Yes! Dengan Rp 300.000 TV Saya Berubah Menjadi Smart TV

Seiring dengan perkembangan Teknologi, sekarang semakin banyak konten hiburan digital yang bisa ditonton melalui Televisi (TV). Kalau dahulu TV hanya digunakan untuk menangkap siaran dari stasiun Televisi, sekarang TV berubah fungsi lebih dari itu. Sekarang banyak konten digital yang disajikan melalui YouTube, VIU, NetFlix, dan lain sebagainya yang bisa dilihat menggunakan Smart TV.
Untuk bisa menonton hiburan menggunakan Smart TV, maka selain perangkat TV yang sahabat miliki harus sudah smart (cerdas) maka dibutuhkan juga jaringan internet untuk menjalankannya. Smart TV dalam hal ini adalah perangkat televisi yang sudah menggunakan sistem operasi (layaknya apabila sebuah HP adalah smartphone).

Karena kebetulan TV LG – 24MT44A milik saya yang sudah berumur sekitar 5 Tahun bukan merupakan Smart TV, maka saya berinisiatif untuk membuatnya menjadi smart agar bisa saya gunakan untuk menonton hiburan digital yang banyak banget pilihannya. Oleh karena itu saya sengaja membeli Android TV BOX seharga Tiga Ratus Ribuan di salah satu Market Place.

Setelah melihat dan mengamati beberapa produk Android TV BOX yang tersedia di beberapa market place, akhirnya saya memutuskan untuk membeli ZTE 4K STB Hybrid Android TV model ZXV10 B860H. Saya pilih produk tersebut karena dibandingkan dengan produk lainnya, model Android TV BOX tersebut bisa dibilang spesifikasinya lebih unggul (pada waktu saya membeli produk).

Spesifikasi dari STB (Set Top Box) Android model ZXV10 B860H yang saya beli adalah sudah menggunakan sistem operasi Android 9 (Pie), RAM 2GB, dan Internel Memori 8GB. Bisa dibilang dengan harga sekitar Rp 300.000, kalau menurut saya perangkat tersebut harganya bisa dibilang sudah cukup murah apabila dibandingkan dengan perangkat lainnya dengan spesifikasi yang sama.

Ketika STB Android TV saya terima, langsung saya cek kelengkapannya. Dalam kardus yang saya terima, selain STB Android TV, di dalam dus juga terdapat Remot (beserta battery), kabel HDMI, Adaptor, Kabel LAN, Kabel Audio-Video, dan juga panduan serta kartu garansi. Jadi, meski TV yang sahabat miliki jadul (model tabung) maka tetap saja bisa dijadikan Smart TV.

Cara menggunakan perangkat tersebut juga tidak ribet, yaitu STB Android TV dihubungkan dengan TV menggunakan HDMI atau kabel Audio-Video, selanjutnya untuk terkoneksi dengan internet, sahabat bisa menggunakan kabel LAN atau menggunakan Wifi di rumah. Sahabat juga bisa membuat Hotspot sendiri menggunakan smartphone yang sahabat miliki.

Setelah STB Android terhubung dengan TV dan jaringan internet, selanjutnya sahabat sudah bisa menikmati hiburan menggunakan Smart TV. Untuk mengakses hiburan di smart TV membutuhkan kuota internet yang besar, jadi saya sarankan sahabat menggunakan paket internet unlimited. Saya sendiri menggunakan Paket Internet Unlimited 2Mbps by.U. Semoga membantu dan bermanfaat.

Yes! Dengan Rp 300.000 TV Saya Berubah Menjadi Smart TV