Cara Melakukan Panggilan Video WA (WhatsApp) Menggunakan Laptop

Kalau sebelumnya layanan panggilan telepon (voice call) dan panggilan video menggunakan aplikasi WhatsApp sudah biasa dilakukan, Apakah sahabat juga berkeinginan untuk melakukan panggilan WA menggunakan komputer (Laptop)? Sebagai informasi, sekarang WhatsApp sudah menyediakan layanan kepada penggunanya untuk melakukan panggilan suara dan video menggunakan PC / Laptop.

Awalnya saya mencoba fitur tersebut melalui WhatsApp Web, akan tetapi setelah saya cari-cari ternyata layanan tersebut tidak saya temukan. Selanjutnya saya coba cari aplikasi WhatsApp untuk PC Windows (sesuai dengan laptop yang saya gunakan). Ternyata setelah saya download dan pasang di laptop saya (Windows 10 64-bit), layanan panggilan telepon dan video muncul dan tersedia.

Jadi intinya adalah ketika sahabat ingin melakukan panggilan telepon dan video menggunakan Laptop atau komputer, sahabat harus mendownload Aplikasi WhatsApp Desktop terlebih dahulu. Saat ini WhatsApp hanya menyediakan aplikasi Desktop untuk sistem operasi Windows dan Mac OS, sedangkan untuk Linux belum tersedia. Berikut adalah Link download Aplikasi WhatsApp Desktop:

Setelah WhatsApp Desktop sudah terpasang di PC / Laptop yang sahabat gunakan, selanjutnya silakan sahabat ikuti langkah-langkah cara melakukan panggilan suara dan video WhatsApp menggunakan Laptop di bawah ini:
  • Buka aplikasi WhatsApp di Laptop yang sahabat gunakan.
  • Silakan sahabat pilih kontak yang akan dihubungi.
  • Pilih (gambar gagang telepon) untuk melakukan panggilan suara atau pilih (gambar kamera video) untuk melakukan panggilan video.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop di Laptop, saya merasa bahwa untuk kualitas suara tidak selancar ketika menggunakan aplikasi WA di smartphone. Mungkin hal tersebut disebabkan karena aplikasi WA untuk Desktop masih baru dan diperlukan perbaikan secara berkala agar lebih baik (sempurna).

Meski demikian, mungkin juga kualitas yang saya rasakan ketika melakukan panggilan suara atau video menggunakan Laptop dipengaruhi jaringan internet yang mungkin lagi kurang bagus. Terlepas dari hal itu semua, menurut saya layanan Voice dan Video Call WA yang disediakan untuk Desktop cukup membantu ketika kita sedang bekerja menggunakan komputer. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Melakukan Panggilan Video WA (WhatsApp) Menggunakan Laptop