Beranda
Sekitar Kita
Tarif Seluler
Telkomsel
Bagus Mana? Paket Combo Sakti Vs OMG Telkomsel
Bagi sahabat pengguna nomor Telkomsel prabayar (Karu As, Simpati, dan Loop) tentunya akan sering melihat penawaran paket internet melalui pesan SMS dari Telkomsel. Adapun paket yang sering ditawarkan oleh operator tersebut adalah Paket Combo Sakti dan Paket OMG. Kalau menurut sahabat, mana yang terbaik antara kedua paket tersebut?
Saya yakin bagi sahabat pengguna lama kartu Telkomsel, tentunya sudah bisa menentukan mana yang terbaik dari kedua paket tersebut. Akan tetapi khusus bagi sahabat yang baru saja menggunakan kartu Telkomsel atau masih awam dalam menghitung kuota data internet, berikut akan saya bahas perbandingan antara Paket Combo Sakti dan OMG Telkomsel.

Selisih Harga Zona

Seperti biasa bahwa harga paket internet yang ditawarkan oleh Telkomsel kepada pelanggannya selalu dipengaruhi oleh Zona Wilayah Telkomsel. Hal tersebut membuat ketimpangan dengan adanya perbedaan harga paket antara daerah satu dengan daerah lainnya meski paket dan jumlah kuota yang didapatkan adalah sama.

Begitu juga dengan harga Paket Combo Sakti dan OMG yang ditawarkan oleh Telkomsel. Harga yang ditawarkan kedua paket tersebut kepada pelanggan Telkomsel berbeda-beda antara Zona 1 hingga Zona 14. Biasanya harga termahal diberikan kepada Zona 13 & 14 yang mencakup daerah Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya sebagai pengguna kartu Telkomsel, selisih harga paket Combo Sakti antara Zona 1 – 14 lebih sedikit (sekitar 0 - Rp 10.000) dibandingkan dengan selisih Paket OMG antara Zona 1 – 14 yaitu sekitar Rp 20.000. Sebagai contoh harga Paket Combo Sakti Telkomsel 15GB di semua Zona Telkomsel berkisar antara Rp 75.000 – Rp 85.000.

Harga untuk paket internet OMG 14GB di daerah Bogor adalah Rp 90.000, sedangkan harga paket yang sama di daerah saya (Merauke) adalah Rp 112.000. Kalau dilihat dari selisih harga berdasarkan Zona Telkomsel, maka bisa diambil kesimpulan bahwa selisih harga Paket Combo Sakti akan lebih menguntungkan dibeli oleh pengguna Telkomsel di semua Zona.

Banyaknya Kuota Internet

Dalam hal ini yang akan saya bandingkan adalah jumlah kuota internet pada paket Combo Sakti Telkomsel 15GB dengan harga Rp 75.000 hingga Rp 85.000 dan paket internet OMG 14GB (12GB + 2GB OMG) dengan harga Rp 90.000 hingga Rp 114.000. Sepintas tanpa pikir panjang bahwa kuota internet pada paket Combo Sakti (15GB) lebih banyak dibandingkan dengan paket internet OMG (12GB).

Harga Per 1GB

Tentu saja yang bisa menjadi parameter dalam melihat perbandingan harga kuota internet adalah harga per 1GB dari kuota yang ditawarkan oleh kedua paket tersebut. Dalam hal ini yang saya hitung hanya kuota internet utama, alasannya adalah karena kuota tersebut bisa digunakan untuk mengakses semua konten internet.

Harga per 1GB dari paket Combo Sakti 15GB yang harganya 75ribu sampai 85ribu adalah Rp 6.250 – 7.083. Sedangkan harga per 1GB dari paket internet OMG 14GB (12GB + 2GB OMG) yang harganya 90ribu sampai dengan 114ribu adalah Rp 7.500 – Rp 9.500. Berdasarkan perbandingan harga per 1GB dari kedua paket tersebut bisa diketahui bahwa harga dari paket combo sakti lebih murah.

Benefit

Paket Combo Sakti dan Paket Internet OMG bukan hanya memberikan kuota internet, akan tetapi kedua paket tersebut juga memberikan benefit atau keuntungan lainnya. Sebagai informasi bahwa Paket Combo Sakti 15GB dengan harga 75rb – 85rb selain memberikan kuota internet 15GB, paket tersebut juga memberikan kuota nelpon 150 Menit dan 400 SMS kesesama nomor Telkomsel.

Sedangkan Paket Internet OMG 14GB dengan harga 90rb – 114rb hanya memberikan kuota internet 12GB dan kuota OMG 2GB. Oh iya, saat ini sedang ada promo dimana untuk pembelian kedua paket tersebut akan diberikan benefit layanan berlangganan Disney+ Hotstar selama 1 bulan. Tentu saja dilihat dari semua benefit, Paket Combo Sakti lagi-lagi lebih unggul dibandingkan paket OMG.

Kesimpulan

Berdasarkan beberapa perbandingan seperti yang sudah saya sampaikan di atas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa apabila ada pertanyaan “Bagus mana antara Paket Combo Sakti Telkomsel dibandingkan dengan Paket Internet OMG Telkomsel?”, maka bisa saya Jawab bahwa Paket Combo Sakti lebih baik dari Paket Internet OMG. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

18 komentar

  1. DfriZzz
    DfriZzz
    04 November, 2023
    Mau coba OMG ah... emang bener klu sakti kadang agak lemot datanya... harganya memang murah dan dengan bundling fitur yg lain jg, jadi pasti ada konsekuensi yg harus di ekonomis kan... cmiiw.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      04 November, 2023
      Silakan dicoba Kak 🙂

      Nanti tolong info komparasi speednya ya 🙂
  2. Anonim
    Anonim
    21 September, 2023
    Aku pakai combo sakti 45gb seminggu udh habis, biasa beli yg OMG 45gb utk sebulan .
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      21 September, 2023
      Sebenarnya cepat habis atau tidaknya itu tergantung dari pemakaiannya Kak. Kalau untuk Combo Sakti di tahun 2023 ini memang berbede dengan Combo Sakti di tahun 2021, karena kalau di tahun 2023 ini pada Paket Combo Sakti kuota internetnya dibagi menjadi 2 Jenis yaitu Kuota Internet reguler dan Kuota Aplikasi (SosChat, Video, Games, Music, dan TikTok). Sedangkan untuk Paket OMG memang dari dulu kuotanya sudah dibagi. Jadi, sekali lagi habisnya kuota internet itu tergantung dari penggunaan ya Kak 🙂
  3. Chaplin
    Chaplin
    03 Desember, 2021
    Kok bisa ya kan omg lebih mahal dari Sakti tapi malah bagusan Paket Sakti hadehh
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      03 Desember, 2021
      Iya Kak... Mahal bukan berarti pasti lebih baik Kak 😃
    2. Unknown
      Unknown
      29 Maret, 2022
      Krna daerah anda stabil n bagus sinyal. Bagi yg daerah kurang sinyal tetep bagus OMG krna sinyal lebih stabil meski harga agak mahal
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      29 Maret, 2022
      Terimakasih atas informasinya Kak 🙂
  4. Unknown
    Unknown
    07 September, 2021
    Saya beli combo sakti yg 170rb 55GB ,baru 3hari sudah habis aja,padahal cuma youtube an aja, buat internet ngelek ,hadehh
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      08 September, 2021
      Kalau dipakai buat YouTube dengan resolusi tinggi (1080P) ya sangat boros Kak. Coba cek penggunaan Data di HP Kak (biar kelihatan penggunaannya).
    2. Unknown
      Unknown
      21 Oktober, 2021
      Dari berbagai artikel yg saya baca tidak ada sedikit pun yg menulis tentang kecepatan masing2 paket. Soalnya internet combo sakti yg saya pake udah 6bln ini signalnya ngga bagus buat maen game online
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      22 Oktober, 2021
      Kalau kuota utama Telkomsel (baik di OMG dan Combo Sakti) sama-sama memiliki kecepatan internet normal kak. Jadi yang menentukan bagus atau tidak adalah sinyal Telkomsel di tempat Kakak.
    4. Unknown
      Unknown
      14 November, 2021
      Maaf nih sebelumnya wkwk
      Saya pake yg combo sakti aman² aja tuh hehe
      Kayanya emg masalah jaringan ditempat masing² sih
    5. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      15 November, 2021
      Iya Kak, makasih atas sharenya 😊
    6. Nanda Minda
      Nanda Minda
      19 Februari, 2022
      tapi emang bener sih, aku udah coba lumayan lama pake yg combo sakti. paling kenceng jaringan stuck di LTE 1 titik, itu juga di spot2 tertentu. eh pas pindah ke OMG jd norak karna kuat sinyal nya bisa sampe 3 titik dan di spot mana aja dapet. biasanya gak pernah bisa gitu
    7. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      19 Februari, 2022
      Terima kasih informasinya Kak. Jujur hingga saat ini saya masih menggunakan Paket Combo Sakti masih bagus sinyal dan kecepatannya. Jadi untuk masalah kecepatan dan sinyal, sampai saat ini belum menemui kendala yang berarti.
    8. Anonim
      Anonim
      16 Oktober, 2023
      Kirain saya aja yang sampainpuluhan kali restat hp gara gara lemot jaringannya sakti
    9. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      16 Oktober, 2023
      Kalau pengalaman saya untuk kecepatan internet sama Kak. Kalau merujuk dari syarat & ketentuan paket, disebutkan kecepatan internet tidak dibatasi dan tergantung dari kualitas sinyal yang didapatkan Kak. Terima kasih sharingnya ya.