Cara Mudah Membuat Read more di WhatsAppp (WA)

Sering dikerjain teman dengan pesan “Read more” yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp? Atau sahabat sering melihat tulisan ‘Prank’ yang dikirim di group atau pesan pribadi? Kalau sahabat ingin gantian membuat pesan read more atau baca selengkapnya di WhatsApp (WA), maka sahabat juga bisa melakukannya dengan mudah.

Seperti halnya membuat tulisan unik di Aplikasi WhatsApp, sahabat juga bisa membuat tulisan Read More di aplikasi WhatsApp dengan menggunakan aplikasi dan juga tanpa aplikasi. Meski demikian, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat pesan Read more di WA baik menggunakan Teknik COPAS (Copy Paste) dan juga secara manual tanpa bantuan apapun.

[1] Copy / Paste

Perhatikan Kotak di bawah ini! Silakan sahabat ganti Teks Awal dengan tulisan yang akan sahabat tampilkan dan bisa dibaca langsung. Selanjutnya, silakan ganti Teks Read more dengan tulisan yang akan tampil setelah Read more atau Baca selengkapnya dibuka. Setelah diganti, langkah selanjutnya adalah silakan sahabat copy semua text (tulisan) di kotak tersebut.

Sebagai contoh saya mencoba ganti Teks Awal menjadi Ayo dibuka! Kemudian pada Teks Read more saya ganti menjadi Eh Kosong! Maka yang akan tampil di layar WA setelah pesan tersebut saya kirimkan adalah seperti gambar di bawah ini. Sangat mudah kan?

[2] Manual

Pada dasarnya apabila sahabat mengirimkan tulisan melalui aplikasi WhatsApp yang jumlah karakter hurufnya banyak, maka otomatis yang akan ditampilkan di layar percakapan WhatsApp hanya sebagian karakter (bagian depan) saja. Selanjutnya akan diikuti dengan tulisan “Read more” (dalam Bahasa inggris) dan “Baca selengkapnya” (dalam Bahasa Indonesia).

Jadi apabila sahabat ingin membuat Read more di WhatsApp secara alami tanpa trik, maka sahabat bisa menulis teks dengan jumlah kalimat yang panjang atau copas (Copy Paste) dari suatu tulisan, kemudian sahabat kirimkan melalui WhatsApp ke teman atau ke group WA yang sahabat ikuti, maka otomatis tulisan yang sahabat kirimkan akan ada tulisan read more / baca selengkapnya.
Apabila sahabat ingin membuat tulisan depan terpisah dengan tulisan selanjutnya, maka bisa sahabat akali dengan menambahkan spasi berulang kali (hingga panjang), kemudian setelah itu sahabat baru menambahkan tulisan yang baru bisa dibaca setelah Read more atau Baca selengkapnya dibuka.

Selain membuat tulisan Read more di aplikasi WA, sahabat juga bisa membuat tulisan unik di aplikasi tersebut. Untuk melakukannya, sahabat bisa membaca tulisan saya sebelumnya yang berjudul [Cara Mudah Mengubah Tulisan WA Menjadi Unik]. Untuk informasi dan tips mengenai WA lainnya bisa sahabat baca di label [WhatsApp]. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Mudah Membuat Read more di WhatsAppp (WA)
  1. Cara dapet kuota gratis gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,
      sepertinya tidak nyambung dengan artikel yang saya tulis Kak :) Akan tetapi kalau Kakak sebagai pengguna Telkomsel, Kakak bisa baca tulisan saya [Gratis Kuota Internet 7.5GB Telkomsel Dengan Daily Check in]

      Hapus