Penyebab dan Cara Mengatasi SN (Serial Number) Tidak Muncul Ketika Membeli Pulsa

Beberapa hari yang lalu ada salah satu sahabat pembaca blog ini yang berkomentar di salah satu postingan saya yang berjudul [Cara Mengetahui SN Pengisian Pulsa & Pembelian Paket]. Dalam postingan itu, sahabat tersebut bercerita bahwa tidak mendapatkan SN (Serial Number) ketika melakukan pembelian pulsa.
Sebelumnya harus sahabat ketahui bahwa SN dalam pengisian pulsa berfungsi sebagai bukti atau penanda bahwa transaksi pembelian pulsa sudah berhasil dilakukan. Oleh karena itu nomor atau kode SN bersifat unik. Jadi antara kode SN yang satu dengan kode SN yang lain bisa dipastikan bahwa kodenya akan berbeda.

Apakah setiap transaksi pembelian pulsa atau paket data internet pasti ada SN nya? Ya, apabila pembelian tersebut berhasil, maka ketika sahabat membeli pulsa atau paket data pasti akan mendapatkan SN. Untuk mengetahui SN dari pengisian pulsa, sahabat bisa melihat dari pesan SMS yang berisi pemberitahuan bahwa pengisian pulsa berhasil dikirimkan ke nomor sahabat.

Apabila setelah membeli pulsa, kemudian saya tidak mendapatkan SN bagaimana? Andaikan tidak mendapatkan SN, akan tetapi pulsa atau paket data yang sahabat beli masuk ya tidak masalah. Seandainya pulsa yang sahabat beli belum masuk, maka sahabat bisa komplain ke penjual pulsa bahwa pulsanya belum masuk.

Semisal penjual pulsanya mengatakan bahwa pulsa sudah berhasil dikirim, sedangkan sahabat merasa belum menerima pulsa, maka sahabat harus meminta SN untuk membuktikan bahwa proses pengisian pulsa sudah berhasil dilakukan. Setelah penjual memberikan SN, sahabat bisa cek ke operator yang sahabat gunakan untuk memastikan kebenaran dari SN tersebut.

Customer service (CS) dari operator akan bisa menjelaskan kepada sahabat mengenai benar atau tidaknya bahwa suatu nomor telah diisi pulsa dengan SN yang sahabat sebutkan. Bahkan CS tersebut bisa memberikan penjelasan secara detail mengenai transaksi pulsa yang masuk dan keluar dari suatu nomor.

Saya pernah memiliki pengalaman juga ketika ada yang diisi pulsanya, akan tetapi orang tersebut merasa pulsanya tidak masuk (padahal ada SN nya). Karena pada waktu itu posisi saya adalah membantu teman saya yang merupakan penjual, maka saya menelpon CS dan menanyakan apakah benar bahwa nomor yang bersangkutan terisi pulsa dengan SN yang saya sebutkan.

Selanjutnya CS tersebut memberikan informasi bahwa memang benar bahwa nomor yang saya tanyakan terisi pulsa dengan SN yang saya sebutkan, akan tetapi pulsanya kemudian dipakai untuk transfer ke keluarganya dan dipakai untuk membeli paket. Untuk lebih lengkap ceritanya, sahabat bisa membacanya di tulisan saya [Cara Melacak Penggunaan Pulsa Keluar Masuk Telkomsel].

Apa penyebab SN tidak muncul ketika melakukan pengisian pulsa? Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan SN tidak muncul ketika sahabat melakukan pembelian pulsa. Berikut adalah beberapa penyebab sahabat tidak mendapatkan SN ketika melakukan pembelian pulsa:

[1] Sedang Dalam Proses

Hal ini cukup sering terjadi dalam proses pengisian pulsa. Jaringan yang sibuk dan padat sangat memungkinkan proses pengisian pulsa menjadi lambat. Oleh karena itu, apabila sahabat membeli pulsa di Alfamart atau Indomaret dan mendapatkan struk, maka perhatikan struk tersebut. Biasanya akan diinformasikan bahwa SN: “Dalam Proses”.

[2] Gagal

Apabila proses sudah lama yaitu hingga berjam-jam dan pulsa juga belum masuk ke nomor yang diisi pulsanya, maka patut dicurigai bahwa kemungkinan pengisian pulsa tersebut gagal. Apabila yang terjadi adalah hal demikian, maka saya sarankan kepada sahabat untuk datang menemui penjual pulsa, kemudian sahabat melakukan komplain bahwa pulsanya belum masuk.

[3] Sistem Error

Tidak selamanya bahwa suatu sistem akan sempurna, pasti ada saatnya bahwa suatu sistem bisa error. Ketika sistem yang digunakan untuk pengisian pulsa sedang mengalami error dan sedang dilakukan perbaikan, maka bisa menyebabkan transaksi pengisian pulsa bisa tertunda atau bahkan bisa gagal.

Bagaimana cara mengatasi SN tidak muncul ketika melakukan pembelian pulsa? Silakan sahabat komplain atau bertanya kepada penjual pulsa dan menjelaskan bahwa pulsa yang sahabat beli belum masuk. Kalau penjual mengatakan bahwa pengisian pulsa sudah berhasil, silakan sahabat meminta SN nya kemudian ditanyakan ke CS operator seluler. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penyebab dan Cara Mengatasi SN (Serial Number) Tidak Muncul Ketika Membeli Pulsa
  1. Tolomg bantu kirimin nmr SN pulsa telkomsel semalam sy beli sampai skarang nmr SN nya nga kluar

    BalasHapus
  2. saya mengirim pulsa ke nomor xl 083133388999 ini 30.000 namun nomor SN tidak terdaftar saya cek.
    Tapi di struk pembelian status pengiriman sukses. Mohon dibantu proses nomor S.N. nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakak beli pulsa dimana? Kemudian maksudnya SN tidak terdaftar itu bagaimana Kak? Kakak cek dimana? Kok tahu kalau SN nya tidak terdaftar?

      Perlu diketahui ya Kak, struk pembelian sukses itu belum tentu pengisian sudah berhasil. Bisa saja sukses tapi masih proses dan bisa juga sukses dan selesai diproses Kak :)

      Hapus
  3. Saya minta tolong min cek no SN pembelian pulsa ke nomer 081919914562 via akulaku dengan nomor pesanan 1613160544750192543617 nominal Rp. 100.000, Terima kasih admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak, langsung hubungi CS Telkomsel sendiri saja ya Kak 😊

      Hapus
  4. Kak saya ngisi pulsa pakek link ajak cara lihat sn nya di mna ya?

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Bos mhon di bntu SN sya tidak muncul

      Hapus
    2. Bos tolong cek kan nomor SN pengisian ke nmor,082284375502 id agen ny 30183.mhon dibantu

      Hapus
    3. Kan sudah saya sampaikan di atas. Hubungi agennya Kak. Bukan saya 😊

      Hapus
  6. Bisa bantu saya beli pulsa dari tmoney telkom, tpi sn gk ada, adanya id transaksi 195210403172504621
    No yg saya isi 081393299296

    BalasHapus