebut.

[3] Warung Makan

Jangan khawatir bila sahabat merasakan lapar ketika sedang berada di obyek wisata 1000 Musamus. Tersedia beberapa warung makan yang menjual beberapa makanan dan minuman seperti bakso, nasi pecel, gado-gado, cilok, pop ice, dsb. Harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal alias masih ramah di kantong. Pada saat akhir pekan, warung di obyek wisata tersebut biasanya lebih variatif.

[4] Gasebo

Apabila sahabat berencana piknik ke wisata 1000 Musamus dengan membawa bekal dari rumah, sahabat dapat memanfaatkan beberapa gazebo yang lumayan luas tempatnya sebagai tempat untuk duduk dan meletakkan bekal makanan. Biasanya rombongan keluarga besar berkumpul dan duduk di gazebo dengan membawa bekal sendiri dan di makan bersama keluarga sambil menikmati suasana sekitar.

[5] Ayunan dan Kolam Renang

Fasilitas lain yang dapat dinikmati adalah ayunan dan kolam renang. Terdapat beberapa ayunan yang tersebar dekat dengan gazebo, tentu saja fasilitas ini sangat disukai anak-anak dan orang tua. Sambil makan di gazebo, anak-anak dapat menikmati beberapa ayunan. Selain ayunan, kolam renang menjadi tempat favorit anak-anak saat berwisata di 1000 Musamus ini. Tersedia juga penyewaan ban dan pelampung untuk berenang.

Melihat beberapa fasilitas yang tersedia di obyek wisata 1000 Musamus, cukup saya rekomendasikan bagi sahabat yang berada di Merauke dapat menggunakan waktu akhir pekan untuk piknik ke obyek wisata tersebut. Dengan jarak yang lumayan jauh, sahabat akan dimanjakan dengan pemandangan yang masih alami yang merupakan ikon kota merauke yaitu Musamus. Semoga bermanfaat.

Obyek Wisata 1000 Musamus di Merauke