Beranda
Catatan Saya
Indosat
Sekitar Kita
Tarif Seluler
Penyebab & Cara Mengatasi Paket Freedom Internet Longlife Lambat
Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang [Mengenal Paket Internet Longlife Indosat IM3 Ooredoo] di Blog ini. Dari tulisan tersebut, ada beberapa komentar dari beberapa sahabat pembaca yang mengeluh karena kecepatannya sangat lambat meskipun masih memiliki kuota yang banyak. Dari peristiwa tersebut, saya ingin membagikan Analisa saya mengenai penyebab dan cara mengatasi paket freedom internet Indosat IM3 yang lemot.
Sebelumnya perlu sahabat ketahui terlebih dahulu bahwa yang ditonjolkan dalam paket Freedom Longlife adalah masa aktif dari paket tersebut (sesuai dengan namanya yaitu “Long Life”). Masa aktif dari paket yang paling pendek adalah 60 Hari, sedangkan masa aktif yang paling lama adalah 90 Hari. Meski masa aktifnya panjang, akan tetapi ada pembagian penggunaan kuota perbulannya dan disertakan juga penggunaan pulsa safe.

Penyebab

Kalau menurut Analisa saya, yang menyebabkan koneksi internet menjadi lambat ketika sahabat menggunakan paket Freedom Longlife Indosat IM3 adalah karena adanya pulsa safe dari operator tersebut. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya dalam tulisan saya yang berjudul [Kelebihan & Kekurangan Pulsa Safe Indosat IM3] bahwa salah satu kelemahan dari pulsa safe adalah kecepatan yang diberikan oleh layanan Indosat IM3 tersebut sangat lambat.

Perlu sahabat ketahui bahwa kuota internet pada Paket Longlife Indosat IM3 Ooredoo tidak bisa langsung digunakan semuanya. Total kuota yang sahabat dapatkan akan dibagi rata per bulannya berdasarkan masa aktif dari paket yang sahabat beli. sebagai contoh, sahabat membeli Paket Freedom Internet Longlife kuota 30GB dengan masa aktif 90 Hari (harga Rp 125.000), maka kuota yang bisa sahabat pakai setiap bulannya hanya 10GB saja.

Bagaimana kalau kuota 10GB Paket Freedom Internet Longlife habis kurang dari 30 hari? Kalau yang terjadi demikian, maka sahabat akan menggunakan pulsa safe. Dengan pulsa safe, maka kecepatan internet yang akan sahabat dapatkan maksimal kalau tidak salah adalah 32Kbps (4KBps) atau 64Kbps (8KBps) atau 128Kbps (16KBps). Yang jelas, dengan kecepatan yang diberikan oleh pulsa safe, maka kalau menurut saya serasa tidak memakai internet (karena lambat banget).

Solusi

Berdasarkan permasalahan yang sudah saya jelaskan di atas, saya yakin bahwa sahabat sudah memiliki gambaran untuk mengatasinya. Kalau Analisa yang saya sampaikan di atas benar bahwa permasalahan yang membuat lambat adalah karena efek dari pulsa safe Indosat IM3, maka berikut ada beberapa cara atau solusi yang bisa sahabat lakukan agar sahabat tidak mengalami kecepatan paket freedom internet longlife menjadi lambat atau lemot.
  • Rencanakan kebutuhan internet sahabat dalam satu bulan secara matang. Dengan mengetahui perkiraan kebutuhan pemakaian internet dalam satu bulan, maka sahabat bisa menentukan paket Indosat Longlife yang akan sahabat beli. Sebagai contoh kebutuhan sahabat dalam 1 bulan adalah sekitar 17GB, maka sahabat bisa membeli paket freedom internet longlife kuota 36GB dengan masa aktif 60 Hari (Harga Rp 130.000). Jadi per bulan sahabat akan mendapatkan kuota 18GB.
  • Apabila sahabat sudah terlanjur membeli paket freedom internet longlife, akan tetapi kuota internet utama yang sahabat dapatkan tidak cukup untuk 30 hari, maka untuk mengatasinya sahabat bisa membeli paket Extra Kuota yang bisa sahabat sesuaikan dengan kebutuhan sahabat. Kebetulan saat ini ada 3 jenis pilihan paket Extra kuota yang bisa sahabat beli. Untuk lebih lengkapnya, sahabat bisa membaca tulisan saya [Mengenal Extra Kuota Indosat IM3 Ooredoo].
  • Semisal sahabat tidak ingin membeli paket Extra Kuota Indosat IM3 ketika kuota utama dalam paket internet longlife sudah habis, maka sahabat juga bisa melakukan cara lainnya. Sahabat bisa mencari sinyal Wifi untuk keperluan internet atau sahabat juga bisa menggunakan internet menggunakan operator lain apabila sahabat memiliki dua nomor yang terpasang di smartphone yang sahabat gunakan (sambil menunggu kuota utama diperbarui lagi setelah 30 hari).

Catatan

Tidak semua permasalahan internet lemot pada Paket Freedom Internet Longlife Indosat IM3 disebabkan oleh Pulsa Safe. Hal lain yang bisa menjadi penyebabnya adalah gangguan teknis dan sistem yang sedang error. Oleh karena itu, apabila kuota (jatah) satu bulan pada paket freedom internet longlife masih tersedia akan tetapi kecepatan internetnya lambat, maka sahabat bisa menghubungi CS Indosat IM3 Ooredoo untuk mengatasinya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

26 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    16 Maret, 2022
    Saya beli paket data yg 7700 tdk bisa
    Digunakan lemot sekali.sering kali saya beli paket data di hp.yg 10000
    Juga sangat lemot kenapa ya
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      17 Maret, 2022
      Ada banyak faktor yg mempengaruhinya Kak.

      Bisa karena jaringan Indosat di tempat Kakak yg memang lemot, bisa pengaruh kuota utama habis, dan bisa juga pengaruh pulsa safe Kak.

      Kalau saya pakai freedom internet lancar-lancar aja Kak.
  2. Unknown
    Unknown
    10 November, 2021
    Kak saya beli paket longlife 26gb 60 hari dan kuota bulan pertama sudah habis dan harus pakai pulsa safe dan itu lemot pake banget, ini kalo paket bulan kedua sudah masuk apakah jaringanya kembali normal atau masih seperti mode pulsa safe?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      10 November, 2021
      Iya, kalau dah masuk pada bulan kedua maka akan normal kembali Kak πŸ˜„
    2. Unknown
      Unknown
      10 November, 2021
      Okelah jadi agak tenang😌 makasih infonya😁
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      10 November, 2021
      Iya, sama-sama Kak 😊
  3. Unknown
    Unknown
    29 Oktober, 2021
    Kenapa setelah pembagian Kouta sebulan saya habis tidak mendapatkan pulsa safe ?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      30 Oktober, 2021
      Apakah pulsa regulernya terpakai Kak? kalaupun dapat, kecepatannya ga terasa karena sangat lambat Kak 😊
  4. Iip
    Iip
    02 September, 2021
    Beli paket longlife yg yg 90 hri.sebulan dibagi 21 gb.pket bulan ini masih ad 17 gb.tpi jaringan lemot.seperti mode pulsa safe. Ud beli kartu IM3 satu lagi.yg ini jringan nya normal.kcepatan bagus,paketnya buat 1 bulan..kcewa dengan pket longlife.lelet bener
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      02 September, 2021
      Ikut prihatin Kak... kalau kuota utama masih dan jaringannya normal, kok jadinya aneh ya... seperti dikerjain aja sama operator.
  5. Unknown
    Unknown
    13 Agustus, 2021
    Baru beli kuota aja udh lemot bwat buka game sama youtube aja susahh, saran aja si jangan beli paket Freedom longlife lagi
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 Agustus, 2021
      Ikut sedih mendengarnya Kak... Kalau menurut saya, kemungkinan Kakak masih memiliki paket internet yang masih aktif akan tetapi kuota internet utamanya habis Kak.
  6. Unknown
    Unknown
    30 Mei, 2021
    Paketnya lemot banget
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      31 Mei, 2021
      Sudah saya jelaskan pada komentar di atas ya Kak ;) Jadi nanti setelah periode bulan pertama sudah selesai, selanjutnya pada periode bulan kedua maka Kakak akan mendapatkan kuota utama lagi :)
  7. Unknown
    Unknown
    29 Mei, 2021
    Kok paketku gak bisa di pakai data nggak berkurang sama sekali.. Tp suruh beli pulsa save...
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      31 Mei, 2021
      Kalau pulsa safe itu grtais dan berlaku setelah kuota utamanya habis Kak. Pada Paket freedom longlife kan kuotanya dibagi rata setiap bulannya, jadi kalau jatah kuota dalam satu bulan sudah habis (akan tetapi belum 30 hari) maka akan menggunakan pulsa safe (yang lemot banget). Kalau solusinya pakai kuota Ekstra Indosat IM3 Kak :)
  8. Unknown
    Unknown
    24 Mei, 2021
    Data longlife knp sudah gk bisa buat internetan pdhal baru seminggu cpet abis tingal o.o.dan gmn cara nonaktifkanya.soalnya mau saya isi data lg
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      24 Mei, 2021
      Setelah satu bulan sejak penggunaan pertama kali, kuota yang baru akan ditambahkan lagi Kak. Jadi jangan dinonaktifkan dulu. Solusinya adalah silakan Kakak beli paket Extra dulu hingga mendapatkan kuota baru. Atau paling enak kalau Kakak punya dua kartu, bisa mengaktifkan paket internet satunya 😊
  9. justeki
    justeki
    18 Maret, 2021
    Sangat bermanfaat, thanks. Sukses selalu
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      18 Maret, 2021
      Terima kasih Kak 😊
  10. Unknown
    Unknown
    16 Januari, 2021
    Jatah kuota bulanan habis ,beli paket harian lambat ,bangke indosat
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      16 Januari, 2021
      Harusnya beli paket Extra Kuota agar kecepatannya normal Kak 😊
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    22 Desember, 2020
    Jgn pernah lagi BELI PAKET LONGLIFE 10GB 60 HARI karena LAMBAT KYK KEONGGGGG..!!!!!! SAYA PUN SANGAT KECEWAAAA UDH KONSULTASI DGN CANVASSER INDOSAT AREA MAJALENGKA PUN TDK BISA MEMBERIKAN SOLUSI...!!!!
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      22 Desember, 2020
      Apakah lambatnya setelah masuk penggunaan pulsa safe Kak?
    2. Unknown
      Unknown
      20 April, 2021
      Benar, CS juga tidak bisa membantu masalah ini, malah nyalahin setingan hp, padahal sudah saya setting di auto volte, dibilang setingan 3g, 🀦
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      20 April, 2021
      Waduh, ikut prihatin mendengarnya Kak. Semoga segera ada solusi nyata dari Indosat Ooredoo Kak 😊