Minus! Bulan Ketiga Investasi Menggunakan Aplikasi Ajaib

Kalau pada bulan pertama dan bulan kedua saya hanya investasi pada produk reksa dana, maka pada bulan ketiga ini saya mulai mencoba untuk berinvestasi di saham yang melantai di bursa efek indonesia (BEI). Ini adalah pertama kalinya saya investasi reksa dana dan saham dengan melewati pergantian tahun.

Jujur saja saya tidak tahu apakah kalau memang pergantian tahun maka akan ada pergerakan pasar yang sangat dinamis atau gimana, akan tetapi sebagai investor saya berusaha untuk menyikapinya biasa saja. Pada awal tahun ini (2021), secara keseluruhan portofolio saya bisa dibilang minus karena hampir semua saham yang saya miliki harganya anjlok.
Meski kalau dihitung posisi reksa dana saya pada saat ini masih profit, akan tetapi kalau dibandingkan dengan posisi pada bulan-bulan sebelumnya, profit yang dihasilkan pada bulan ketiga ini menyusut meski saya sudah menambah investasi pada produk tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut akan saya bagikan pengalaman saya investasi pada bulan ketiga menggunakan aplikasi Ajaib.

Reksa Dana

Sebelumnya pada bulan kedua saya investasi di Aplikasi Ajaib, saya mendapatkan return sebesar 1,63% (Rp 163.151) dari total investasi saya Rp 10 Juta di reksa dana Syailendra Fixed Income Fund, akan tetapi pada bulan ketiga saya investasi di Aplikasi Ajaib (Januari) return yang saya dapatkan menyusut menjadi 0,11% (Rp 14.863) dari total investasi saya Rp 13 Juta.

Sebagai informasi bahwa sebelumnya saya sudah menambahkan investasi sebesar 3 Juta di produk reksa dana Syailendra Fixed Income Fund. Jadi total investasi saya pada produk reksa dana tersebut berjumlah Rp 13 Juta. Karena pada awal saya sudah mempelajari dan memahami tentang resiko investasi, maka saya anggap pergerakan positif atau negatif merupakan hal yang wajar.

Oh iya pada tanggal 20 Januari kemarin, saya juga mendapatkan saldo pada salah satu produk reksa dana di Aplikasi Ajaib. Kebetulan saya mendapatkan hadiah saldo Rp 10.000 pada produk reksa dana pasar uang Eastpring Investments Cash Reserve. Untuk return nya, hingga saat ini (selama 8 hari), produk tersebut sudah memberikan return sebesar Rp 7 (0,07%).

Saham

Awalnya saya ingin invest pada produk reksa dana saham, akan tetapi ketika saya melihat salah satu video di YouTube, saya mencoba untuk investasi saham secara langsung. Bisa dibilang bahwa pergerakan saham itu sangat cepat dan dinamis, sehingga perubahan return atau imbal balik bisa berubah dengan sangat cepat.

Pada awal-awal pembelian saham, saya sempat mendapatkan return hingga 11% hanya dalam beberapa hari, akan tetapi pada hari ini imbal balik yang saya terima adalah minus Rp 350.200 (-10%) dari total keseluruhan uang saya yaitu Rp 2.900.800 yang sudah saya investasikan untuk membeli beberapa lot lembar saham.

Sebagai investor yang baru memulai investasi pada produk saham, saya menyadari betul akan resiko ketika saya investasi pada produk tersebut. Bisa dibilang bahwa resiko investasi di saham tingkatan resikonya masuk dalam kategori Resiko Tinggi, akan tetapi imbal balik yang bisa sahabat terima juga bisa tinggi karena pergerakannya yang sangat cepat dan dinamis.

Catatan

Bagi sahabat yang ingin memulai berinvestasi, maka sesuaikanlah dengan profil tingkat resiko yang sahabat miliki. Semakin besar imbal balik, maka semakin tinggi juga resiko yang harus sahabat hadapi. Semakin rendah imbal balik dari uang yang sahabat investasikan, maka akan semakin rendah juga resiko yang akan sahabat hadapi.

Saya sendiri saat ini memiliki 3 produk investasi yang memiliki resiko berbeda. Reksa dana pasar uang (resiko rendah), reksa dana pendapatan tetap (resiko sedang), dan investasi saham (resiko tinggi). Uang yang saya pakai untuk investasi di ketiga produk tersebut adalah ‘uang dingin’ yang memang sengaja saya gunakan untuk berinvestasi dalam jangka panjang.

Kalau berdasarkan pengamatan saya, biasanya pada produk dengan resiko sedang dan resiko tinggi lambat laun dalam jangka yang lama akan terus mengalami peningkatan meski pada prosesnya memang ada penurunan. Oleh karena itu, bisa jadi setelah beberapa tahun investasi saya baru kelihatan positif hasilnya.

Apabila sahabat ingin mulai belajar atau ingin berinvestasi menggunakan Aplikasi Ajaib, maka sahabat bisa unduh aplikasi tersebut di Google Play Store dan juga App Store. Apabila sahabat ingin mendapatkan produk gratis berupa Reksa dana atau hadiah lainnya dari Ajaib, silakan sahabat memasukkan kode referral saya evyn220 pada saat mendaftar. Semoga membantu dan bermanfaat.

Minus! Bulan Ketiga Investasi Menggunakan Aplikasi Ajaib