Versi Android, iOS dan KaiOS Yang Tidak Didukung WhatsApp Mulai 2021

Setelah sebelumnya sudah ada beberapa smartphone dengan sistem operasi versi lama yang tidak didukung oleh WhatsApp (WA), maka kali ini WhatsApp kembali mengumumkan bahwa mulai tahun 2021 ada beberapa jajaran versi OS (Operating system) yang ditambahkan dalam daftar OS yang tidak akan menerima support dari aplikasi pesan cepat yang banyak digunakan oleh pengguna internet tersebut.
Apabila perangkat HP atau Smartphone yang sahabat gunakan sudah tidak lagi didukung oleh developer (aplikasi WhatsApp), maka tentu saja akan berpengaruh pada layanan aplikasi WhatsApp yang sahabat gunakan. Efeknya adalah aplikasi WhatsApp tidak akan berjalan atau tidak bisa digunakan kembali di HP yang sahabat gunakan.

Apakah smartphone yang sahabat gunakan masuk dalam daftar yang tidak akan didukung oleh aplikasi WA? Untuk mengetahuinya, silakan cocokkan apakah versi OS di HP yang sahabat gunakan masuk dalam daftar OS yang tidak didukung oleh WhatsApp. Berikut adalah OS yang mulai tahun 2021 sudah tidak lagi didukung oleh aplikasi WhatsApp.
  • Android Ice Cream Sandwich versi 4.0 (atau yang lebih lama).
  • iPhone iOS versi 8 (atau yang lebih lama).
  • KaiOS versi 2.5.0 (atau yang lebih lama).

Oleh karena hal tersebut, apabila saat ini sahabat masih menggunakan perangkat smartphone dengan versi OS seperti yang sudah saya sebutkan di atas, kemudian sahabat juga ingin tetap bisa mengakses aplikasi WhatsApp dengan lancar, maka saya sarankan agar sahabat mengganti atau membeli smartphone dengan sistem operasi berikut ini:
  • Android Ice Cream Sandwich versi 4.0.3 (atau yang lebih baru).
  • iPhone iOS versi 9 (atau yang lebih baru).
  • KaiOS versi 2.5.1 (atau yang lebih baru).

Menurut saya daftar OS yang sudah tidak lagi di dukung oleh Aplikasi WhatsApp pada tahun 2021 adalah OS yang sudah sangat lawas. Smartphone saya yang sudah cukup jadul dan sudah tidak saya gunakan lagi yaitu Samsung Galaxy Mega 6.3 saja masih disupport oleh Whatsapp. Sebagai informasi bahwa HP saya tersebut saya beli pada akhir tahun 2013.

Saya yakin kebanyakan smartphone yang sahabat gunakan sudah menggunakan versi OS baru. Untuk mengetahui versi OS dari smartphone Android, maka sahabat bisa melihatnya dengan masuk pada menu [Setting / Pengaturan], kemudian silakan pilih [About phone / Tentang ponsel]. Sahabat akan menemukan Adoid Version / Versi Android pada smartphone yang sahabat pakai. Semoga membantu dan bermanfaat.

Versi Android, iOS dan KaiOS Yang Tidak Didukung WhatsApp Mulai 2021